Ginglymostomatidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ginglymostomatidae
Rentang fosil: jurasik atas–Sekarang
[1]
Ginglymostoma unami
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Superordo:
Ordo:
Famili:
Ginglymostomatidae

Genus

Ginglymostoma
Nebrius
Pseudoginglymostoma

Ginglymostomatidae adalah sebuah keluarga hiu karpet kosmopolitan yang dikenal dengan nama hiu perawat. Di dalamnya terdiri dari empat spesies dalam tiga genus.[4] Hiu ini umum di perairan dangkal, tropis, dan subtropis. Hiu ini merupakan penghuni lubuk laut yang lamban dan jinak.[5] Spesiesnya merupakan yang paling banyak ditemukan di perairan pantai dangkal.[6] Hiu ini menyerang manusia hanya jika terancam secara langsung.

Namanya berasal dari kata Yunani γίγγλυμος (ginglymos, artinya "engsel") dan στόμα (stoma, artinya "mulut").

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Spesies terbesar yakni Hiu perawat (Ginglymostoma cirratum) dapat mencapai panjang 4,3 m. Hiu perawat kuning kecoklatan (Nebrius ferrugineus) berukuran lebih kecil yakni 3,2 m, dan hiu perawat ekor pendek (Pseudoginglymostoma brevicaudatum) merupakan yang terkecil dengan panjang hanya 75 cm. Spesies pertama dari tiga spesies tadi bisa mencapai berat 110 kg. Tubuhnya berwarna kekuningan hingga coklat tua, memiliki sirip dada berotot, dua sirip punggung tak bertulang (yang kedua lebih kecil) sejajar dengan sirip perut dan dubur, dan satu ekor melebihi seperempat panjang tubuhnya.

Mulut hiu perawat merupakan yang paling khas, letaknya jauh di depan mata dan sebelum moncong (subterminal), yang menunjukkan sifat hiu ini yang hidup di dasar (bentik).[7] Di rahang bawah juga terdapat dua sungut berdaging, organ kemosensor yang membantu hiu perawat menemukan mangsa yang tersembunyi di sedimen. Di belakang setiap mata terdapat lubang melingkar yang sangat kecil yang disebut spirakel, yakni bagian dari sistem pernapasan hiu. Giginya bergerigi berbentuk kipas. seperti hiu lainnya, giginya terus berganti sepanjang hidupnya.

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Hiu perawat adalah hewan nokturnal, menghabiskan siang hari dalam kelompok besar yang tidak aktif hingga 40 individu. Tersembunyi di bawah tepian yang terendam atau di celah-celah terumbu, hiu perawat tampaknya lebih menyukai tempat tertentu dan akan kembali ke sana setiap hari. Pada malam hari sebagian besar hiu hidup menyendiri, mereka menghabiskan sebagian besar waktunya mencari makan di dasar sedimen. Makanan mereka terutama terdiri dari krustasea, moluska, tunikata, dan ikan lainnya (terutama pari).

Hiu perawat diperkirakan memanfaatkan ikan yang tidak aktif yang mungkin terlalu cepat untuk ditangkap oleh hiu lain. Meskipun mulutnya yang kecil membatasi ukuran mangsanya, rongga tenggorokannya yang besar digunakan sebagai semacam katup penghembus. Dengan cara ini, hiu perawat dapat menghisap mangsanya. Hiu perawat juga diketahui memakan alga dan koral.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Musim kawinnya berlangsung dari akhir Juni hingga akhir Juli. Semua hiu perawat adalah vivipar aplasenta, artinya telur berkembang dan menetas di dalam tubuh betina, tempat anakan berkembang lebih jauh hingga terjadi kelahiran hidup. Masa kehamilannya enam bulan, dengan jumlah anak rata-rata 30-40 ekor. Siklus kawin terjadi dua tahunan, karena ovarium betina memerlukan waktu 18 bulan untuk menghasilkan sejumlah telur lagi. Hiu perawat muda dilahirkan dalam keadaan berkembang sempurna dengan panjang sekitar 30 cm di spesies Ginglymostoma cirratum. Mereka memiliki warna bintik-bintik yang memudar seiring bertambahnya usia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2011). "Ginglymostomatidae" in FishBase. February 2011 version.
  2. ^ Gill, Theodore (1862). "Analytical Synopsis of the Order of Squali; and Revision of the Nomenclature of the Genera". Annals of the Lyceum of Natural History of New York. 7 (1): 367–408. doi:10.1111/j.1749-6632.1862.tb00166.x. 
  3. ^ van der Laan, Richard; Eschmeyer, William N.; Fricke, Ronald (2014). "Family-group names of Recent fishes". Zootaxa. 3882 (1). doi:10.11646/zootaxa.3882.1.1alt=Dapat diakses gratis. ISBN 978-1-77557-574-0. PMID 25543675. 
  4. ^ "Ginglymostomatidae - nurse sharks". New Hampshire Public Television. Diakses tanggal 2014-02-02. 
  5. ^ "Ginglymostomatidae Gill, 1862". World Register of Marine Species (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2014-02-02. 
  6. ^ Stephen, Karl. "Population genetics of the nurse shark (Ginglymostoma cirratum) in the western Atlantic". Marine Biology. 159 (3): 489-498. 
  7. ^ McEachran, J.; Fechhelm, J.D. (1998). Fishes of the Gulf of Mexico, Vol. 1: Myxiniformes to Gasterosteiformes. Austin: University of Texas Press. hlm. 43. ISBN 978-0-292-75206-1. OCLC 38468784. Diakses tanggal 13 July 2021.