Air terjun Cikaso: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Yayang rudian (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Yayang rudian (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 22: Baris 22:
==Aksesbilitas==
==Aksesbilitas==


Berjarak ± 90 km arah selatan dari kota Sukabumi menuju arah pantai [[Ujung Genteng]]. Ada dua jalur untuk menuju ke curug. Jalur pertama yaitu dari Pertigaan dengan langsung menuju ke lokasi dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam berajlan kaki menembus hutan Cagar Alam [[Pananjung Pangandaran|Panajung]]. Sedangkan jalur kedua dengan memutar berkeliling selama 6 jam.
Berjarak ± 90 km arah selatan dari kota Sukabumi menuju arah pantai [[Ujung Genteng]]. ± 4 jam perjalanan, dengan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi roda empat, sedangkan jika ditempuh dengan roda 2, waktu yang tempuh ± 2,5 jam, anda tidak akan merasa jenuh selama diperjalanan karena akan ditemanani dengan pemandangan yang asri, hutan yang masih hijau dan sejuk, serta kehidupan masyrakat yang masih sederhana. ada 2 jalur yang bisa anda tempuh, jalur pertama yaitu dari pertigaan/pasar [cinagen, Jampang kulon] masuk ke arah cikaso, Sedangkan jalur kedua dengan memutar berkeliling selama 6 jam. Ada dua jalur untuk menuju ke curug. Jalur pertama yaitu dari Pertigaan [cinagen, jampang kulon] masuk ke arah cikaso, kurang lebih 5 km perjalanan, jalur kedua yaitu dari pertigaan [cibarehong, Surade] arah [SMAN 1 Surade] masuk ke kiri, ± 3 km dari pertigaan cibarehong.


Kondisi jalan menuju kesana cukup sulit karena harus menuruni beberapa tebing terjal bahkan satu dua memilki sudut kemiringan hampir 90 derajat. Sebaiknya menggunakan jasa pemandu untuk menuju kesana. Tarif pemandu sekitar 75000 rupiah.
Kondisi jalan menuju kesana cukup sulit , jadi sebelum menuju ke [[Curug Cikaso]] dipastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi Prima, karena jalan yang masih banyak yang berlubang, serta medan jalan yang belum memadai, seperti tikungan yang tajam, tanjakan, dan turunan yng lumayan curam,

==Biaya Masuk==
Tarif masuk yaitu IDR 5.000, ditambah biaya kebersihan IDR 2.000,
setelah anda tiba di curug cikaso, anda masih harus berjalan melewasi pesawahan yang hijau, ± 300 m, untuk menamabah sensasi liburan anda, an juga untuk menghemat energi anda, sebaiknya anda naik perahu/sampan, ini akan dikenakan tarif IDR 7.000


==Wisata Lain==
==Wisata Lain==
*[[Pantai Pangandaran]] berupa hamparan pasir putih.
*[[Pantai Ujung Genteng]] berupa hamparan pasir putih di Selatan Sukabumi.



Cagar Alam Pananjung yang berupa sebuah bukit seluas lebih dari 530 hektar yang membagi kawasan pantai menjadi dua. Pantai barat dan pantai timur. Bukit ini oleh pemerintah daerah setempat dijadikan cagar alam yang di dalamnya terdapat berbagai jenis flora dan fauna seperti rusa, berbagai jenis kera, kelelawar, bahkan di puncak bukit terdapat ladang yang masih ditempati hewan liar jenis banteng. Selain itu, terdapat pula gua-gua alam dan gua buatan seperti: Gua Parat, Gua Sumur Mudal, Gua Lanang, gua Jepang serta sumber air Rengganis dan Pantai Pasir Putih dengan Taman Lautnya yang indah.


{{Templat:Air terjun di Indonesia}}
{{Templat:Air terjun di Indonesia}}

Revisi per 5 April 2014 11.48

Curug Cikaso
Berkas:Curug-cikaso.jpg
Gambar ini dibuat oleh Yayank Zhoy
]
Lokasikecamatan Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
Tinggi total40 m
Jumlah titik4
Rata-rata laju aliran900 m³/s (38,430 cu ft/s)

Profil

Curug Cikaso Adalah salah satu panorama alam, yang berada di selatan sukabumi. Curug Cikaso terletak tidak jauh dari Wisata pantai Ujung Genteng, dan juga penangkaran penyu kawasan Jawa Barat, Curug cikaso menjadi Primadona para turis baik lokal maupun manca negara untuk melepas penat setelah menjalani beberapa kesibukan kesehariannya, anda akan rasakan sensasi ketenangan yang bisa menyatu dengan alam, disini anda akan menikmata suasana yang 95 % masih alami, Di bawah limpahan curug ini terdapat kolam yang alirannya nanti langsung terjun ke laut muara Tegal Buleud, Sukabumi. Selain itu kolam kecil tersebut dapat di pakai untuk berenang, namun perlu diawasi oleh Safetyguard, karena kedalaman Curug Cikaso bisa mencapai 15 m.

Lokasi

Terletak di pesisir selatan laut Jawa, tepatnya di kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Peta dan Koordinat GPS: 7° 43' 19.53" S 108° 39' 36.00" E

Aksesbilitas

Berjarak ± 90 km arah selatan dari kota Sukabumi menuju arah pantai Ujung Genteng. ± 4 jam perjalanan, dengan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi roda empat, sedangkan jika ditempuh dengan roda 2, waktu yang tempuh ± 2,5 jam, anda tidak akan merasa jenuh selama diperjalanan karena akan ditemanani dengan pemandangan yang asri, hutan yang masih hijau dan sejuk, serta kehidupan masyrakat yang masih sederhana. ada 2 jalur yang bisa anda tempuh, jalur pertama yaitu dari pertigaan/pasar [cinagen, Jampang kulon] masuk ke arah cikaso, Sedangkan jalur kedua dengan memutar berkeliling selama 6 jam. Ada dua jalur untuk menuju ke curug. Jalur pertama yaitu dari Pertigaan [cinagen, jampang kulon] masuk ke arah cikaso, kurang lebih 5 km perjalanan, jalur kedua yaitu dari pertigaan [cibarehong, Surade] arah [SMAN 1 Surade] masuk ke kiri, ± 3 km dari pertigaan cibarehong.

Kondisi jalan menuju kesana cukup sulit , jadi sebelum menuju ke Curug Cikaso dipastikan kondisi kendaraan anda dalam kondisi Prima, karena jalan yang masih banyak yang berlubang, serta medan jalan yang belum memadai, seperti tikungan yang tajam, tanjakan, dan turunan yng lumayan curam,

Biaya Masuk

Tarif masuk yaitu IDR 5.000, ditambah biaya kebersihan IDR 2.000, setelah anda tiba di curug cikaso, anda masih harus berjalan melewasi pesawahan yang hijau, ± 300 m, untuk menamabah sensasi liburan anda, an juga untuk menghemat energi anda, sebaiknya anda naik perahu/sampan, ini akan dikenakan tarif IDR 7.000

Wisata Lain