Kebosanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Bosan" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lainnya, lihat Bosan (disambiguasi).
"Tedium" beralih ke halaman ini. Untuk film tahun 2008, lihat Khastegi.
Seorang penjual suvenir tampak bosan saat dia menunggu pelanggan.

Dalam penggunaan konvensional, kebosanan adalah keadaan emosional atau psikologis yang dialami saat seseorang dibiarkan tanpa sesuatu yang khusus dilakukan, tidak tertarik pada lingkungannya, atau merasa bahwa hari atau periode membosankan. Hal ini juga dipahami oleh para ilmuwan sebagai fenomena modern yang memiliki dimensi budaya. "Tidak ada definisi kebosanan yang diterima secara universal Tapi apa pun itu, para periset berpendapat, ini bukan sekadar nama lain untuk depresi atau apatis. Tampaknya ini adalah keadaan mental tertentu yang orang anggap tidak menyenangkan - kurangnya rangsangan yang membuat mereka idaman. Bantuan, dengan serangkaian konsekuensi perilaku, medis dan sosial."[1] Menurut BBC News, kebosanan "...bisa menjadi keadaan berbahaya dan mengganggu pikiran yang merusak kesehatan Anda"; namun penelitian "...menyarankan bahwa tanpa kebosanan kita tidak dapat mencapai prestasi kreatif kita."[2]

Dalam Experience Without Qualities: Boredom and Modernity, Elizabeth Goodstein menelusuri wacana modern tentang kebosanan melalui teks-teks sastra, filosofis, dan sosiologis untuk menemukan bahwa sebagai "fenomena yang diartikulasikan secara diskursif...kebosanan sekaligus bersifat subjektif, subjektif, dan intelektualikal — tidak hanya sebuah respon terhadap dunia modern tapi juga strategi historis untuk mengatasi ketidakpuasannya."[3] Dalam kedua konsepsi tersebut, kebosanan harus dilakukan secara fundamental dengan pengalaman waktu dan masalah makna.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.scientificamerican.com/article/why-boredom-is-anything-but-boring/
  2. ^ http://www.bbc.com/future/story/20141218-why-boredom-is-good-for-you
  3. ^ Goodstein, Elizabeth S. 2005. Experience Without Qualities: Boredom and Modernity. Stanford: Stanford University Press. 3.