Ginglymostoma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ginglymostoma
Rentang fosil: 112–0 jtyl
Albium–Sekarang[1]
Ginglymostoma cirratum
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Superordo:
Ordo:
Famili:
Genus:
Ginglymostoma

Spesies

Lihat teks

Ginglymostoma adalah sebuah genus ikan hiu dalam keluarga Ginglymostomatidae. Ada dua anggota yang masih ada dalam genus ini. Anggota genus tersebut memakan ikan kecil dan krustasea, dan biasanya tidak menyerang kecuali jika diganggu. Anggota genus ini mempunyai kemampuan menghisap air untuk mengeluarkan siput dari cangkangnya dengan cara yang dapat digambarkan sebagai "seperti vakum".

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Genus hiu ini tersebar di perairan Brasil, Amerika serikat, Kolombia, Ekuador, Tanjung Verde, Maroko, Mauritania, Senegal, Gambia, Guinea-Bissau, Guinea, Sierra Leone, Liberia, Pantai Gading, Ghana, Togo, Benin, Nigeria, Kamerun, Guinea Khatulistiwa, Republik Kongo, Angola, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Prancis, Spanyol, Nikaragua, Saint Lucia, Guatemala, Saint Vincent dan Grenadine, Guyana, Grenada, Suriname, Guyana Prancis, Trinidad dan Tobago, Dominika, Martinik, Republik Dominika, Kosta Rika, Honduras, Haiti, Jamaika, Puerto Riko, El Salvador, Saint Kitts dan Nevis, Kepulauan Turks dan Caicos, Guadeloupe, Montserrat, Antigua dan Barbuda, Belize, Anguilla, Kepulauan Virgin, Venezuela, Saint Martin, Sint Eustatius, Bonaire, Barbados, Bermuda, Aruba, Meksiko, Kepulauan Cayman, & Peru.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sepkoski, J. (2002). "A compendium of fossil marine animal genera (Chondrichthyes entry)". Bulletins of American Paleontology. 364: 560. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-05-10. 
  2. ^ Moral-Flores, L.F.D.; Ramírez-Antonio, E.; Angulo, A.; Pérez-Ponce de León, G. (2015). "Ginglymostoma unami sp. nov. (Chondrichthyes: Orectolobiformes: Ginglymostomatidae): a new species of nurse shark from the Tropical Eastern Pacific". Revista Mexicana de Biodiversidad. 86: 48–58. doi:10.7550/rmb.46192alt=Dapat diakses gratis.