Anyone but You

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Anyone but You
Poster resmi
SutradaraWill Gluck
Produser
Skenario
  • Ilana Wolpert
  • Will Gluck
CeritaIlana Wolpert
Pemeran
Penata musik
  • Este Haim
  • Christopher Stracey
SinematograferDanny Ruhlmann
Penyunting
  • Tia Nolan
  • Kim Boritz-Brehm
Perusahaan
produksi
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 22 Desember 2023 (2023-12-22)
Durasi103 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$25 juta[2]
Pendapatan
kotor
$200 juta[3][2]

Anyone but You adalah film komedi romantis Amerika Serikat tahun 2023 yang disutradarai oleh Will Gluck, yang ikut menulis skenario bersama Ilana Wolpert. Film ini dibintangi oleh Sydney Sweeney dan Glen Powell. Pemeran pendukungnya antara lain Alexandra Shipp, GaTa, Hadley Robinson, Michelle Hurd, Dermot Mulroney, Darren Barnet, Bryan Brown dan Rachel Griffiths.

Anyone but You dirilis oleh Sony Pictures Releasing di Amerika Serikat pada tanggal 22 Desember 2023. Film ini mendapat tinjauan beragam dari para kritikus, dan menjadi sleeper hit di box office, meraup lebih dari $200 juta dengan anggaran $25 juta.[4]

Plot[sunting | sunting sumber]

Saat mencoba mendapatkan kunci kamar kecil di kedai kopi, mahasiswa hukum Universitas Boston, Bea, bertemu dengan pegawai Goldman Sachs, Ben. Keduanya langsung terhubung dan menghabiskan hari bersama, yang akhirnya tertidur di sofa Ben. Bea pergi tanpa membangunkan Ben di pagi hari, tapi Bea mempertimbangkan kembali dan kembali ke apartemen, hanya untuk mendengar Ben menghinanya saat berbicara dengan sahabatnya, Pete.

Bea dan Ben tidak bertemu lagi selama 6 bulan, mereka bertemu ketika saudara perempuan Bea, Halle, mulai berkencan dengan saudara perempuan Pete, Claudia. Keduanya saling menyalahkan satu sama lain karena kencan mereka berakhir buruk. Halle dan Claudia kemudian bertunangan, dan merencanakan pernikahan di Sydney, Australia.

Bea, yang telah putus dengan tunangannya Jonathan, dan diam-diam keluar dari sekolah hukum, kecewa saat bertemu Ben dalam penerbangan yang sama ke Australia. Penghinaan Bea dan Ben terhadap satu sama lain mulai membuat frustrasi keluarga Claudia, ditambah dengan kemunculan Jonathan dan mantan pacar Ben, Margaret.

Saat orang tua Bea berusaha mendorongnya untuk berdamai dengan Jonathan, keluarga Claudia menyusun rencana untuk membuat Bea dan Ben saling jatuh cinta. Bea dengan cepat mengetahui skema tersebut, dan membuat kesepakatan dengan Ben untuk berpura-pura bahwa mereka bersama untuk membuat Margaret cemburu dan menghentikan orang tua Bea yang memaksanya untuk berbaikan dengan Jonathan.

Upaya awal untuk menjual hubungan tersebut tidak berhasil sampai pesta di atas kapal, di mana Bea dan Ben menari bersama dan melakukan adegan dari Titanic, yang berakhir dengan Bea jatuh ke Pelabuhan Sydney. Ben melompat mengejar Bea, dan mereka mengobrol sambil menunggu penyelamatan di pelampung. Bea mengatakan kepada Ben bahwa dia telah mengundurkan diri dari sekolah hukum. Mereka kembali ke rumah dan berhubungan seks, tapi Bea langsung mengatakan bahwa tindakannya baru-baru ini adalah kesalahan, yang mengecewakan Ben. Ben menyelinap pergi di malam hari, membuat Bea kecewa.

Pagi hari pernikahan, Margaret meminta restu Bea untuk menghidupkan kembali hubungannya dengan Ben. Bea menerima, mengklaim bahwa dia hanya terlibat secara situasional dengan Ben. Melalui percakapan dengan Pete, Ben secara tidak langsung mengungkapkan kepada orang tua Bea bahwa dia diam-diam telah berhenti dari sekolah hukum, meninggalkan perasaan dikhianati bagi Bea.

Setelah mendengar Halle dan Claudia bertengkar, Ben meyakinkan Bea untuk berpura-pura berdamai demi pernikahan. Acara berjalan lancar tapi Bea melihat Margaret mencium Ben saat acara dan pergi sambil menangis, menuju ke Gedung Opera. Namun, Ben menolak Margaret dan mengatakan bahwa dia tidak lagi memiliki perasaan padanya karena dia terjebak dalam kenangan yang salah. Keluarga Claudia meyakinkan Ben untuk mengejar Bea, jadi Ben melompat dari tebing terdekat dan ke Samudera Pasifik, lalu meyakinkan helikopter penyelamat yang membawanya untuk menerbangkannya ke Gedung Opera.

Ben meminta maaf kepada Bea, memberitahunya bahwa dia pergi pada malam itu karena dia takut hubungan mereka akan menjadi penyesalan lagi. Mereka berdamai dan kembali ke resepsi sebagai pasangan. Sementara itu, Jonathan dan Margaret berciuman.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 53% dari 89 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 5,5/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Arah yang apik dan sepasang bintang yang sangat menarik untuk ditonton menjadikan Anyone but You sebagai pengalih perhatian yang cukup menarik meskipun ceritanya kurang gemilang."[5] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 52 dari 100, berdasarkan 26 kritikus, yang menunjukkan ulasan "campuran atau rata-rata".[6] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "B+" pada skala A+ hingga F, sementara PostTrak melaporkan bahwa penonton film memberikan rata-rata empat dari lima bintang, dengan 57% mengatakan mereka pasti akan merekomendasikan film ini.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Anyone But You (15)". British Board of Film Classification. December 11, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 25, 2023. Diakses tanggal December 11, 2023. 
  2. ^ a b "Anyone but You — Financial Information". The Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 6, 2024. Diakses tanggal 3 Maret 2024. 
  3. ^ "Anyone but You (2023)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 24, 2023. Diakses tanggal 3 Maret 2024. 
  4. ^ Shaw, Lucas; Buckley, Thomas. "Sony Lands Surprise Box Office Hit With 'Anyone But You'". Bloomberg. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal January 10, 2024. Diakses tanggal 2024-01-10. 
  5. ^ "Anyone but You (2023)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 13 Februari 2024. 
  6. ^ "Anyone but You Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 13 Februari 2024. 
  7. ^ D'Alessandro, Anthony (December 24, 2023). "Christmas Box Office Slows Down: 'Aquaman 2' $38M-$39M, 'Wonka' $26M, 'Migration' $17M & More – Sunday Update". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2023. Diakses tanggal December 24, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]