Migration

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Migration
Poster perilisan teatrikal
SutradaraBenjamin Renner
ProduserChris Meledandri
SkenarioMike White
Cerita
  • Mike White
  • Benjamin Renner
Pemeran
Penata musikJohn Powell
PenyuntingChristian Gazal
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 19 Oktober 2023 (2023-10-19) (Konferensi VIEW)
  • 22 Desember 2023 (2023-12-22) (Amerika Serikat)
  • 20 Desember 2023 (2023-12-20) (Indonesia)
Durasi83 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$72 juta[2]
Pendapatan
kotor
$206.6 juta[3][4]

Migration adalah sebuah film animasi Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai oleh Mike White. Para pengisi suaranya meliputi Kumail Nanjani sebagai Mack, Elizabeth Banks sebagai Pam, Tresi Gazal sebagai Gwen dan Caspar Jennings sebagai Dax. Film ini menceritakan kisah keluarga Mallard melewati berbagai rintangan yang dihadapi selama perjalanan menuju Jamaika.[5]

Migration ditayangkan pada Konferensi VIEW di Turin, Italia pada 19 Oktober, 2023, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 22 Desember. Film ini umumnya menerima ulasan positif dari para kritikus dan telah mendapat lebih dari $106 juta di seluruh dunia.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pada Kolam Moosehead di suatu tempat di hutan New England, Mack Mallard yang cemas terus-menerus melarang anak-anaknya Dax dan Gwen untuk pergi ke dunia luar sehingga membuat istrinya Pam tidak senang.

Suatu hari, keluarga Mallard bertemu dengan sekawanan bebek migrasi yang menuju ke selatan ke Jamaika yang menurut keluarga tersebut menarik, tapi Mack tidak tertarik. Pam memberi tahu Mack bahwa dia harus membuka matanya terhadap dunia di luar dirinya. Malamnya, Mack berbicara dengan Paman Dan yang sudah lanjut usia yang juga tidak ingin meninggalkan kolam. Namun, Paman Dan membuat Mack menebak-nebak pendiriannya dan memutuskan untuk membiarkan keluarganya bermigrasi, dengan Paman Dan bergabung dengan mereka atas perintah Gwen. Namun, mereka akhirnya pergi ke utara, bukan ke selatan.

Selama sebuah hujan badai, mereka berlindung di rawa di bawah trotoar di mana mereka bertemu dengan seekor bangau tua gila bernama Erin, yang membawa mereka ke gubuknya untuk bermalam bersama dirinya dan suaminya Harry. Meski kelihatan menakutkan, para bangau membuktikan niat baik mereka dengan menyelamatkan Dax dan Gwen dari seekor ikan lele.

Keesokan harinya, keluarga Mallard tiba di kota New York yang di mana Paman Dan mengembara dan akhirnya membuat bebek-bebek itu mendapat masalah dengan sekawanan merpati yang dipimpin oleh Si Chump yang berpasir. Namun, ketegasan Pam membuat mereka disukai Chump.

Chump membawa mereka ke temannya Delroy, seekor macaw yang berasal dari Jamaika tetapi hidup dikurung oleh koki manusia yang memilikinya. Berkeinginan untuk membebaskan Delroy, Mack dan Pam menyusup ke restoran tempat koki bekerja untuk mendapatkan kunci kandangnya. Setelah menghindari manusia, mereka berhasil mendapatkan kunci dan membebaskan Delroy yang dengan penuh rasa syukur membimbing mereka ke Jamaika.

Saat Gwen berhenti untuk istirahat di kamar mandi, Mack segera menemukan pintu masuk ke surga yang penuh dengan pekin. Kelompok itu mulai bersenang-senang tetapi Dax segera mengetahui bahwa seluruh tempat itu adalah peternakan bebek, dengan koki sebelumnya menjadi salah satu kliennya. Dax membantu pekin dan keluarganya melarikan diri dari peternakan, tapi dia kehilangan bulu sayapnya setelah diinjak oleh koki, membuatnya tidak bisa terbang.

Para burung berhenti untuk beristirahat di sebuah resor tempat Mack menghukum Dax karena kecerobohannya, membuat Dax marah. Segera, koki menemukan burung-burung itu melalui helikopter dan menjebak mereka dalam jaring, sementara Dax dan Gwen berhasil bersembunyi.

Di dalam, koki tersebut berencana membunuh Mack dan Pam terlebih dahulu, membuat Pam putus asa hanya agar Mack membangkitkan semangatnya. Mereka mencoba untuk menekan sebuah tombol untuk membebaskan para burung melalui tarian Salsa yang mereka pelajari dari restoran, tapi ditangkap oleh koki. Pada titik ini, Delroy akhirnya merasa muak dan dia, Paman Dan, dan para pekin melempari koki itu dengan buah-buahan dan sayuran. Koki tersebut pingsan karena pukulan squash, menekan tombol yang menyebabkan helikopter menjatuhkan Pam dan Mack, yang masih terjebak di kandang mereka. Mereka diselamatkan oleh anak-anak mereka, dengan Dax telah memperbaiki sayapnya menggunakan beberapa bulu burung lainnya. Baik ayah dan anak diam-diam berdamai. Delroy, Paman Dan, dan para pekin keluar dari kandang dan bersatu kembali dengan keluarga Mallard.

Sekarang dipimpin oleh Dax, burung-burung itu akhirnya tiba di Jamaika di mana Delroy bertemu kembali dengan teman-temannya dan keluarga Mallard menyusul keluarga bebek yang mengunjungi kolam mereka sebelumnya.

Musim semi berikutnya, keluarga tersebut hendak pulang ke rumah ketika Mack menunjukkan kepada mereka sekelompok penguin yang mencoba mencapai Kutub Selatan.

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

  • Kumail Nanjiani sebagai Mack Mallard, ayah Dax dan Gwen yang cemas dan suami Pam
  • Elizabeth Banks sebagai Pam Mallard, ibu Dax dan Gwen yang berani dan cerdas serta istri Mack
  • Keegan-Michael Key sebagai Delroy, seekor macaw Scarlet beraksen Jamaika yang rindu kampung halaman yang dikurung di sebuah restoran di Manhattan
  • Awkwafina sebagai Chump, pemimpin geng merpati Kota New York yang berkaki satu
  • Carol Kane sebagai Erin, seekor bangau biru besar yang menjadi teman Mallard dalam perjalanan mereka
  • David Mitchell sebagai GooGoo, seekor Pekin Amerika yang merupakan pemimpin yoga di peternakan bebek
  • Isabela Merced sebagai Kim, seekor bebek dari spesies yang tidak diketahui yang keluarganya sedang menuju ke Jamaika
  • Caspar Jennings sebagai Dax Mallard, Putra praremaja Mack dan Pam yang percaya diri dan gelisah
  • Tresi Gazal sebagai Gwen Mallard, Putri Mack dan Pam yang lugu dan manis yang menikmati kebersamaan dengan Paman Dan
  • Danny DeVito sebagai Paman Dan, Paman Mack yang cerewet dan tidak suka berpetualang serta kakek Dax dan Gwen[6]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sutradara Benjamin Renner pada 2023

Pada Februari 2022, Illumination mengumumkan sebuah film baru berjudul Migration, dengan animator Perancis dan pencipta buku komik Benjamin Renner akan mengarahkan dengan Guylo Homsy sebagai wakil sutradara dan Mike White akan menulis naskahnya.[7] Pada April 2023, lebih banyak kru film seperti editor Christian Gazal dan desainer produksi Colin Stimpson terungkap.[8] Renner sebelumnya menyutradarai film animasi tradisional Ernest & Celestine (2012) dan The Big Bad Fox and Other Tales... (2017), dan sudah terkenal di kalangan staf Illumination Studios Paris sebelum keterlibatannya dengan perusahaannya.[9] Kepala dan pembuat film Illumination Chris Meledandri mempekerjakan Renner untuk mengarahkan proyek orisinal pertama studio tersebut sejak tahun 2016 karena kepekaan pembuatan filmnya, menyatakan selama kunjungannya ke Festival Film Animasi Internasional Annecy bahwa terdapat sebuah "perhatian pembuat film" untuk Migration dibandingkan dengan perilisan terbaru Illumination hingga The Super Mario Bros. Movie (2023).[9] Saat membentuk humor filmnya, Renner menginginkan menghindari "lelucon biasa," yang menurutnya biasa terjadi dalam film keluarga.[10] Dia mengincar selera humor yang menarik bagi anak-anak dan orang dewasa. [11] Sebagai contoh, dia memastikan bahwa setiap humor kasar dalam film ini dipikirkan secara matang dan memiliki dimensi ekstra di dalamnya.[12] Selain itu, aturan umum yang dia buat untuk dirinya sendiri adalah tidak boleh ada lelucon tentang toilet.[11] Para pembuat film berupaya memperlakukan manusia dalam film ini sebagaimana mereka percaya bahwa bebek memandang mereka. Renner mengatakan, "Para manusia diperlakukan seperti hewan di film, karena hanya burung yang memahami satu sama lain".[13]

Renner menggambarkan Migration sebagai Little Miss Sunshine (2006), tetapi dengan bebek.[14] Suasana film menjadi semakin tegang seiring berjalannya cerita.[15] Renner menggambarkan pengaruhnya dari pengalaman masa kecilnya dan dinamika bersama keluarganya saat membuat situasi lucu untuk keluarga Mallard. Gwen dan situasi di sepanjang karakternya terinspirasi dari pengalamannya sebagai adik bungsu di keluarganya.[16]

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Pada April 2023, Kumail Nanjiani, Elizabeth Banks, Keegan-Michael Key, Awkwafina, Danny DeVito, Caspar Jennings, Tresi Gazal (dalam debut filmnya), David Mitchell dan Carol Kane diumumkan untuk menjadi bagian dari pengisi suara utama film ini.[17] Renner memastikan para pemeran terhubung dengan karakternya masing-masing. Sebagai contoh, kesukaan rutinitas Nanjiani dan sketsa stand-up comedy tentang dirinya yang mengeluh tentang berbagai hal membuatnya terhubung dengan Mack, sementara Banks terbuka untuk mencoba suatu hal dan pengalaman baru, membuatnya terhubung dengan Pam.[18] Tresi adalah putri editor film ini, Christian Gazal, dan dibawa untuk mengisi vokal awal untuk Gwen. Dia akhirnya akan menyuarakan karakter dalam film yang sudah selesai.[19]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada 18 Juni, 2023, diumumkan bahwa John Powell akan menggubah musik film ini, menandai kolaborasi keduanya dengan Illumination setelah The Lorax (2012).[20] Powell dan Renner terhubung melalui kecintaan mereka pada musik klasik.[21] Renner menginginkan skor yang memiliki "tingkat kreativitas yang tidak biasa" dan menyenangkan. Skornya banyak menggunakan instrumen dawai dan vokal manusia. Powell mencoba meniru musik tahun 1960-an, yang banyak mengandung vokal, dan Renner merespons dengan positif.[22] Dia juga merasa bahwa dia mungkin mendapatkan peran tersebut setelah mengungkapkan kekagumannya terhadap Peter and the Wolf (1936) karya Sergei Prokofiev kepada sutradara.[21] Mon Laferte mengisi sebuah single Destiny's Child tahun 2001"Survivor" untuk filmnya[23] Album soundtracknya dirilis pada 15 Desember 2023.[23]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Seluruh musik diciptakan oleh John Powell, kecuali seperti yang disebutkan [24].

Daftar lagu Migration (Original Motion Picture Soundtrack)
No.JudulPenyanyiDurasi
1."Bedtime Story" 1:46
2."What Else Is Out There?" 1:50
3."The Flock Arrives" 1:00
4."Join Our Migration" 3:30
5."Open Your Eyes" 1:27
6."Uncle Dan" 1:57
7."Let’s Fly" 1:51
8."Heron Adventures" 5:35
9."Night Time, Day Time" 3:07
10."Fog World" 1:36
11."Central Park" 3:05
12."Chump" 1:25
13."Follow Me, But Not Too Close" 2:58
14."Meet Delroy" 3:15
15."Kitchen Key Caper" 2:55
16."Survivor (Versi film)"Powell, Mon Laferte1:45
17."He’s Coming!" 1:58
18."The Key to Regurgitation" 2:13
19."Migration Continues" 1:50
20."Eye of Doga" 1:50
21."Duck Heaven" 1:52
22."Chef at Farm" 3:55
23."You Need a Hug" 1:48
24."Helicopter Attack" 2:11
25."Hopelessness Tango" 2:53
26."Rebellion of the Winged" 3:56
27."Jamaica" 3:56
28."Migration End Titles" 1:59
29."Survivor (Versi lengkap)"Laferte3:03

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Penayangan perdana dunia Migration dirilis pada 19 Oktober 2023, sebagai pertunjukan siang puncak pameran VIEW Conference di Turin, Italia.[25] Film ini dirilis di bioskop di Amerika Serikat pada 22 Desember,[26] dan menjadi film animasi pertama yang dirilis seluruh dunia dalam format ScreenX.[27] Film ini diiringi di bioskop oleh film pendek Despicable Me, Mooned.[28] Film ini awalnya dijadwalkan rilis pada 30 Juni 2023,[29] tetapi ditunda ke tanggal rilisnya saat ini, dengan Ruby Gillman, Teenage Kraken DreamWorks Animation mengambil tanggal perilisan Juni aslinya.[26] Pada 14 Juni 2023, Illumination memebrikan sebuah pratinjau 25 menit khusus dari Migration pada Festival Film Animasi Internasional Annecy, dengan Renner dan Meledandri menghadiri acaranya.[30]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Sebagai bagian dari kesepakatan Universal dengan Netflix, film ini akan ditayangkan di Peacock selama empat bulan pertama di saluran TV berbayar, kemudian akan dipindahkan ke Netflix selama sepuluh bulan berikutnya, dan kemudian akan kembali ke Peacock untuk empat bulan sisanya.[31][32]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Hingga Januari 9, 2024, Migration telah mendapatkan $78.8 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $75.4 juta di wilayah lain, dengan total $154.2 juta di seluruh dunia.[3][4]

Di Amerika Serikat dan Kanada, Migration dirilis bersamaan Aquaman and the Lost Kingdom, Anyone but You, dan The Iron Claw, dan diproyeksikan menghasilkan pendapatan kotor $10–15 juta dari 3.761 bioskop dalam empat hari pembukaan akhir pekan.[33] Film ini menghasilkan $5.8 juta pada hari pertama, termasuk $1,5 juta dari pratinjau Kamis malam. Film ini kemudian debut dengan pendapatan $12,5 juta, menempati posisi ketiga di box office, dan menandai akhir pekan pembukaan Illumination dengan pendapatan kotor terendah.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 72% pada 72 ulasan para kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 6.2/10. Konsensus situs web berbunyi: "Animasi yang indah dan karya yang menghibur dari bantuan pengisi suara berbakat membantu Migration dapat terbang meskipun ada cerita yang tidak begitu menonjol di antara kawanannya."[34] Metacritic, yang menggunakan penilaian tertimbang, memberi film ini skor 56 dari 100, berdasarkan 19 kritikus, yang menunjukkan ulasan "campuran atau rata-rata".[35] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "A" pada skala A+ hingga F, sementara PostTrak melaporkan 79% penonton film memberikan nilai positif, dan 52% mengatakan mereka pasti akan merekomendasikan film ini.[36]

Sebuah ulasan positif untuk surat kabar Perancis La Croix, meskipun alur ceritanya agak mudah ditebak, ia memberikan film ini 3 dari 5 bintang dan memuji kesan olok-oloknya.[37] Michael Ordoña dari Los Angeles Times juga mengkritik prediktabilitas alur cerita film ini. Namun mereka memuji film ini karena berbeda dari filmografi Illumination sebelumnya, khususnya dalam pertunjukan animasi, humor, dan performa suara.[38]

Soren Andersen dari The Seattle Times memberi film ini penilaian 2 dari 4 bintang dan, sebaliknya, merasa film ini kurang menarik bagi penonton yang lebih tua, dan mengkritik kurangnya kehalusan dalam temanya.[39] Jake Coyle dari Associated Press memuji animasi ini karena "nada kartunnya yang hangat" dan "rasa warna yang subur," namun merasa bahwa cerita tersebut tidak orisinal, menulis bahwa "ia tidak pernah melebarkan sayapnya."[40]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Migration (U)". IFCO. November 10, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  2. ^ Lang, Jamie (19 December 2023). "Illumination CEO Chris Meledandri On Original Animation Box Office Struggles, Shifting Audience Tendencies, And Keeping Budgets Down". Cartoon Brew. Diakses tanggal 20 December 2023. 
  3. ^ a b "Migration". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 1, 2024. 
  4. ^ a b "Migration (2023) - Financial Information". The Numbers. January 1, 2024. 
  5. ^ "Film Migration Kisahkan Keluarga Mallard Bermigrasi ke Jamaika". satuharapan.com. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony (26 April 2023). "Illumination's 'Migration' Cast Includes Kumail Nanjiani, Elizabeth Banks, Awkwafina, Keegan-Michael Key, Danny DeVito & More – CinemaCon". Deadline. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2023. Diakses tanggal 26 April 2023. 
  7. ^ Grobar, Matt (February 18, 2022). "Illumination & Universal Set Dates For Animated Films Migration & Despicable Me 4". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 18, 2022. Diakses tanggal February 19, 2022. 
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MigrationCast2
  9. ^ a b Croll, Ben (June 16, 2023). "With 'Migration,' Illumination's Chris Meledandri Emphasizes Auteurism". Variety. Penske Media Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 20, 2023. Diakses tanggal June 21, 2023. 
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :022
  11. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :122
  12. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :023
  13. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :3
  14. ^ Huff, Lauren (November 16, 2023). "How 'Migration' embraced Big Duck Energy, 'Little Miss Sunshine'". Entertainment Weekly (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2023. Diakses tanggal December 15, 2023. 
  15. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama VarietyCroll12
  16. ^ Klett, Leah MarieAnn (December 13, 2023). "'Migration' animated film promises laughs, wholesome humor without 'lazy' jokes: director". The Christian Post (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2023. Diakses tanggal December 15, 2023. 
  17. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MigrationCast3
  18. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0
  19. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :4
  20. ^ "John Powell Scoring Illumination Entertainment's 'Migration'". Film Music Reporter. June 18, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 18, 2023. Diakses tanggal 19 June 2023. 
  21. ^ a b Fleming, Ryan (November 14, 2023). "'Migration' Composer John Powell On Creating An Evolving Theme For A Hero's Journey". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 8, 2023. Diakses tanggal December 31, 2023. 
  22. ^ Dixon, Marcus James (December 8, 2023). "John Powell ('Migration' composer): 'I've always just loved the idea of being able to fly' [Exclusive Video Interview]". GoldDerby (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2023. Diakses tanggal December 31, 2023. 
  23. ^ a b "'Migration' Soundtrack Album Details". Film Music Reporter (dalam bahasa Inggris). November 27, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 28, 2023. Diakses tanggal December 15, 2023. 
  24. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama tracklisting
  25. ^ Diamond Sarto, Debbie (30 September 2023). "VIEW 2023 Welcomes 'Migration' Director Benjamin Renner". Animation World Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 October 2023. Diakses tanggal 8 October 2023. 
  26. ^ a b Grobar, Matt (June 28, 2022). "Universal Pushes Release Date For Illumination Comedy 'Migration'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 15, 2022. Diakses tanggal June 29, 2022. 
  27. ^ Milligan, Mercedes (December 19, 2023). "'Migration' Flies to New Heights with Panoramic ScreenX Release". Animation Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 20, 2023. 
  28. ^ Sarto, Debbie (November 20, 2023). "Illumination Reminds Us – Vector is Still Up There in 'Mooned' Short". Animation World Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 21, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  29. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MigrationPlot
  30. ^ Croll, Ben (June 14, 2023). "Annecy International Animation Film Festival". Variety. Variety Media, LLC. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2023. Diakses tanggal June 14, 2023. 
  31. ^ Hayes, Dade (December 9, 2021). "NBCUniversal's New Theatrical Window Scheme To Bring Films To Peacock After As Few As 45 Days Of Release". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 9, 2021. Diakses tanggal December 10, 2021. 
  32. ^ Moon, Mariella (2021-07-14). "Netflix extends exclusive rights to Universal's animated films in the US". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 10, 2022. Diakses tanggal 2021-07-14. 
  33. ^ D'Alessandro, Anthony (December 19, 2023). "'Aquaman 2' The Big Fish In Warner Bros Christmas Troika With 'Wonka' & 'Color Purple', But Holiday Box Office Not Looking Bright – Preview". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2023. Diakses tanggal December 20, 2023. 
  34. ^ "Migration". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal 22 Desember 2023. 
  35. ^ "Migration". www.metacritic.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-04. 
  36. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama opening
  37. ^ Dreyfus, Stephane (December 5, 2023). "« Migration », quatre canards dans le vent". La Croix (dalam bahasa Prancis). ISSN 0242-6056. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2023. Diakses tanggal December 16, 2023. 
  38. ^ Ordoña, Michael (December 20, 2023). "Review: Recognizably human for a duck tale, 'Migration' flies from studio fare, but not too far". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2023. Diakses tanggal December 20, 2023. 
  39. ^ Andersen, Soren (December 20, 2023). "'Migration' review: Illumination's latest animated film a bumpy flight". The Seattle Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  40. ^ Coyle, Jake (December 20, 2023). "Movie Review: A helicopter father flies his duck family south in 'Migration'". Associated Press (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]