Wikipedia:Warung Kopi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Foorpesle (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Borgx (bicara | kontrib)
Baris 201: Baris 201:


::Paan seh pada ribut, kenapa sampai mesti lsg ke mosi tidak percaya? apalagi ada nitip personal grudge :D mbok ya diskusikan aja dulu kalau ada policy dari admin yang anda tidak setujui, ditanyain baik2 kenapa begini kenapa begitu. Kalau pendapat anda benar mungkin si admin dan admin2 lain nanti akan terima dan sebaliknya. Kita di sini semua masih dalam status belajar, diskusi diutamakan daripada saling menyalahkan, semua tidak luput dari kesalahan. Btw dari deletion log yang aneh yang mana yah? Ga nyambung gue :D [[Pengguna:Wiendietry|Wiendietry]] <sup>[[User talk:Wiendietry|Japri]]</sup> 10:16, 22 Juli 2006 (UTC)
::Paan seh pada ribut, kenapa sampai mesti lsg ke mosi tidak percaya? apalagi ada nitip personal grudge :D mbok ya diskusikan aja dulu kalau ada policy dari admin yang anda tidak setujui, ditanyain baik2 kenapa begini kenapa begitu. Kalau pendapat anda benar mungkin si admin dan admin2 lain nanti akan terima dan sebaliknya. Kita di sini semua masih dalam status belajar, diskusi diutamakan daripada saling menyalahkan, semua tidak luput dari kesalahan. Btw dari deletion log yang aneh yang mana yah? Ga nyambung gue :D [[Pengguna:Wiendietry|Wiendietry]] <sup>[[User talk:Wiendietry|Japri]]</sup> 10:16, 22 Juli 2006 (UTC)

:Betul, kenapa langsung marah-marah. Kalau tidak setuju dengan penghapusan tersebut, bisa didiskusikan baik-baik kok. [[User:Borgx|<font face="Copperplate Gothic Bold" color="#1F85FF">borgx</font>]]<sup>([[User_talk:Borgx|<font color="#003366">kirim pesan</font>]])</sup> 14:41, 22 Juli 2006 (UTC)

Revisi per 22 Juli 2006 14.41

Warung Kopi - {{{1}}}   kirim topik baru
Galat: tidak ada pintasan yang ditentukan |msg= parameter tidak ditentukan.
Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Warung Kopi
Kebijakan
Kebijakan
Usulan
Usulan
Teknis
Teknis
Bahasa
Bahasa
Berita
Berita
Lain-lain
Lain-lain
Komunitas
Komunitas
Semua
Semua
Kembali ke atas
Kembali ke atas

Halaman pengguna

Di en.wikipedia (en:Wikipedia:Miscellany for deletion), halaman pengguna/bicara pengguna bisa dihapus jika satu-satunya sumbangan pengguna ybs hanyalah halaman pengguna tsb. Mesin pencari seperti google/yahoo memberlakukan wikipedia secara khusus (lebih mengutamakan pencarian di wikipedia), mungkin hal tersebut (membuat halaman pengguna) dapat dipergunakan untuk kepentingan pribadi pengguna tsb (agar muncul di yahoo/google dsb). Bagaimana jika ini diterapkan di id.wikipedia juga. borgx(kirim pesan) 02:38, 25 Juni 2006 (UTC)

Saya kira belum perlu. Kecuali jika halaman pengguna sudah berisi hal2 yang tidak sesuai dimasukkan ke halaman pengguna (misalnya sebagai blog atau hal-hal seperti tertera di en:Wikipedia:User_page#What can I not have on my user page?) Hayabusa future (bicara) 07:41, 25 Juni 2006 (UTC)

IMO, mungkin lebih baik kita kembangkan Wikipedia:Halaman pengguna. •• ivanlanin •• 17:55, 25 Juni 2006 (UTC)

Hosting Wiki?

Sebenarnya Maafkan saya jika Pertanyaan ini Mungkin menyinggung tapi saya melihat banyak Wiki2x yg bukan Anggota Yayasan Wikimedia spt Wikigta, kalau mau buat Wiki sendiri caranya Bagaimanakah??? DJ Ujuin 03:28, 25 Juni 2006 (UTC)

MediaWiki itu adalah perangkat lunak bebas yang bisa dipakai siapa saja, sah-sah saja jika ada web site menggunakan MediaWiki (yang sudah jelas bukan proyek Yayasan Wikimedia). borgx(kirim pesan) 04:17, 25 Juni 2006 (UTC)

Coba lihat pula Wikia. •• ivanlanin •• 17:54, 25 Juni 2006 (UTC)

Prioritas judul artikel

Maaf kalau topik ini sudah pernah dibahas. Sudah beberapa kali saya terbentur masalah judul artikel. Ketika hendak membuat artikel baru, yang ternyata juga memiliki arti berbeda, saya terganggu oleh masalah prioritas. Contoh, ketika akan menulis tentang Semanggi, yang merupakan suatu jenis paku air, ternyata artikel ini sudah dipakai untuk makanan yang menggunakan daun dari tumbuhan yang sama. Tentu saja diperlukan halaman disambiguasi, tetapi artikel mana yang diprioritaskan untuk mendapat nama sama? Yang tumbuhan, atau yang makanan? Saya pribadi tentunya ke tumbuhannya.

Sebelumnya saya mengalami ketika menulis artikel Padi (nama tanaman dan nama kelompok musik). Terakhir, ketika akan menulis artikel tentang ester sebagai suatu golongan senyawa organik, ternyata sudah dipakai untuk suatu kitab dalam Perjanjian Lama. Yang mana yang diprioritaskan? Ada yang bisa bantu? Atau, apa sudah ada garis besar penyusunan artikel mengenai artikel2 bidang ilmu mana saja yang mendapat prioritas, dan mana yang perlu diarahkan ke halaman disambiguasi? Trims sebelumnya untuk bantuan ide, pendapat dan saran. Kembangraps 18:37, 27 Juni 2006 (UTC)

kalo menurut saya, topik yg lebih umum tentunya yang diprioritaskan untuk menggunakan judul tersebut. Tentang halaman disambiguasi, kan bisa digunakan judul 'Padi (disambiguasi)' atau sejenisnya. Kalo memang ada dua topik yang sama kuat untuk menggunakan judul yg sama, baru judul tsb digunakan untuk halaman disambig. Untuk kasus2 di atas, saya juga setuju kalo nama tanaman lebih diutamakan, karena yang lain (semanggi - makanan dan padi - grup musik) adalah nama yang diambil berdasarkan nama tanaman, jadi kalah prioritas. Sementara untuk ester, juga bisa digunakan nama 'kitab ester', bukankah ini yg lebih umum digunakan? kasusnya juga sama dengan kata bilangan dan kitab bilangan misalnya. Seharusnya definisi bilangan secara umum lah yg menempati judul Bilangan, bukan halaman disambiguasi. kisti 13:10, 28 Juni 2006 (UTC)
Ya, saya setuju dengan Kisti. He he he... gitu aja kok repot?Stephensuleeman 15:40, 28 Juni 2006 (UTC)

Halo, halo apa kabar semua? Greetings from Detroit, earthlings! Kortsleting 00:39, 29 Juni 2006 (UTC)

Thx, gw angkat masalah ini supaya keluar pendapat2 lain. Jadi kalau gw 'mindah isi suatu artikel ke judul lain (pakai patokan yg ditulis Mbak Kisti, meski ukuran 'umum' ini agak kurang jelas), oke2 aja? Siplah. Kembangraps 14:27, 29 Juni 2006 (UTC)

Usul, prioritasnya:

  1. Istilah yang lebih dikenal masyarakat umum mendapat prioritas utama. Misalnya lensa (kaca cembung) mendapat prioritas utama dibanding lensa (fotografi).
  2. Jika kedua istilah sama umumnya, maka istilah yang tidak memiliki tambahan kata didahulukan. Misalnya paku (alat pertukangan) didahulukan daripada paku (tanaman). Sebab paku (tanaman) bisa ditambahkan menjadi tanaman paku.
  3. Jika masih sama, maka istilah yang lebih mendekati bahasan ilmiah mendapat prioritas utama. Misal bayam (tanaman) mendapat prioritas dibanding bayam (sayur).
  4. Nama orang, grup, anggota, kota, daerah, atau sejenisnya mendapat prioritas paling akhir dibanding yang lain misal, padi (tanaman) lebih berhak atas judul artikel "padi" daripada Grup Band Padi. Semanggi (tanaman) lebih didahulukan daripada Semanggi (jembatan). Hariadhi 15:57, 29 Juni 2006 (UTC)
Siiiiiplah...Stephensuleeman 18:34, 29 Juni 2006 (UTC)

Yep, jadi makin jelas 'kan? Yang macam dari Bung Hariadhi itu gw tunggu-tunggu. Sejajar sama pendapat gw. Trims bgt. Kembangraps 09:14, 1 Juli 2006 (UTC)

Dewan Kesenian Jakarta

Sedikit laporan dari Biennale Jakarta 2006. Kemarin gw liat ternyata koleksi lukisan dari DKJ banyak ditampilin dan itu dari artist-artist yang sangat notable, kaya Affandi, basuki Abdullah, Dullah, Henk Ngantung, dll.

Walaupun kemarin dilarang ambil foto, ternyata gw bisa dapat beberapa secara sembunyi2 (sekalian buat tugas kuliah). Nah sekalin gw mau tanya kira2 wikipedia berminat ga sama gambar2 begitu?

Masalahnya bukan cuma scan dan uploadnya aja. Izinnya juga harus jelas soalnya itu kan koleksi DKJ. Kira2 ada yang mau minta izin ke sana ga? Soalnya lebih baik kalau yang minta salah seorang pengurus sini.Hariadhi 16:27, 29 Juni 2006 (UTC)

Kalo fotonya diambil secara sembunyi2 ya artinya nggak akan dikasih ijin. Namanya juga dilarang. --Foorpesle 18:42, 29 Juni 2006 (UTC)

Ya namanya juga "dilarang ambil foto", rasanya artinya sudah jelas deh. borgx(kirim pesan) 23:46, 29 Juni 2006 (UTC)

Saya usul sih, minta izin tertulis dari DKJ, dan kalau disetujui, baru diambil fotonya atas sepengetahuan pihak DKJ.Stephensuleeman 23:51, 29 Juni 2006 (UTC)
Hmm sebenarnya alasan kenapa di pameran ga bole motret itu karena kebanyakan yang motret di ruangan pasti pake blitz. Dan cahaya blitz itu ngerusak warna lukisan. jadi masih ada kemungkinan untuk diizinin, soalnya gw pakenya kamera SLR. Tapi entah bakal diizinin kenapa ga dicoba aja ngomong ama mereka? Kalau bisa dapat banyak foto lukisan kan bisa bikin wikipedia lebih kaya.

Gimana sih caranya untuk jadi Pengurus??

Saya ini pendatang baru, saya cuma ingin tny gimana sih caranya jadi pengurus, apa aja syarat yang hrs dipenuhi?? (trus gajinya gede gk?...hehehehe)--> (maksud saya adalah pengurus wikipedia)) -- Br-v 06:39, 2 Juli 2006 (UTC)

Wah elo harus nraktir2 dulu man, baru bisa jadi pengurus. :grin: Wiendietry Japri 10:07, 4 Juli 2006 (UTC)

Pengurus wikipedia tidak digaji. Ini merupakan proyek sukarela. Kalau ingin jadi pengurus syarat garis besarnya pengguna harus cukup aktif mengembangkan artikel, menyelesaikan masalah yang ada di wikipedia sini. Setelah itu anda bisa mengusulkan di sini atau di halaman pengurus. roscoe_x 05:12, 14 Juli 2006 (UTC)

Templat dari Wikipedia En

saya mau menransfer template dari Wiki Inggris, apakah semua variabelnya (dari nama template, dan variabel lainnya) dibuat tetap dalam Bahasa Inggris?

Danke Shoen.Andreas Erick 10:27, 4 Juli 2006 (UTC)

mendingan tetep aja dalam bahasa inggris, supaya pas ngopi artikel dari sana gak perlu ngubah2 nama templat dan variabel lagi. teks isinya aja yg perlu diterjemahin.

kisti 11:45, 4 Juli 2006 (UTC)

Templat:Cite journal

Gw mau bikin kuitpan jurnal... udah ssuai dengan Wiki En, kok di Id munculnya ini ya?

Persisnya "ini" itu apa yah? borgx(kirim pesan) 04:43, 5 Juli 2006 (UTC)

Udah gw bikin templatnya kopi dari En. Andreas Erick 05:03, 5 Juli 2006 (UTC)

Lisensi gambar (lagi)

Halo semua. Saya ingin sisipkan gambar untuk artikel Ular-lumpur Kapuas. Berhubung ini jenis yang baru dideskripsi, satu-satunya sumber yang tersedia adalah gambar milik author, Mark Auliya, di [1]. Situs ini menyebutkan: " ... All images in this archive are copyright U.S. Newswire Photography. By downloading an image from this archive, you agree to the following terms: All images are for editorial use only. Advertising usage is strictly prohibited. Resale is not permitted."

Pertanyaan saya, apakah penggunaan pada artikel Wiki bisa masuk katagori 'editorial use', sebagaimana aneka publikasi mengenai jenis ular baru tersebut? Bolehkah kita menyimpannya di Wiki untuk kepentingan artikel tersebut di atas? salam, Wie146 02:10, 6 Juli 2006 (UTC)

Wiki Indonesia Ejaan van Ophuisjen?

Saya tidak tahu bagaimana kebijakan dari wiki Indonesia. Apakah akan emamsukkan ejaan lama juga? menurut gw, ketidakharmonisan ejaan mengganggu. (bayangkan sebuah ensiklopedia dengan ejaan yang berbeda). bagaimana kalau dibuat Wiki Indonesia Ejaan van Ophuisjen saja? Andreas Erick 11:29, 7 Juli 2006 (UTC)

Wiki Indonesia Ejaan van Ophuisjen? Setback dan sia-sia. Tolak! Kembangraps 14:27, 7 Juli 2006 (UTC)
Yang jelas, gaya bahasa penulisan artikel Wikipedia Indonesia mestinya harus sesuai EYD. wic2020bicara 01:55, 8 Juli 2006 (UTC)
van Ophuisjen atau tidak.. itu kan cuma masalah ejaan. Toh bahasa Indonesia EYd dengan Van Ophuisjen atau ejaan suwandi juga ga beda-beda amat. Lagian kalaupun emang mau dibuat? siapa juga yang mau baca? Berapa banyak sih penutur Bahasa Indonesia ejaan van Ophuisjen?Hariadhi 02:10, 9 Juli 2006 (UTC)

Saya lihat ada beberapa suntingan. Saya sendiri memandang Wikipedia ini seperti sebuah buku real. Pertanyaan yang belum terjawab pada pertanyaan saya di atas: Apakah Anda dapat membaca buku dengan penulisan isi tanpa suatu standar? Apalagi ini adalah sebuah ensiklopedia. Bukan buku novel atau cerpen. Kalaupun hal ini dianggap dalam rangka pelestarian ejaan lama, saya rasa di Wikipedia Indonesia ini bukan tempat yang tepat, selama Wikipedia Indonesia menggunakan EYD. Andreas Erick 06:15, 9 Juli 2006 (UTC)

Saya sendiri tidak setuju pemakaian bahasa Indonesia bukan EYD di Wikipedia ini dan rasa-rasanya tidak perlu dipermasalahkan lagi. Satu Wikipedia itu satu macam bahasa, jika ada yang mau menulis ejaan lama, silahkan saja usulkan Wikipedia tersendiri, tidak ada yg larang kok. borgx(kirim pesan) 00:32, 10 Juli 2006 (UTC)

inikah jang diseboet pernjataan orang bidjak? ja terlaloe kan!! kaloe boleh dikata laen, saja soeka itoe pohon mangga, tapi kaloe bisa itoe sampah daonnja djangan sampe djatoh dihalaman saja, saja tida taoe sekiranja sampe boewah jang djatoh di siansing poenja halaman!!--Tjamboek berdoeri 04:01, 11 Juli 2006 (UTC)

Halo KOeaing (cambuk berduri=koeaing kah?), saya tidak begitu mengerti dengan apa itu bijak dan tidak tapi satu hal bahwa nostalgia dan romantisme dengan ejaan lama bukan alasan yang cukup untuk memasang artikel dengan ejaan lama di sini, salam Wiendietry Japri 05:00, 11 Juli 2006 (UTC)

Menurut saya Wikipedia Indonesia sebaiknya hanya menggunakan EYD. Karena masyarakat sekarang umumnya membaca ejaan van Ophuisjen pasti tidak selancar EYD. Jadi untuk bahasa Indonesai ejaan van Ophuisjendibuat, sebaiknya dibuat di wikipedia versi van Ophuisjen. roscoe_x 05:09, 14 Juli 2006 (UTC)


Ini pendapet saja: ejaan van Ophuisjen atawa poen namanja tida oesah dilarang saja pertjaja 100 procent kaloe ejaan van Ophuisjen tida selantjar "EYD" tapi kaloe ejaan van Ophuisjen tida dimengerti sama sekali! ja terlaloe. lantaran EYD kini toch belon 100% djadi bahasa Bakoe, dan tida sedikit orang toelis dan goenakan bahasa jang boekan EYD, apa salahnja dibiarken mengalir. malah kaloe kita liat kebelangkang, saja poenja toelisan Ki Hadjar Dewantara Toelis di koran Sin Tit Po taon 1938 ttg pengoenaan bahasa Indonesia di tanah djajahan kaloe siansing disini liat logat bahasanja apa siansing berani tolak itoe toelisan jang nota bene sesepoeh dari bangsa ini? pendek kata saya sanget sajangken djika ada kepoetoesan jang Melarang bahasa laen selain EYD! itoe tindakan bisa digolongken satoe Aroganisme! --Tjamboek berdoeri 06:52, 14 Juli 2006 (UTC)

Saya jg tdk setuju adanya ketidakharmonisan ejaan dlm suatu wikipedia. Saya rasa seharusnya ejaan van Ophuisjen tidak digunakan di dalam id.wiki ini. Saya setuju dengan borgx dan roscoe_x, jika anda ingin menggunakan bahasa Indonesia ejaan van Ophuisjen, anda bisa membuat wikipedia indonesia versi van ophuisjen. Saya sendiri mengalami kendala dalam mencerna apa yang anda tulis. Selama ini saya bersekolah, membaca berbagai buku, semuanya digunakan ejaan EYD. Kecuali buku-buku sastra lama, dsb. blizzard_youkai [talk] 07:40, 14 Juli 2006 (UTC)

EYD bukan "bahasa lain" seperti yang dikatakan Tjamboek. EYD adalah ejaan bahasa Indonesia. Memang EYD bukan yang paling sempurna, karena tidak ada satu bahasapun yang sempurna. Semua bahasa juga mengalami perbaikan ejaan dari masa ke masa. Seperti halnya ejaan "colour" diamerikakan menjadi "color", dan di AS orang yang mengeja dengan ejaan British akan disalahkan. Demikian pula di Inggris penggunaan ejaan Amerika tidak diizinkan.Stephensuleeman 07:54, 14 Juli 2006 (UTC)


Stephensuleeman berhoeboeng siansing poenja nama kaliwat pandjang, agar dimakloem saja seboet sadja siansing poenja penggalan nama Step. toean step berkata: EYD adalah ejaan bahasa Indonesia. Memang EYD bukan yang paling sempurna, karena tidak ada satu bahasapun yang sempurna ? oentoek jang belakangan saja tida taoe, jang saaj maoe kataken kaloe EYD tida sempoerna, maka apa jang boekan EYD saoempama toelisan melajoe rendah atawa pasar bahken ada jang seboet melajoe Tionghoa, jang sebetoelnja saja tida penoedjoe. apapoen itoe nama jang pasti itoe gaja bahasa pernah dan sanget berdjasa*(saja bisa boektiken ini kata berdjasa) oentoek ini negeri jang selandjoetnja dipaksa diganti dengen EYD jang saja maoe pinta katerangan dari siansing Step atawa jang laen poen saja tid a kebratan jalah: apa bahasa jang saja maksoed diatas boleh disedjajarken sama jang namanja EYD???????? kaloe tida saja aken achir boeah pikir saja. kaloe tida berarti Eyd poenja deradjat lebih tinggi! dan saja pingin taoe ketinggian-nja itoe! saja poen tida maoe berkeras dengen siansing pengoeroes di wiki saoempama saja tetep berkeras itoe sama sadja satoe timoen dibentoerken sama satoe doeren jang pembatja soedah bisa tebak kasoedahannja.demikian samentara dari saja --Tjamboek berdoeri 08:59, 21 Juli 2006 (UTC)

Jadwal dan hasil liga-liga (termasuk Indonesia)

Ngeliat ini, jadi muncul ide yang agak tidak mungkin, bagaimana kalo bikin juga jadwal dan hasil pertandingan liga-liga sepakbola, tentunya gak semua.

Pertandingan liga biasa kayaknya jangan deh. Kalau piala dunia kan 4 thn sekali, dan hasil pertandingannya lebih signifikan. Selain itu, perlu orang yang secara reguler mengupdate hasil2nya. Untuk format liga spt di Indonesia, hasil mulai dari babak 8 besar bolehlah, tapi liga semacam seri A atau liga inggris kan tidak ada babak spt itu. Hayabusa future (bicara) 04:24, 14 Juli 2006 (UTC)

Nama-nama orang romawi

saya kan ngelanjutin artikel Kekaisaran Romawi. tapi saya agak sedikit bingung cara menuliskan nama2 orang romawi dalam bahasa indonesia... (contoh: di wiki en Mark Anthony, kalau di Indonesia-kan jadi apa? markus antonius atau tetap Mark Anthony??.. Constantine atau Konstantin? Alexandria atau Aleksandria?? dll.) ad

Kalau gw pribadi, gw lebih suka dengan akhiran -us. Misalnya: Saul -> Saulus Paul -> Paulus August -> Agustus Pilate -> Pilatus Mark -> Markus Selain itu nama Paus di Indonesiakan juga pakai -us. Seperti Peter -> petrus, Benedict -> Benediktus Mungkin Wikipedia Indonesia punya standar sendiri?Andreas Erick 13:35, 12 Juli 2006 (UTC)

Lihat Wikipedia bahasa Latin untuk pedoman. Misalnya:
--...---...SOS 14:05, 12 Juli 2006 (UTC)

Menurut saya dan seperti yang sudah dijalanin sekarang ini, nama-nama tokoh tetap ditulis memakai nama aslinya, misalnya "Soeharto" (tetap memakai ejaan lama) dan bukannya "Suharto", "John Alvbåge" (tetap menggunakan aksara Sirilik) dan bukannya "John Alvbage". Mungkin pengecualian diberikan kepada penamaan Paus seperti John -> Yohanes dan Paul -> Paulus. Diluar itu, sepertinya ditulis saja tetap dalam nama aslinya. Mungkin nama yang sering dipakai dalam literatur berbahasa Indonesia bisa dipakai sebagai halaman peralihan. borgx(kirim pesan) 07:43, 13 Juli 2006 (UTC)

Mungkin sebaiknya ialah nama Latin yang ejaannya di-Indonesiakan, persis seperti nama Paus. Jadi Marc Anthony (bahasa Inggris) di-Indonesiakan sebagai "Markus Antonius". Meursault2004 08:51, 13 Juli 2006 (UTC)

gimana kalo standardnya bahsa inggris aja, biar gampang... nama2 yang saya tulis di daftar pemerintahan dalam Kekaisaran Romawi adalah nama2 dalam bahasa inggris,,, lebih enak diliat

--Ricky setiawan 11:41, 14 Juli 2006 (UTC)

Saya lebih condong ke pendapat Mas Meursault daripada Ricky. Mohon itu dipertimbangkan. Ejaan bahasa Indonesia itu mengacu ke nama asli dalam bahasa latin. Sebagai misal, penulisan latin akan berupa MARCVS ANTONIVS (ejaan latin asli tidak mengenal huruf kecil). Nama Inggris merupakan adaptasi dari nama latin. Mengapa kita lalu menggunakan adaptasi Inggris, padahal bahasa Indonesia bisa langsung mengadaptasi dari bahasa latin pula? Bahasa Eropa lain juga punya bentuk adaptasi yang lain lagi dan langsung dari bhs latin pula. Maaf, tapi kalau alasannya "lebih enak dilihat" itu subjektif. Kembangraps 16:55, 16 Juli 2006 (UTC)
Good point gue setuju dgn kembangraps Wiendietry Japri 03:56, 17 Juli 2006 (UTC)
Hal ini tidak hanya bersangkutan dengan bahasa Latin saja namun juga dengan bahasa-bahasa klasik lainnya seperti bahasa Yunani, bahasa Arab dan bahasa Sansekerta. Ejaan yang dipergunakan dalam bahasa Indonesia berbeda dengan ejaan yang dipergunakan dalam bahasa Inggris. Meursault2004 13:08, 19 Juli 2006 (UTC)

Format halaman

Banyak pemula yang kesulitan untuk membuat halaman yang baik, bisa saja kita mengambil halaman lain yang sudah ada, dan kemudian kita edit, tapi tulisan di artikel yang kita contek formatnya harus dihapus dulu dan itu sangat rawan kesalahan. Gimana jika ada yang membuatkan format-format standart, misalnya ada artikel/halaman format1, format2,... dst, jadi jika kita mau memulai topik baru, kita bisa mengkopi format yang sudah ada, dan contoh tampilannya bisa dilihat, dan dengan mudah bisa digunakan. saya tidak tau apakan sudah tersedia atau belum. Terima kasih kalo ada yang perhatiin.

Istilah anatomi

Saya sedang mengembangkan artikel anatomi. Saya mengalami kesulitan dalam menentukan istilah: 1. Istilah Latin yang digunakan dengan nomenklatur latin. manakah yang digunakan nomenklatur Indonesia atau latin? Saya sendiri menggunakan nomenklatur latin untuk: tulang, otot, arteri, vena, saraf, sistem llimfa, dan bagian organ. Untuk organ umum tetap dengan nomenklatur Indonesia seperti hati (bukan hepar), ginjal (bukan ren), laring (bukan larynx).

2. Saya mulai bingung dengan istilah lokasi anatomi seperti anterior, posterior, distal, yang asing untuk telinga banyak wikipedian Indonesia. Saya sudah menyusun artikel khusus penjelasan istilah di Istilah lokasi anatomi. Apakah setiap halaman anatomi perlu diberi semacam templat: Artikel ini mengandung istilah lokasi anatomi. Silakan merujuk ke halaman blabla? Atau hanya diberikan pautan ke halaman Istilah lokasi anatomi di Lihat Juga?

3. Beberapa gambar anatomi ada yang vulgar seperti organ reproduksi. Apakah wikiepdia Indonesia ada ketentuan untuk hal ini?

Danke. ^^v Andreas Erick 11:23, 15 Juli 2006 (UTC)

  1. Penamaan Indonesia lebih diutamakan jika memang ada. Jika tidak, atau belum tahu apakah sudah lazim, gunakan istilah asli saja dulu. Toh nanti bisa dialihkan.
  2. Buat saja pranala ke istilah tersebut, misalnya anterior.
  3. Coba saja masukkan. Vulgar atau tidak sangat subyektif :) Kalau ada yang protes, nanti gampang kita cari yang lebih 'sopan' :)

IMO, mulai saja, pakai pertimbangan Anda, nanti pasti ada yang membantu. •• ivanlanin •• 16:43, 15 Juli 2006 (UTC)


  1. Menurut saya, istilah latin harus tetap dipertahankan dengan catatan istilah dalam bahasa Indonesia tetap ada. Karena, dalam pembelajarannya istilah latin lah yang digunakan.
  2. Untuk poin dua sebaiknya memang harus diberikan pautan, bukan tidak mungkin wikiwan dan wikiwati ingin tau banyak mengenai arti daripada istilah anatomi tersebut.
  3. Poin ketiga ini, saya sudah melihat Atlas Anatomi Sobotta dan saya kira itu tidak terlalu vulgar. Tergantung yang melihat juga sih, tapi saya kira para pengguna disini bisa memahami karena hal keilmuannya. Tetapi untuk gambar-gambar yang dalam bentuk fisik (asli) manusianya, sebaiknya jangan dulu deh. ARdhan 07:15, 16 Juli 2006 (UTC)

Mezquita dan Masjid Cordoba

Apa gak sebaiknya Mezquita dan Masjid Cordoba digabung saja karena Artinya Sama DJ Ujuin 13:06, 17 Juli 2006 (UTC)

Pecat Stephensuleeman dari Administrator !

Wah, judulnya terlalu provokatif yah? Maaf ya. Tapi, kalo liat log penghapusan kok, si stepen lebih kurang ajar dari deletionism itu sendiri. Sebuah artikel yang merupakan keharusan dalam ensiklopedia ( bukan tentang SD di desa ANU ), seenaknya saja dihapus. Padahal karena ada artikel 'anak bawang' yang baru dirintis itulah, orang lain jadi berpikir untuk menambahkan. mengedit, dan memperbaiki. Kalau baru dirintis sudah dihapus terlebih dahulu, bagaimana artikel tersebut mau ada dan menjadi besar? Padahal tidak semua user itu rajin dan punya waktu luang untuk menerjemahkan atau mencari data-data untuk sebuah artikel panjang seperti si stepen itu. Kalau si user stepen terus menjadi Admin, saya yakin Wikipedia Indonesia tidak akan pernah menjadi salah satu yang terbesar dan terbaik. (^.^) (`,*) Maglev

  • Setuju Pecat saja kenapa Menghapus Artikel Masjid Granada

yang benar2x ada dalam Fakta! Silahkan lihat BBC jika penasaran DJ Ujuin 09:16, 22 Juli 2006 (UTC)

Paan seh pada ribut, kenapa sampai mesti lsg ke mosi tidak percaya? apalagi ada nitip personal grudge :D mbok ya diskusikan aja dulu kalau ada policy dari admin yang anda tidak setujui, ditanyain baik2 kenapa begini kenapa begitu. Kalau pendapat anda benar mungkin si admin dan admin2 lain nanti akan terima dan sebaliknya. Kita di sini semua masih dalam status belajar, diskusi diutamakan daripada saling menyalahkan, semua tidak luput dari kesalahan. Btw dari deletion log yang aneh yang mana yah? Ga nyambung gue :D Wiendietry Japri 10:16, 22 Juli 2006 (UTC)
Betul, kenapa langsung marah-marah. Kalau tidak setuju dengan penghapusan tersebut, bisa didiskusikan baik-baik kok. borgx(kirim pesan) 14:41, 22 Juli 2006 (UTC)