Gereja Mission Batak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Mission Batak
KlasifikasiProtestan - Lutheran
PemimpinEphorus : Pdt.T.S.P Sitompul,MTh Sekjen  : Pdt.Firdaus Sipayung,STh
WilayahIndonesia
Didirikan17 Juli 1927
Sumatra Utara
Anggota PGI No.49

Gereja Mission Batak (disingkat GMB) adalah kelompok Gereja Kristen Protestan yang termasuk lembaga gereja tertua di Indonesia.

Sejarah Berdiri[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya gereja ini bernama Mission Batak, yang lahir karena didorong nasionalisme serta keinginan untuk merdeka dari kuasa penjajahan dan dominasi Zendeling Eropa di tengah-tengah gereja Batak. Kebaktian perdana diadakan pada 17 Juli 1927 di Gedung Methodist Boys School (Medan), dipimpin oleh Vorg. Mahadi Siregar. Pendeta Pertama yang ditahbiskan adalah Pdt. Kenan Hutabarat.

Gereja Mission Batak (GMB) dalam menjalankan pelayanannya memiliki Almanak yang diterbitkan setiap tahun.Almanak GMB diantaranya beriskan ayat-ayat Khotbah selama setahun yaitu Evangelium,Epistel,ayat sekolah minggu,remaja/Naposo serta ayat-ayat renungan harian pagi malam dan ayat thema bulanan,kalender gerejawi yaitu Adven - Akhir Tahun Gereja (Parningotan na monding) dan masih ada beberapa hal lainnya.Gereja Mission Batak (GMB) juga mencetak kalender tahunan yang berisi gambar-gambar pelayanan diseluruh jemaat GMB .

Gereja Mission Batak (GMB) berjalan damai dalam pelayanan dan sejak tahun 2019 Gereja Mission Batak (GMB)menyatukan hati seluruhnya untuk kemuliaan nama Tuhan Yesus sang kepala Gereja Juruselamat manusia yang berkantor pusat di Jl.Penyabungan No.1 Medan Sumatera Utara sejak zaman Hindia Belanda.Gereja Mission Batak (GMB) saat ini di pimpin oleh Ephorus: Pdt.T.S.P Sitompul MTh dan Sekjen: Pdt.Firdaus Sipayung,STh.Gereja Mission Batak (GMB) saat ini dalam penyebaran pelayanannya berada di Sumatera Utara,Kalimantan,Jawa Timur dan Jabodetabek dan akan terus melayani diseluruh wilayah Indonesia.

Demikianlah Gereja Mission Batak (GMB) akan terus hidup dan melayani sekalipun menghadapi banyak tantangan dan tekanan dalam maupun luar organisasi, termasuk pada saat awal pembentukannya di zaman Hindia Belanda.

Sekretariat[sunting | sunting sumber]

Kantor Sinode :

Jl.Penyabungan No.1 Medan Sumatera Utara

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]