Babakan Madang, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Babakan Madang
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBogor
Pemerintahan
 • CamatYudi Santosa
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri32.01.05 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan9 Kelurahan

Babakan Madang (aksara Sunda: ᮘᮘᮊᮔ᮪ ᮙᮓᮀ) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dahulu kecamatan ini merupakan bagian dari Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor sampai tahun 1999. Kecamatan ini dibentuk berdasarkan PP nomor 48 tahun 1999.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Secara geografis, Kecamatan Babakan Madang terletak di pinggiran kota Jakarta dengan ketinggian 200 - 450 m dpl dan suhu mencapai 60 - 80o, terletak di dekat pegunungan, dengan batas-batas sebagai berikut:

Utara Kecamatan Citeureup
Timur Kecamatan Sukamakmur dan Kecamatan Megamendung
Selatan Kecamatan Sukaraja dan Kecamatan Megamendung
Barat Kecamatan Cibinong dan Kecamatan Sukaraja

Pusat pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pada awal pembentukan (tahun 1999) sampai tahun 2006, Pusat pemerintahan Kecamatan Babakan Madang berkedudukan di Desa Sentul. Kemudian pada tahun 2006, akibat dari perluasan Sirkuit balap mobil Sentul, maka pusat pemerintahan dipindah ke Desa Babakan Madang. Maka Desa Babakan Madang ditetapkan sebagai ibu kota Kecamatan Babakan Madang berdasarkan PERDA Kabupaten Bogor nomor 24 tahun 2006 tanggal 12 April 2006 dan diresmikan pada hari Sabtu, 15 April 2006 pagi sekitar pukul 07.40 WIB oleh Bupati Bogor yang saat itu.

Yang ada di kecamatan ini[sunting | sunting sumber]

Di kecamatan ini terdapat Sirkuit Sentul, ex pabrik gula dan ex stasiun kereta api serta berbagai perumahan dan apartemen serta Kawasan industri.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Persebam Babakan Madang adalah Klub sepak bola yang berkompetisi di Liga 3 Jabar, yang bermarkas di Stadion Persikabo.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Angkutan darat[sunting | sunting sumber]

Transportasi di kecamatan ini adalah dilalui oleh Jalan Tol Jagorawi. angkutan kota yang melayani wilayah ini adalah angkot trayek Cibinong - Sentul, Cileungsi - Sentul dan Bogor - Sentul serta bus TransJakarta.

Untuk angkutan antar kota, turun di lampu merah Sentul kemudian naik angkot dan taksi ke Kecamatan Babakan Madang, terkadang turun di Terminal Pinang Ranti (dari arah Solo) dan Terminal Lebak Bulus (dari arah Semarang/Surabaya) kemudian naik taksi ke Kecamatan Babakan Madang. Selain itu juga daerah ini dilayani ojek, taksi dan becak.

Kelurahan/desa[sunting | sunting sumber]

  1. Babakan Madang
  2. Bojong Koneng
  3. Cijayanti
  4. Cipambuan
  5. Citaringgul
  6. Kadumangu
  7. Karang Tengah
  8. Sentul
  9. Sumur Batu

Pranala luar[sunting | sunting sumber]