Latvia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
RobotQuistnix (bicara | kontrib)
k robot Adding: az:Latviya, qu:Lituniya
Indoboy (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 43: Baris 43:
|footnotes=
|footnotes=
}}
}}
'''Republik Latvia''' adalah sebuah [[negara]] di [[Eropa]] bagian utara. Latvia berbatasan dengan dua [[negara Baltik]] — [[Estonia]] di sebelah utara dan [[Lituania]] di selatan — serta [[Rusia]] dan [[Belarus]] di timur.

Latvia terbagi menjadi 26 [[distrik]] (''rajon'') dan 7 [[kota]] (''lielpilsētas'').
Latvia terbagi menjadi 26 [[distrik]] (''rajon'') dan 7 [[kota]] (''lielpilsētas'').


'''Republik Latvia''' ([[bahasa Latvia]]: '''''Latvijas Republika''''') adalah sebuah [[negara]] di [[Eropa Utara]] yang beribukota di [[Riga]]. Latvia mamiliki batas darat dengan dua [[negara Baltik]], [[Estonia]] di utara dan [[Lituania]] di selatan, serta dengan [[Rusia]] dan [[Belarus]] di timur. Latvia juga memiliki batas maritim dengan [[Swedia]]. Negara ini bergabung dengan [[Uni Eropa]] pada [[1 Mei]] [[2004]] dan dengan [[NATO]] pada [[29 Maret]] 2004.
Pada [[20 September]] [[2003]], rakyat Latvia memilih untuk menyertai [[Uni Eropa]] dan menjadi anggota resmi organisasi tersebut pada [[1 Mei]] [[2004]]. Latvia menjadi anggota [[NATO]] pada [[29 Maret]] 2004.


== Sejarah ==
== Sejarah ==
Baris 54: Baris 52:
== Politik ==
== Politik ==
{{utama|Politik Latvia}}
{{utama|Politik Latvia}}
[[Parlemen]] Latvia, [[Saeima]], adalah sebuah parlemen [[unikameral]] dengan 100 anggota yang dipilih langsung tiap empat tahun sekali. [[Presiden Latvia|Presiden]] dipilih oleh Saeima dalam pemilihan yang berbeda tiap empat tahun sekali. Kemudian, presiden akan menunjuk seorang [[Perdana Menteri Latvia|perdana menteri]]. Perdana menteri dan kabinetnya membentuk badan eksekutif pemerintah dengan syarat harus diterima oleh Saeima.

Pada [[20 September]] [[2003]], diadakan sebuah [[referendum]] nasional untuk menentukan masuk tidaknya Latvia ke [[Uni Eropa]]. Hasilnya, 66,9% memilih untuk bergabung dengan Uni Eropa. Latvia menjadi anggota penuh pada [[1 Mei]] [[2004]]. Latvia sudah menjadi anggota [[NATO]] sejak [[29 Maret]] [[2004]].

== Pembagian Administratif ==
Latvia terbagi menjadi 26 [[distrik]] (''rajoni'') dan 7 [[kota]] (''lielpilsētas'')


==Lihat pula==
==Lihat pula==

Revisi per 23 September 2006 01.48

Latvijas Republika
SemboyanTēvzemei un Brīvībai
(Latvia: "Untuk Tanah Air dan Kebebasan")
Lokasi Latvia
Ibu kota
Riga
Bahasa resmiLatvia
PemerintahanRepublik
Kemerdekaan
 - Perairan (%)
1,5%
Penduduk
 - Perkiraan 2005
2.290.237 (138)
 - Sensus Penduduk -
-
PDB (KKB)2005
 - Total
US$27,78 miliar (95)
US$11.980 (55)
Mata uangLats
(LVA)
Zona waktu
(UTC+2)
 - Musim panas (DST)
UTC+3
Kode telepon371
Kode ISO 3166LV
Ranah Internet.lv
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Latvia terbagi menjadi 26 distrik (rajon) dan 7 kota (lielpilsētas).

Republik Latvia (bahasa Latvia: Latvijas Republika) adalah sebuah negara di Eropa Utara yang beribukota di Riga. Latvia mamiliki batas darat dengan dua negara Baltik, Estonia di utara dan Lituania di selatan, serta dengan Rusia dan Belarus di timur. Latvia juga memiliki batas maritim dengan Swedia. Negara ini bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Mei 2004 dan dengan NATO pada 29 Maret 2004.

Sejarah

Politik

Parlemen Latvia, Saeima, adalah sebuah parlemen unikameral dengan 100 anggota yang dipilih langsung tiap empat tahun sekali. Presiden dipilih oleh Saeima dalam pemilihan yang berbeda tiap empat tahun sekali. Kemudian, presiden akan menunjuk seorang perdana menteri. Perdana menteri dan kabinetnya membentuk badan eksekutif pemerintah dengan syarat harus diterima oleh Saeima.

Pada 20 September 2003, diadakan sebuah referendum nasional untuk menentukan masuk tidaknya Latvia ke Uni Eropa. Hasilnya, 66,9% memilih untuk bergabung dengan Uni Eropa. Latvia menjadi anggota penuh pada 1 Mei 2004. Latvia sudah menjadi anggota NATO sejak 29 Maret 2004.

Pembagian Administratif

Latvia terbagi menjadi 26 distrik (rajoni) dan 7 kota (lielpilsētas)

Lihat pula

Pranala luar

 Uni Eropa