Gereja Protestan Soteria di Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Protestan Soteria di Indonesia (GPSI) adalah sebuah gereja beraliran Calvinis yang berdiri pada 4 Mei 1975 di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jemaat pertama dari GPSI ini diberi nama GPSI Jemaat Soteria, diikuti dengan bergabungnya beberapa jemaat lain ke lingkup GPSI yang membentuk Sinode Gereja Protestan Soteria di Indonesia (GPSI) berdasarkan Sidang Sinode I pada 20-23 Oktober 1995 di Graha Wisata Remaja Jaya Ancol, Jakarta. Saat ini, jemaat-jemaat lokal dan pos-pos pelayanan GPSI tersebar di Jakarta, Depok, Solo, Lampung dan Kalimantan.

Dalam melaksanakan panggilan dan pengutusannya, GPSI meyakini bahwa gereja berdiri hanya pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus, seperti tertulis dalam 1 Korintus 3:11, "Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus."

Sebagai gereja dengan latar belakang tradisi Calvinis, sistem pemerintahan (kepemimpinan) di GPSI adalah Presbiterial-Sinodal. Pejabat gereja dalam lingkup GPSI terdiri dari Pendeta, Penginjil, Penatua dan Diaken.

GPSI diterima menjadi sinode gereja anggota ke-86 Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) pada Sidang MPL-PGI tahun 2007 di Manado, bersamaan dengan diterimanya Gereja Kristus Yesus (GKY), Gereja Kristen Protestan Injili Indonesia (GKPII) dan Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) sebagai sinode gereja anggota PGI.


Personalia Majelis Sinode GPSI Periode 2021-2025

Ketua Umum: Pdt. Ferry Frans Simanjuntak

Ketua I: Pdt. Debora Tonglo

Ketua II: Pdt. Hadiwiyoto Said

Ketua III: Pdt. Kalfin Sinain

Ketua IV: Pnt. Fredy Hendjan

Sekretaris Umum: Pdt. Samuel D. Luas

Wakil Sekretaris Umum: Pnt. Raghu Badi

Bendahara Umum: Dkn. Maria D. Lila

Wakil Bendahara Umum: Dkn. Magdalena Sihombing

Departemen Bidang Pelayanan Kategorial dan Peribadahan: Pdt. Ari Siagian & Pdt. Joni

Departemen Pekabaran Injil: Pdt. Meiske Sinain & Pdt. Erik Kristovel

Departemen GERMAS dan BINDIK: Pdt. Markus Kaury & Pdt. Johana Taka

Departemen LITBANG: Pdt. Dumais Ginting

Departemen PEG: Dkn. Windy Makahekung & Dkn. Ryvel Pradityo


Referensi:

  • Tata Gereja GPSI
  • 40 Tahun Gereja Protestan Soteria di Indonesia Jemaat "Soteria"
  • 1/4 Abad Tangan Tuhan Merenda (GPSI Pancaran Kasih Allah[1])
  1. ^ "GPSI-PKA – Gereja Protestan Soteria di Indonesia Jemaat Pancaran Kasih Allah". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-29. Diakses tanggal 2023-07-29.