Sing (film 2016)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sing
Sing (2016 film) poster.jpg
Poster resmi
SutradaraGarth Jennings
Produser
PenulisGarth Jennings
Pemeran
MusikJoby Talbot
PenyuntingGregory Perler[1]
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 11 September 2016 (2016-09-11) (TIFF)
  • 21 Desember 2016 (2016-12-21) (Amerika Serikat)
Durasi
110 Menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$75 Juta[2]
Pendapatan kotor$634.2 Juta[2]

Sing adalah film komedi musikal juke-box komputer-animasi Amerika 2016 yang diproduksi oleh Illumination Entertainment. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Garth Jennings,[3] disutradarai oleh Christophe Lourdelet dan membintangi suara-suara dari Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, Seth MacFarlane, Scarlett Johansson, John C. Reilly, Taron Egerton, dan Tori Kelly. Film ini adalah tentang sekelompok hewan antropomorfik yang memasuki kompetisi menyanyi, yang diselenggarakan oleh koala yang mencoba menyelamatkan teaternya.

Film ini mencakup lebih dari 60 lagu dari artis terkenal dan juga memiliki lagu asli oleh Stevie Wonder dan Ariana Grande yang dinamai "Faith," yang dinominasikan untuk Golden Globe.[4] Film ini diputar di Toronto International Film Festival pada 11 September 2016, ditayangkan perdana di Microsoft Theater pada 3 Desember 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada 21 Desember 2016 oleh Universal Pictures. Film ini menerima ulasan positif secara umum dan mendapat $ 634 juta di seluruh dunia.

Sekuel yang berjudul Sing 2, dijadwalkan akan dirilis pada 2 Juli 2021.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Dalam dunia hewan antropomorfis, di kota Calatonia, pemilik teater koala Buster Moon mengadakan kompetisi menyanyi untuk mempromosikan teaternya yang berjuang, menyusul masalah keuangan yang dibawa oleh perwakilan bank llama Judith. Sebuah kecelakaan yang melibatkan kaca mata asisten Buster, iguana tua, Miss Crawly, menerapkan dua nol ekstra untuk uang hadiah, dan selebaran yang salah cetak diterbangkan keluar jendela ke jalan.

Hewan dari seluruh kota berkumpul untuk audisi. Yang terpilih meliputi: ibu rumah tangga dan ibu dari 25 anak babi Rosita; punk-rock landak Ash; gorilla Johnny, putra mafia Big Daddy; musisi jalanan tikus Mike; trio kodok bernyanyi dan menari; dan penyanyi opera unta Pete. Gajah remaja Meena gagal audisi karena demam panggung, sementara pacar Ash yang pemarah, Lance dikeluarkan dari kontes. Rosita dipasangkan dengan babi yang bersemangat bernama Gunter untuk rutinitas menari. Buster menemukan selebaran mengiklankan hadiah $ 100.000 - uang yang tidak dia miliki - tetapi tetap optimis. Dia mengatur kunjungan dengan nenek temannya Eddie, mantan penyanyi opera dan aktris panggung Nana Noodleman, yang ragu-ragu untuk mensponsori hadiah uang tetapi setuju untuk menghadiri pratinjau pribadi pertunjukan.

Ditekan oleh kakeknya, Meena mencoba untuk meminta Buster kesempatan lain untuk tampil, tetapi menjadi tangan panggungnya sebagai gantinya. Ketika trio katak berpisah dan berhenti dan Pete terluka, Meena ditambahkan sebagai tindakan (terlepas dari kenyataan bahwa Buster belum mendengarnya bernyanyi). Rosita menggelepar dalam rutinitas tariannya dengan Gunter, terganggu oleh tugas pengasuhannya yang telah berantakan. Setelah menemukan Lance putus dengan dia untuk pacar baru, mengatakan kepadanya bahwa dia tidak pernah ada lagi, dan mengusir mereka dari apartemennya, Ash hancur saat menyanyikan lagu yang ditugaskan kepadanya, "Call Me Maybe." Carly Rae Jepsen. Johnny terpecah di antara latihan dan harus membantu ayahnya sebagai pengemudi saat pelarian dalam pencurian. Berusaha melakukan keduanya, ia gagal mengambil perampok pada waktunya karena kemacetan lalu lintas, dan ayahnya dan gengnya ditangkap. Meena tidak mendapat bantuan dalam mengatasi demam panggungnya, dan Mike, yakin uang hadiahnya sebagus miliknya, membeli mobil mewah untuk mengesankan tikus betina dan menipu sekelompok beruang dalam permainan kartu.

Hari pratinjau, beruang mengganggu pertunjukan, meminta uang dari Mike, yang menunjuk ke Buster. Beruang membuka peti hadiah, tapi tidak ada yang mendekati $ 100.000. Tangki kaca dari cumi-cumi luminescent menerangi panggung memecah dan membanjiri teater, yang runtuh. Judith mengambil kembali tanah miliknya dan Buster, yang tadinya tinggal di mejanya di teater, tinggal bersama Eddie di kolam renang orang tuanya. Para kontestan berusaha menghiburnya, tetapi Buster terlalu sedih untuk mendengarkan. Dia mencoba untuk memulai dengan membuka tempat cuci mobil, menggunakan ember yang sama yang digunakan ayahnya untuk mengumpulkan uang untuk teater Buster.

Ketika Meena pergi ke puing-puing teater dan menyanyikan "Hallelujah" Leonard Cohen, Buster mendengarnya dan terinspirasi untuk mengembalikan pertunjukan tanpa uang hadiah, tampil di panggung seadanya untuk keluarga Rosita dan keluarga Meena. Rosita dan Gunter menampilkan Taylor Swift "Shake It Off", yang akhirnya mendorong suami Rosita, Norman, untuk memperhatikan bakat menyanyinya. Semakin banyak hewan tertarik ke tempat kejadian saat acara disiarkan di berita. Lagu Johnny tentang Elton John "I'm Still Standing" mengesankan ayahnya, yang melarikan diri dari penjara untuk berdamai dengannya. Meskipun terganggu oleh Judith, Ash menyanyikan lagu rock aslinya "Set It All Free," yang ditonton mantan pacarnya di TV dan akhirnya mengakui bakat Ash. Mike kembali ke pertunjukan dan menyanyikan lagu Frank Sinatra "My Way," dan Meena akhirnya mengatasi ketakutannya dan menyanyikan lagu Stevie Wonder "Don't You Worry 'bout a Thing", yang benar-benar meruntuhkan rumah itu.

Acara ini sukses dan mengesankan Nana, yang berada di antara penonton. Dia membeli banyak dan teater dibangun kembali dan dibuka kembali.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2014, diumumkan bahwa Garth Jennings akan menulis dan menyutradarai film komedi animasi untuk Universal Pictures and Illumination Entertainment, tentang "keberanian, kompetisi, dan nada," yang awalnya berjudul Lunch, dan kemudian dijuluki sebagai Sing.[6]

Pada 14 Januari 2015, Matthew McConaughey berperan dalam peran utama suara film. Chris Meledandri dan Janet Healy memproduksi film ini. Pada 17 Juni 2015, dipastikan bahwa karakter McConaughey bernama Buster dan bahwa John C. Reilly akan menyuarakan Eddie, seekor domba dan sahabat terbaik Buster. Pada November 2015, diumumkan bahwa Reese Witherspoon, Seth MacFarlane, Scarlett Johansson, Tori Kelly dan Taron Egerton telah bergabung dengan para pemeran film tersebut.[6]

Film ini menampilkan 65 lagu pop, hak yang harganya 15 persen dari anggaran $ 75 juta film. Animasi ini dibuat seluruhnya di Prancis oleh Illumination Mac Guff.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film yang hampir lengkap diputar sebagai karya yang sedang berjalan mulai 11 September 2016 di Toronto International Film Festival.[12] Universal Studios merilis film pada 21 Desember 2016.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Sing dirilis pada Blu-ray, Blu-ray 3D, Ultra HD Blu-ray dan DVD pada 21 Maret 2017. Ini mencakup tiga film pendek: Gunter Babysits, Love at First Sight, dan Eddie's Life Coach.

  • Di Gunter Babysits, Gunter menawarkan untuk menjaga anak-anak Rosita dan Norman sementara mereka pergi saat dia bekerja untuk membuktikan dirinya sebagai pengasuh yang baik.
  • Dalam Love at First Sight, Johnny membuat Miss Crawly dengan situs kencan online di mana ia berhasil membuat kencan dengan kadal bernama Herman.
  • Dalam Eddie Life Coach, ibu Eddie menjebak Eddie untuk seminar pelatihan digital di mana ia akan ditugaskan ke dachshund bernama Garry "The Winner" Wishman.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Sing mendapat $ 270,3 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 363,8 juta di wilayah lain, dengan total $ 634,1 juta di seluruh dunia, dibandingkan dengan anggaran produksi $ 75 juta.[13] Deadline Hollywood menghitung laba bersih film menjadi $ 194.2 juta, ketika memperhitungkan semua pengeluaran dan pendapatan untuk film, menjadikannya rilis ke-7 paling menguntungkan tahun 2016.[14]

Di Amerika Utara, film ini dibuka bersama Passengers dan Assassin's Creed, dan diperkirakan mendapat sekitar $ 70 juta dari 4.022 bioskop selama enam hari pertama dirilis. Film ini menghasilkan $ 1,7 juta selama preview Selasa malam. Ini menghasilkan $ 35.2 juta di akhir pekan pembukaannya (total enam hari $ 75.5 juta), menempatkan kedua di box office di belakang Rogue One: A Star Wars Story, yang berada di minggu kedua. Ini naik 21% di akhir pekan kedua menjadi $ 42,9 juta, tersisa di urutan kedua, dan meraup $ 20,8 juta di minggu ketiga dan finishing ketiga. Sing memegang rekor sebagai film terlaris tertinggi yang tidak pernah menyelesaikan pertama di box office Amerika Utara, mengalahkan My Big Fat Greek Wedding ($ 241,4 juta pada tahun 2002).

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada ulasan aggregator Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 71% berdasarkan 178 ulasan, dan peringkat rata-rata 6.49 / 10. Konsensus kritis situs itu berbunyi, "Sing memberikan hiburan yang penuh warna, dengan ceria, tanpa tuntutan, dengan pengisi suara yang solid dan alur cerita yang hangat - meskipun akrab - yang sesuai dengan judulnya."[15] Tentang Metacritic, film ini memiliki rata-rata tertimbang. skor 59 dari 100 berdasarkan 37 kritik, yang menunjukkan "tinjauan campuran atau rata-rata."[16] Audiensi yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "A" pada skala A + ke F

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada 25 Januari 2017, Universal dan Illumination mengumumkan rencana untuk sekuel, yang semula dijadwalkan untuk dirilis pada 25 Desember 2020. Namun, pada 12 April 2019, tanggal perilisannya didorong kembali ke 2 Juli 2021.[17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h Felperin, Leslie (September 11, 2016). "'Sing': Film Review". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal September 12, 2016. 
  2. ^ a b "Sing (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal April 3, 2017. 
  3. ^ "'Sing': Film Review | TIFF 2016". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-20. 
  4. ^ "A Complete List of Every Song in Illumination's 'Sing'". Cartoon Brew (dalam bahasa Inggris). 2016-12-28. Diakses tanggal 2019-11-20. 
  5. ^ Kit, Borys (January 14, 2015). "Matthew McConaughey to Star in Illumination Animated Film (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 3, 2015. 
  6. ^ a b c d e f g h Truitt, Brian (November 10, 2015). "Sneak peek: A-list animals 'SING' together". USA Today. Diakses tanggal November 11, 2015. 
  7. ^ Hopewell, John (June 17, 2015). "Annecy: Chris Meledandri on Matthew McConaughey as a Koala Legit Theater Owner, 'The Grinch'". Variety. Diakses tanggal August 3, 2015. 
  8. ^ a b c d Trumbore, Dave (November 11, 2015). "Meet the Animated Animals of Illumination Entertainment's 2016 Musical Comedy, 'Sing'". Collider. Diakses tanggal November 12, 2015. 
  9. ^ Buxton, Adam (April 14, 2016). "EP.16 - Pub Walk With Garth Jennings". soundcloud.com. Diakses tanggal April 17, 2016. 
  10. ^ Yuen, Jenny (September 11, 2016). "TIFF 2016: Matthew McConaughey optimistic about 'Sing'". Toronto Sun. Diakses tanggal September 12, 2016. 
  11. ^ "Sing - Full Cast and Credits". Hollywood.com. Diakses tanggal November 30, 2016. 
  12. ^ Hammond, Pete; Hammond, Pete (2016-08-23). "Universal & Illumination To Launch 'Sing' With Live Jennifer Hudson And Tori Kelly Performances At Toronto". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-20. 
  13. ^ "Sing". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-11-20. 
  14. ^ Jr, Mike Fleming; Jr, Mike Fleming (2017-03-28). "No. 7 'Sing' Box Office Profits – 2016 Most Valuable Movie Blockbuster Tournament". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-20. 
  15. ^ Sing (2016) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-20 
  16. ^ Sing, diakses tanggal 2019-11-20 
  17. ^ "'Sing' Sequel Coming From Illumination and Universal". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]