Despicable Me 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Despicable Me 3
Despicable Me 3 Poster.jpg
Poster film "Despicable Me 3"
Sutradara
Produser
Penulis
Pemeran
MusikHeitor Pereira[1]
PenyuntingClaire Dodgson
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 30 Juni 2017 (2017-6-30) (Amerika Serikat)
  • 12 Juli 2017 (2017-7-12) (Indonesia)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$80 Juta
Pendapatan kotor$1.035 Miliar

Despicable Me 3 adalah sebuah film komedi animasi komputer 3D Amerika 2017 yang diproduksi oleh Illumination Entertainment. Film tersebut merupakan installment ketiga dalam serial film Despicable Me dan sekuel dari film 2013 Despicable Me 2. Ditulis oleh Cinco Paul and Ken Daurio, film tersebut disutradarai oleh Pierre Coffin dan Kyle Balda, dan wakil sutaradara oleh Eric Guillon.[2] dan ditulis oleh Cinco Paul dan Ken Daurio.

Dalam film tersebut, Gru bekerja sama dengan saudara kembarnya yang telah lama hilang, Dru untuk mengalahkan musuh baru bernama Balthazar Bratt, seorang mantan aktor cilik, terobsesi dengan 1980-an, yang tumbuh menjadi penjahat setelah pertunjukannya tidak disetujui setelah masa remaja . Steve Carell, Miranda Cosgrove dan Dana Gaier memainkan peran mereka Felonious Gru, Margo dan Edith dari dua film pertama dengan Julie Andrews kembali sebagai Marlena Gru, ibu Gru dari Despicable Me (2010) dan Kristen Wiig dan Steve Coogan kembali sebagai Lucy dan Silas Ramsbottom dari Despicable Me 2. Mereka bergabung oleh Trey Parker (co-creator dari South Park Comedy Central), Jenny Slate dan Nev Scharrel (menggantikan Elsie Fisher

Despicable Me 3 perdana pada 14 Juni 2017, di Annecy International Animated Film Festival, dan memiliki perilisan teatrikal di Amerika Serikat pada 30 Juni 2017 dan Indonesia pada 12 Juli 2017, oleh Universal Pictures dalam 3D, RealD 3D, Dolby Cinema, IMAX dan IMAX 3D. Film ini menerima tinjauan beragam dari para kritikus dan meraup lebih dari $ 1 miliar di seluruh dunia, menjadikannya film terlaris keempat di tahun 2017, film animasi terlaris keenam sepanjang masa dan film terlaris ke-34 sepanjang masa. Ini adalah film kedua Illumination yang menghasilkan lebih dari $ 1 miliar, setelah Minion pada tahun 2015, menjadi franchise animasi pertama yang melakukannya.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Mantan penjahat Gru sekarang menjadi agen untuk Anti-Villain League (AVL). Dia dan rekannya (dan istrinya) Lucy dikirim untuk menggagalkan rencana Balthazar Bratt, mantan aktor anak-anak dari tahun 1980-an yang telah berubah menjadi jahat. Gru berhasil menghentikan Bratt dari mencuri Berlian Dumont, berlian merah muda raksasa, tetapi tidak dapat menangkapnya. Sebagai hasil dari kegagalan untuk menangkap Bratt, Gru dan Lucy dikeluarkan dari AVL oleh direktur barunya yang tidak rasional, Valerie Da Vinci, setelah pensiunnya mantan direktur AVL, Silas Ramsbottom.

Ketika Gru dan Lucy pulang, Gru dan Lucy dengan enggan memberi tahu anak-anak mereka, Margo, Edith, dan Agnes, tentang pemecatan mereka, tetapi yakinkan mereka bahwa mereka akan menemukan pekerjaan baru. Sebagian besar Minion Gru meninggalkannya ketika dia menolak untuk kembali ke kejahatan meskipun kehilangan pekerjaannya dan membuat Dr. Nefario membeku dalam karbonit, dengan Dave dan Jerry tetap tinggal karena tidak tahu. Sementara itu, Lucy berjuang untuk beradaptasi dengan peran barunya sebagai ibu baru anak-anak. Pagi berikutnya, ketika seorang kepala pelayan bernama Fritz tiba di rumah Gru, Gru menemukan bahwa dia memiliki saudara kembar bernama Dru, yang tinggal di negara yang jauh bernama Freedonia, yang ingin bertemu dengannya. Terkejut mengetahui dia memiliki saudara kembar, Gru menghadapi ibunya, yang mengungkapkan bahwa ketika dia dan suaminya bercerai, mereka berjanji tidak akan bertemu lagi dan masing-masing mengambil satu anak untuk dibesarkan sendiri, tak lama setelah mereka lahir. Keluarga memutuskan untuk melakukan perjalanan untuk bertemu Dru, dan mereka terkejut dengan kekayaannya yang besar, dan ukuran rumah besar, yang Fritz atribut untuk bisnis peternakan babi mereka. Sementara itu, Minion ditangkap karena masuk tanpa izin di acara pertunjukan bakat, tak lama setelah mereka selesai tampil. Bratt berhasil mencuri berlian itu lagi, bermaksud menggunakannya untuk menyalakan robot raksasa dan menghancurkan Hollywood sebagai balas dendam atas pembatalan acaranya.

Dru mengungkapkan kepada Gru bahwa ayah mereka yang baru meninggal adalah supervillain legendaris, yang kegiatan jahatnya adalah sumber nyata kekayaan keluarga. Ketika Dru diberhentikan oleh ayah mereka sebagai aib, ia meminta saudaranya untuk mengajarinya bagaimana menjadi penjahat. Ketika Gru menolak untuk kembali ke cara lamanya, Dru membawanya pada joyride sekitar Freedonia di mobil teknologi canggih ayah mereka dan ikatan saudara kandung. Sementara itu, Lucy mencoba untuk menyeimbangkan tugas-tugas barunya sebagai seorang ibu, yang ia tunjukkan setelah memalingkan seorang anak lelaki bernama Niko yang telah jatuh cinta pada Margo di tengah-tengah festival keju tradisional, sementara Edith dan Agnes tersandung ke sebuah kedai minuman lokal dan belajar dari bartender tentang unicorn mitos yang bersembunyi di hutan terdekat. Gru mencoba meyakinkan Agnes bahwa unicorn adalah khayalan, tetapi memutuskan untuk tidak menyakiti perasaannya. Keesokan harinya, Agnes dan Edith pergi ke hutan untuk melacak mitos 'unicorn', hanya untuk menemukan kambing bertanduk satu yang diadopsi Agnes dan dijuluki "Lucky". Sementara itu, kerinduan Minion untuk Gru memotivasi mereka untuk melarikan diri dari penjara dan kembali ke mantan tuan mereka.

Gru meyakinkan Dru untuk mencuri berlian itu, dengan Gru diam-diam berniat membawanya ke AVL, yang ia harap akan meyakinkan Da Vinci untuk mempekerjakan kembali dia dan Lucy. Meskipun beberapa kemunduran, mereka berhasil mengambil berlian dan diselamatkan oleh Lucy setelah melarikan diri. Setelah menemukan motif Gru yang sebenarnya, Dru menghadapkan kakaknya tentang kebohongannya. Sebagai gantinya, Gru menghinanya dan memutuskan untuk meninggalkan Freedonia, mengakhiri hubungan mereka. Brat, menyamar sebagai Lucy, menculik anak-anak, dan sekali lagi mendapatkan berlian itu. Gru dan Dru menyelesaikan perbedaan mereka dan mengejarnya setelah menemukan Lucy yang sebenarnya.

Dengan robotnya yang ditenagai oleh berlian, Bratt meneror Hollywood, berniat mengirimnya ke luar angkasa dengan menggunakan permen karet yang sangat kuat. Lucy menyelamatkan anak-anak sementara Gru dan Dru melemahkan robot Bratt dengan senjata mobil ayah mereka. Gru jatuh pingsan ketika mobil dihancurkan, dan Dru berhasil menghancurkan inti robot dari dalam ketika Bratt mengancam untuk membunuh Gru. Ketika Gru pulih, ia bertarung dengan Bratt dalam pertarungan dansa, menggunakannya sebagai selingan untuk mengambil keytar senjatanya yang dipersenjatai, dan mengalahkannya. Setelah bertemu dengan Gru, para Minion berhasil menghancurkan permen karet yang sudah menutupi kota, dan akhirnya Gru dan Dru berdamai.

Segera setelah itu, Gru dan Lucy dipekerjakan kembali di AVL dan keluarga yang baru bersatu merayakannya di rumah Gru. Lucy diakui oleh anak-anak sebagai ibu mereka. Di akhir cerita,Terpikat kembali ke penjahat, Dru, bersama dengan sebagian besar Minion, mencuri pesawat Gru, dengan lambang Gru diganti dengan grafiti "D". Gru dan Lucy memutuskan untuk memberi mereka pemulaian lima menit sebelum melakukan pengejaran.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Steve Carrell sebagai Gru, ayah angkat dari Margo, Edith, dan Agnes, suami dari Lucy, dan boss dari Minion
  • Kristen Wiig sebagai Lucy Wilde, agen Liga Anti-Villain, istri Gru dan ibu baru gadis-gadis
  • Trey Parker sebagai Balthazar Bratt, mantan bintang cilik, sekarang seorang penjahat permen karet yang tumbuh menjadi terobsesi dengan karakter yang ia perankan di era 80-an dan membungkuk pada dominasi dunia.
  • Miranda Cosgrove sebagai Margo, Putri angkat tertua Gru dan Lucy.
  • Dana Gaier sebagai Edith, Putri angkat tertua Gru dan Lucy.
  • Nev Scharrel sebagai Agnes, putri termuda yang diadopsi Gru dan Lucy.
  • Pierre Coffin sebagai Mel, Kevin, Stuart, Bob dan The Minions.
    • Coffin juga menyuarakan Direktur Museum.
  • Steve Coogan sebagai Silas Ramsbottom, direktur Anti-Villain League, yang pensiun pada awal film.
    • Coogan juga menyuarakan Fritz, kepala pelayan Dru.
  • Julie Andrews sebagai Marlena, ibu Gru dan Dru.
  • Jenny Slate sebagai Valerie Da Vinci, anggota tirani Anti-Villain League, yang menjadi direktur AVL baru.
  • Andy Nyman sebagai Clive, robot yang merupakan sahabat Bratt.
  • Adrian Ciscato sebagai Niko, bocah lelaki dari Freedonia yang jatuh cinta pada Margo.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Steve Burke, CEO NBCUniversal, mengkonfirmasi pada bulan September 2013 bahwa film ketiga dalam seri Despicable Me sedang dalam pengembangan. Cinco Paul dan Ken Daurio, penulis dari dua film pertama, mengumumkan bahwa mereka akan kembali untuk menulis skenario untuk film tersebut. Pada 13 April 2016, Trey Parker, co-pencipta South Park, berperan sebagai antagonis utama untuk film, Balthazar Bratt.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini ditayangkan perdana pada 14 Juni 2017, di Annecy International Animated Film Festival.[3]dan dirilis di Amerika Serikat pada 30 Juni 2017. Di Indonesia, film ini dirilis pada tanggal 12 Juli 2017. Ini adalah film pertama oleh Illumination yang dirilis dalam Dolby Vision dan dalam format anamorphic 2.39: 1.

Trailer resmi pertama untuk film ini dirilis pada 14 Desember 2016[4]. dengan yang kedua dirilis pada 14 Maret 2017. Trailer sekunder, yang dirancang untuk penggunaan TV dirilis pada 21 April 2017. Trailer ketiga dirilis pada 24 Mei 2017.

Home media[sunting | sunting sumber]

Despicable Me 3 dirilis pada DVD, Blu-ray, Blu-ray 3D dan Ultra HD Blu-ray di Inggris pada 6 November 2017. Di Amerika, Despicable Me 3 dirilis dengan unduhan digital pada 21 November 2017, dan dirilis dalam DVD, Blu-ray dan Ultra HD Blu-ray pada 5 Desember 2017. Perilisan ini juga termasuk film pendek, berjudul The Secret Life of Kyle.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Despicable Me 3 mendapat $ 264,6 juta di Amerika Serikat dan Kanada dan $ 770,2 juta di wilayah lain dengan total $ 1,035 miliar di seluruh dunia, dibandingkan dengan anggaran produksi $ 80 juta. Pada 8 September, film ini melampaui ambang $ 1 miliar, menjadi film Despicable Me kedua (setelah Minion), film animasi kedua non-Disney (setelah Minion), film ketiga tahun 2017 (setelah Beauty and the Beast , dan The Fate of the Furious) ), dan film animasi keenam (setelah Toy Story 3, Frozen, Minion, Zootopia, dan Finding Dory) untuk melewati sasaran. Ini menjadi film pertama sejak The Fate of the Furious (juga properti Universal) pada April 2017 dengan penghasilan lebih dari satu miliar dolar. Deadline Hollywood menghitung laba bersih film menjadi $ 366,2 juta, ketika memperhitungkan semua pengeluaran dan pendapatan, menjadikannya perilisan ketiga paling menguntungkan tahun 2017.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada ulasan aggregator Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 58% berdasarkan 190 ulasan, dan peringkat rata-rata 5,69 / 10. Konsensus kritis situs web itu berbunyi, "Despicable Me 3 harus membuat penggemar waralaba secara konsisten dihibur dengan putaran animasi dan zany yang penuh warna - walaupun agak scattershot - humor." Pada Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 49 di luarnya. dari 100 berdasarkan 37 kritik, yang mengindikasikan "tinjauan campuran atau rata-rata". Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata "A−" pada film pada skala A + ke F, turun dari dua film pertama dan "A" dari film spin-off.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

CEO Illumination, Chris Meledandri mengungkapkan dalam sebuah wawancara pada bulan September 2017 bahwa film keempat Despicable Me sedang dalam pengembangan.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Heitor Pereira to Return for 'Despicable Me 3'". Film Music Reporter. June 24, 2016. Diakses tanggal August 18, 2016. 
  2. ^ Donnelly, Matt (April 13, 2016). "Trey Parker Joins Voice Cast of 'Despicable Me 3'". The Wrap. Diakses tanggal June 19, 2016. 
  3. ^ "Despicable Me 3 and Dr. Seuss' How the Grinch Stole Christmas Set for 2017". ComingSoon.net. January 15, 2014. Diakses tanggal January 16, 2014. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama CSCastAndTrailer
  5. ^ "Bloomberg - Are you a robot?". www.bloomberg.com. Diakses tanggal 2019-08-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]