Cariu, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cariu
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bogor
Pemerintahan
 • Camat Isak Efendi, S.Ip
Luas 92,1 km²
Jumlah penduduk 54.607 Jiwa (2010)
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 10

Cariu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, kecamatan Cariu diwacanakan akan bergabung dengan Kabupaten Bogor Timur. Kecamatan Cariu ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Cibarusah pada tanggal 12 Maret 1984. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang.

Kecamatan ini dibentuk sesuai PP nomor 46 tahun 1984 tanggal 15 Maret 1984 tentang pembentukan 14 kecamatan di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Wacana pemekaran KAB Bogor Timur[sunting | sunting sumber]

Sejumlah pihak dan tokoh masyarakat Kabupaten Bogor sedang mendorong pemekaran otonomi daerah Tingkat II, karena melihat dari luas, jumlah penduduk dan kurangnya pemerataan maka diusulkan pemekaran Kabupaten Bogor Timur. Kabupaten Bogor Timur meliputi beberapa kecamatan seperti Cileungsi, Situsari (Cileungsi Timur), Gunung Putri, Jonggol, Cibarusah, Cariu, Tanjungsari, Citeureup dan Sukamakmur. Kabupaten Bogor Timur sudah layak untuk menjadi Kabupaten baru karena ditinjau dari jumlah penduduk bila digabungkan sekitar 1,9 juta Jiwa dan luas wilayah sekitar 1.400 km2.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Babakan Raden
  2. Bantar Kuning
  3. Cariu
  4. Cibatu Tiga
  5. Cikutamahi
  6. Karya Mekar
  7. Kuta Mekar
  8. Mekarwangi
  9. Sukajadi
  10. Tegal Panjang

Sekolah di Cariu[sunting | sunting sumber]