Jasinga, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jasinga
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBogor
Pemerintahan
 • Camat-
Luas208,06 kilometer persegi
Jumlah penduduk96.613 (2017) Sunting ini di Wikidata
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan16

Jasinga adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jasinga terletak di sebelah barat kota Bogor, berjarak sekitar 50 km.

Kecamatan Jasinga merupakan sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan provinsi Banten, batas sebelah selatan terletak di kampung Cigelung, tengah kampung Cisarua, dan utara Desa Tarisi.

Pada umumnya masyarakat Jasinga berprofesi sebagai petani, pedagang, dan buruh di Jakarta. Letak kota Jasinga sendiri sekitar 100 km dari Jakarta jika melalui jalur Tangerang-Tigaraksa-Tenjo.

Jasinga berasal dari kata JAYASINGAWARMAN, yang merupakan nama raja pertama dari kerajaan Tarumanegara. Dengan demikian diperkirakan pusat kerajaan Tarumanegara pertama kali kemungkinan berada di kawasan Jasinga sekarang. Di Desa Pangradin, salah satu desa di kecamatan Jasinga, masyarakat setempat percaya bahwa dahulu kala raja dan para pembesar sering beristirahat di sebuah bukit yang sekarang bernama bukit kaso, yang terletak di kampung pangradin I Desa Pangradin. Kecamatan ini menjadi persimpangan jalur dari Bogor menuju Rangkas Bitung dan Tigaraksa. Jarak dari Jasinga menuju Tigaraksa sendiri tidak begitu jauh, yaitu sekitar ± 35 Km jika melalui Stasiun Tenjo dan Tigaraksa Golf & Resort (d/h Takara) yang berada di wilayah Sodong, Tigaraksa, Tangerang.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Bagoang
  2. Barengkok
  3. Cikopomayak
  4. Curug
  5. Jasinga
  6. Jugala Jaya
  7. Kalongsawah
  8. Koleang
  9. Neglasari
  10. Pamagersari
  11. Pangaur
  12. Pangradin
  13. Sipak
  14. Setu
  15. Tegal Wangi