Deepika Padukone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Deepika Padukone di 2014

Deepika Padukone (diucapkan [d̪iːpɪkaː pəɖʊkoːɳ]; kelahiran 5 Januari 1986) adalah seorang peragawati dan aktris film India. Ia membangun kariernya yang sukses di film-film Bollywood, dan dikutip dalam media sebagai salah satu selebriti India paling atraktif dan populer.

Padukone, putri dari pemain badminton Prakash Padukone, lahir di Copenhagen dan dibesarkan di Bangalore. Sebagai remaja, ia bermain badminton dalam kejuaraan tingkat nasional, namun meninggalkan kariernya dalam olahraga untuk menjadi peragawati mode. Ia kemudian menjadi pemeran film, dan membuat debut aktingnya pada 2006 sebagai karakter tituler pada film Kannada Aishwarya. Padukone kemudian memainkan peran ganda dalam perilisan Bollywood pertamanya — blockbuster 2007 Om Shanti Om — dan memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Debut Perempuan Terbaik.

Padukone mendapatkan pujian karena memerankan peran perempuan utama pada film percintaan 2009 Love Aaj Kal dan film drama 2010 Lafangey Parindey, namun penampilannya dalam film komedi percintaan 2008 Bachna Ae Haseeno dan film komedi 2010 Housefull mendapatkan tanggapan negatif. Ia menyusulnya dengan peran dalam serial film yang tidak sukses secara kommersial yang gagal untuk meninggikan kariernya. Film hit box office 2012 Cocktail menandai titik kenaikan yang signifikan dalam kariernya, membuatnya mendapatkan sambutan dari para kritikus dan mendapatkan nominasi Aktris Terbaik pada beberapa acara penghargaan. Pada 2013, Padukone membangun dirinya sebagai aktris utama pada sinema Hindi dengan memainkan peran utama pada film komedi Yeh Jawaani Hai Deewani dan Chennai Express (keduanya meraih peringkat pada film-film Bollywood dengan keuntungan tertinggi sepanjang masa), dan memenangkan Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik karena penampilannya pada film percintaan tragis Goliyon Ki Raasleela Ram-Leela.

Selain berkarier akting, Padukone berpartisipasi dalam acara panggung, menulis kolum pada sebuah surat kabar India, dan menjadi duta besar selebriti berpengaruh untuk merek-merek dan produk-produk. Kehidupan di luar layarnya menjadi subjek pengabaran tabloid di India.

Karier[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal dan karier modeling[sunting | sunting sumber]

Deepika Padukone lahir pada 5 Januari 1986 di Copenhagen, Denmark, dari orangtua yang berbicara dalam bahasa Konkani.[1][2] Ayahnya, Prakash, adalah mantan pemain badminton dengan reputasi internasional, dan ibunya, Ujjala, merupakan seorang agen perjalanan.[3] Adiknya, Anisha, adalah seorang pemain golf.[4] Kakek pihak ayahnya, Ramesh, adalah sekretaris Ikatan Badminton Mysore selama beberapa tahun.[5] Keluarganya berpindah lokasi ke Bangalore, India, ketika Padukone berusia satu tahun.[6] Ia dididik di Sekolah Tinggi Sophia di Bangalore, dan menyelesaikan pendidikan pra-universitasnya di Kampus Gunung Karmel.[7] Ia kemudian masuk ke Universitas Terbuka Nasional Indira Gandhi untuk gelar Sarjana Seni dalam bidang sosiologi, namun kemudian keluar karena konflik jadwal dengan karier modelingnya.[6][8]

Perjuangan karier (2010-11)[sunting | sunting sumber]

Padukone memiliki lima rilis film 2010. Peran pertamanya adalah dalam film thriller psikologis Vijay Lalwani ini Karthik Calling Karthik, di mana Padukone berperan sebagai pacar mendukung seorang pria tertekan (diperankan oleh Farhan Akhtar) yang berjalan melalui serangkaian perubahan setelah menerima telepon misterius panggilan setiap pagi. Derek Elley Varietas menemukan film yang akan "tipis diplot" tetapi menambahkan bahwa "ingenuousness rumit dari Padukone ... membantu membuat dongeng meyakinkan." komersial, film tampil buruknya paling menguntungkan secara ekonomi memfilmkan tahun yang Sajid Khan ₹ 1,15 miliar (US $ 17 juta) -grossing Film komedi Housefull di mana ia tampil bersama ensemble cast termasuk Akshay Kumar, Ritesh Deshmukh, Lara Dutta, Arjun Rampal, Jiah Khan dan Boman Irani. [30] Raja Sen menggambarkan film sebagai "festival akting buruk" dan dikaitkan kinerja yang buruk Padukone untuk dia "ekspresi plasticky."

Drama Pradeep Sarkar ini Lafangey Parindey (2010) melihat bintang Padukone berlawanan Neil Nitin Mukesh dalam peran Pinky Palkar, seorang gadis buta bertekad untuk memenangkan kompetisi skating. Dalam persiapan untuk perannya, dia mengamati interaksi orang buta dan berlatih adegan saat mata tertutup. [50] Menulis untuk The Hindu, Sudhish Kamath sangat terkesan dengan Padukone dan menulis bahwa ia "latihan yang cukup menahan diri" dalam memainkan perannya. Belakangan tahun itu, Hindustan Times menerbitkan bahwa film membantu mengubah persepsi orang tentang Padukone, dengan fokus diarahkan pada kecakapan aktingnya daripada penampilannya. perannya berikutnya adalah berlawanan Imran Khan dalam film komedi romantis Denmark Aslam-diarahkan istirahat Ke baad. CNN-IBN Rajeev Masand menemukan film menjadi "cukup menarik" dan mencatat bahwa itu adalah "ditonton sebagian besar untuk kinerja wanita terkemuka. Kedua Lafangey Parindey dan Break Ke Baad underperformed di box office.

Rilis final Padukone untuk 2010 adalah Ashutosh Gowariker ini film periode Khelein Hum Jee Jaan Sey berlawanan Abhishek Bachchan. Berdasarkan buku Lakukan dan Die oleh Manini Chatterjee, film ini menceritakan kembali dari tahun 1930 Chittagong gudang senjata serangan. Bachchan tampil sebagai pemimpin revolusi Surya Sen dan Padukone memainkan Kalpana Dutta, kepercayaan nya. Padukone mengatakan bahwa dia tidak penelitian untuk peran karena ada "hampir tidak ... setiap titik referensi untuk apa Kalpana tampak seperti selain beberapa foto," dan mengandalkan sepenuhnya pada arah Gowarikar ini. sebuah tinjauan yang diterbitkan dalam The Telegraph adalah menghargai Padukone ini penggambaran, dan film ini mendapat sambutan kritis umumnya positif. [57] [58] Meskipun demikian, itu terbukti kekecewaan komersial utama.

Padukone mulai 2011 dengan jumlah item dalam Rohan Sippy ini Dum Dum Maaro. Lagu ini adalah versi remix dari lagu ikonik "Dum Maro Dum," dari 1971 film yang Hare Rama Hare Krishna, yang menampilkan Zeenat Aman Padukone disebut sebagai. "lagu paling liar aktris setiap telah dilakukan;" lagu "lirik sugestif" dan "bergerak cabul" kontroversi termasuk kasus pengadilan untuk ketidaksenonohan. Film berikutnya adalah sosio-politik drama Prakash Jha ini Aarakshan, co-dibintangi Amitabh Bachchan, Saif Ali Khan, Manoj Bajpayee dan Prateik Babbar, yang berurusan dengan masalah politik pemesanan berbasis kasta di India. wartawan perdagangan memiliki harapan yang tinggi untuk film yang akhirnya menjatuhkan diri di box office. Reaksi kritis sebagian besar negatif, meskipun Pratim D. Gupta disebutkan Padukone sebagai yang paling "hal menyegarkan tentang film". penampilan terakhirnya tahun itu di Rohit Dhawan komedi-drama Desi Boyz bersama Akshay Kumar, John Abraham dan Chitrangada Singh, peran yang gagal untuk mendorong kariernya ke depan. Seri film buruk ini diterima menyebabkan kritikus untuk melihat bahwa Padukone memiliki kehilangan kilap nya.

Pada tahun 2014, Padukone ditampilkan berlawanan Rajinikanth di Tamil Film Kochadaiiyaan, sebuah drama yang ditembak menggunakan teknologi motion capture. Dalam satir banyak dipuji Homi Adajania ini Menemukan Fanny, Padukone memainkan janda muda yang mengambil jalan perjalanan dengan teman-teman disfungsional nya (diperankan oleh Arjun Kapoor, Naseeruddin Shah, Dimple Kapadia dan Pankaj Kapur) mencari seorang wanita bernama Fanny Film ini diputar di Busan International Film Festival ke-19; kritikus Anuj Kumar dari The Hindu menulis bahwa Padukone berhasil "mengambil dari fineries dari Bollywood dan Anda dapat merasakan kebebasan dari bagasi di penampilannya". Pembaharuan Farah Khan untuk Happy New Year melihat Padukone bekerja dengan Shah Rukh Khan untuk ketiga kalinya. Dia memainkan bar penari yang melatih kelompok kurang berprestasi untuk kompetisi dansa. Sanjukta Sharma dari Mint ditemukan perannya untuk menjadi minimal pentingnya yang mengharuskan dia hanya menjadi "hal yang cukup untuk ditertawakan dan dikasihani". Film ini meraih lebih dari ₹ 3,4 miliar (US $ 50 juta), muncul sebuah keuangan besar sukses.

Berikut sebuah penampilan di video online di feminisme, berjudul Pilihan Saya, di bawah arahan Homi Adajania, [109] Padukone mengambil peran seorang arsitek Bengali yang peduli untuk ayah murung nya (diperankan oleh Amitabh Bachchan) di comedy- Shoojit Sircar ini drama Piku (2015). Ulasan untuk film itu positif; Tanmaya Nanda Standar Bisnis memuji nada feminis film, dan menulis bahwa Padukone membuktikan "apa yang dia mampu bila diberikan sesuatu yang lebih untuk dilakukan daripada tampil cantik dan menjadi gadis gila-dansa di pesta" NDTV ini Saibal Chatterjee berpendapat bahwa ia" memegang Piku bersama-sama dengan bintang giliran terkendali " dengan gross di seluruh dunia lebih dari ₹ 1,40 miliar (US $ 21 juta), film muncul sebagai hit box office, dan dan publikasi Padukone nya kedua penghargaan Aktris Terbaik di Filmfare dan Screen. Belakangan tahun itu, Padukone memainkan pebisnis yang mengembangkan daya tarik terhadap karakter Ranbir Kapoor di Imtiaz Ali Tamasha. Meskipun hasil keuangan yang buruk, Sukanya Verma dari Rediff.com bernama kinerja Padukone sebagai yang terbaik oleh seorang aktris tahun itu, menulis bahwa ia "sangat ampuh dalam Tamasha, hampir seperti jika Anda dapat mendengar detak jantungnya di layar."

Dalam rilis final Padukone untuk tahun 2015, ia bertemu kembali dengan Sanjay Leela Bhansali dan Ranveer Singh untuk periode asmara Bajirao Mastani. Singh berperan sebagai Maratha umum Bajirao saya, sementara Priyanka Chopra dan Padukone memainkan istri pertama dan kedua, masing-masing. Untuk perannya sebagai prajurit-putri Mastani, Padukone belajar pedang-pertempuran, kuda-kuda dan Kalaripayattu. Analis Perdagangan skeptis atas kelayakan keuangan Bajirao Mastani ini karena bentrokan box office dengan Dilwale, film yang besar-anggaran lain. Namun, dengan pendapatan lebih dari ₹ 3,3 miliar (US $ 49 juta) Bajirao Mastani terbukti menjadi paling sukses film Bollywood keempat tahun ini. [119] Anupama Chopra ditemukan Padukone "memukau" dalam film, dan Subhash K. Jha menulis bahwa "dia sebagai patung sebagai Madhubala, menunggang kuda dan takdir dengan rahmat dan martabat yang sama", tetapi mencatat bahwa dia "terlalu halus dan sutera, dan tidak cukup baja sebagai penghasut prajurit-putri". Pada 61 Filmfare Awards, Padukone menerima nominasi Aktris Terbaik kedua untuk film, sementara Bajirao Mastani memenangkan sembilan penghargaan, termasuk Film Terbaik.

Pada Februari 2016, Padukone adalah syuting untuk film Hollywood-the xXx film aksi pertamanya: The Return of Xander Cage-di mana ia memainkan Serena, seorang pemburu wanita yang adalah mantan kekasih dari Xander Cage (diperankan oleh Vin Diesel)

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Padukone berbagi ikatan dekat dengan keluarganya, dan mengunjungi secara teratur di kota kelahirannya Bangalore. Dia tinggal sendirian di Prabhadevi, sebuah lingkungan di Mumbai, dan mengaku hilang kehadiran keluarganya di sana. Dia mengatakan, "saya merindukan mereka, tetapi untungnya aku punya kehidupan saya sendiri, yang membuat saya dari mendapatkan rindu. saya tidak ingin mereka untuk mencabut nyawa mereka dari Bengaluru hanya untuk bersamaku." Sebuah berlatih Hindu, Padukone menganggap agama menjadi aspek penting dalam hidupnya dan membuat sering berkunjung ke candi dan kuil agama lainnya. Ia juga telah terang-terangan pada isu-isu seperti feminisme dan mengatakan, "feminisme New bukan tentang menjadi agresif , ini tentang mencapai puncak belum menjadi lembut Ini tentang menjadi Anda - feminin, kuat dan penuh kemauan" dalam sebuah wawancara tahun 2015, Padukone berbicara tentang pengalaman pribadinya mengatasi depresi, dan pada bulan Oktober tahun ia meluncurkan.. landasan untuk menciptakan kesadaran tentang kesehatan mental di India, bernama "Tinggal Cinta Tertawa".

Sementara film Bachna Ae Haseeno pada tahun 2008, Padukone mulai hubungan romantis dengan lawan mainnya Ranbir Kapoor. Dia berbicara secara terbuka tentang hubungan dan memakai tato inisial namanya di tengkuknya. Dia telah mengatakan bahwa hubungan memiliki efek mendalam pada dirinya, mengubah dirinya menjadi orang yang lebih percaya diri dan sosial. Media India berspekulasi tentang keterlibatan, dan melaporkan bahwa ini telah terjadi pada bulan November 2008, meskipun Padukone telah menyatakan bahwa ia tidak memiliki rencana untuk . menikah dalam lima tahun ke depan pasangan itu putus setahun kemudian ia mengaku dalam sebuah wawancara untuk merasa "marah" dan "mengkhianati" untuk waktu yang lama, tetapi bersikeras bahwa mereka tetap baik-baik dalam sebuah wawancara 2010, Padukone membuat komentar bahwa media berspekulasi adalah referensi untuk dirinya break-up dengan Kapoor

“Pertama kali dia curang pada saya, saya pikir ada sesuatu yang salah dengan saya atau hubungan, tetapi ketika seseorang membuat kebiasaan itu, Anda tahu masalahnya terletak dengan dia. Namun aku cukup bodoh untuk memberinya kesempatan kedua karena ia memohon dan memohon, meskipun fakta bahwa semua orang di sekitar saya mengatakan ia masih menyimpang. Saya kira saya benar-benar ingin percaya padanya. Lalu aku benar-benar menangkap dia basah. Butuh waktu beberapa saat untuk keluar. Tapi setelah melakukan itu, tidak ada yang bisa membuat saya kembali. Kapal yang telah berlayar.”

Kapoor awalnya membantah tuduhan, tetapi menurut The Times of India, ia kemudian mengakui perselingkuhan tersebut. Pada tahun 2013, setelah produksi Yeh Jawaani Hai Deewani, Padukone mengatakan Filmfare bahwa dia sekarang "saham tingkat kenyamanan besar" dengan dia.

Pada tahun 2011, satu set gambar yang menunjukkan Padukone mencium manajer kriket Siddharth Mallya pada pertandingan Premier League India dibuat tersedia di web. Hal ini menimbulkan spekulasi luas di media tentang sifat hubungan mereka, yang Padukone menolak untuk berbicara tentang publik. Tahun berikutnya ada laporan tentang break-up, yang katanya: ". Hanya karena kita tidak terlihat bersama, itu tidak berarti bahwa kita tidak berteman lagi" [141] Dia sejak laporan membantah link lainnya -UPS, menyatakan bahwa dia "tidak dalam kerangka pikiran untuk berada dalam suatu hubungan."

Selain akting, Padukone telah menulis kolom opini dan telah terlibat dengan kesehatan dan kebugaran majalah wanita. Dia juga telah mendukung organisasi amal, dan telah dilakukan selama pertunjukan panggung. Pada tahun 2009, ia dipekerjakan oleh Hindustan Times menulis kolom mingguan untuk bagian gaya hidup mereka; melalui kolom ini dia berinteraksi dengan para penggemarnya dan lulus rincian kehidupan pribadi dan profesionalnya. Tahun itu, ia berpartisipasi dalam maraton Dunia 10K Bangalore, yang mengangkat ₹ 13,1 juta (US $ 190.000) untuk mendukung 81 LSM . Pada tahun 2010, Padukone mengadopsi desa Maharashtrian dari Ambegaon sebagai bagian dari Greenathon Kampanye NDTV, untuk menyediakan desa dengan teratur pasokan listrik. Ia mengunjungi jawans India (tentara) di Jammu, untuk Hari kemerdekaan episode khusus NDTV reality show Jai Jawaan. Padukone juga mengambil bagian dalam upacara pembukaan musim ketiga dari Indian Premier League di Stadion DY Patil di Navi Mumbai. Tiga tahun kemudian, ia tampil bersama Shahrukh Khan, Katrina Kaif, dan Pitbull untuk edisi keenam dari Indian Premier League. Pada tahun 2014, ia berpartisipasi dalam tur konser di Amerika Utara, yang berjudul "SLAM! The Tour", di mana ia tampil bersama rekan bintang dari Happy New Year. Padukone juga telah terlibat dengan tim Olimpiade Emas Quest, yang didirikan oleh ayahnya dan Geet Sethi untuk mendukung atlet India di Olimpiade, bersama dengan tokoh olahraga seperti Leander Paes dan Viswanathan Anand dan beberapa aktor lainnya. Pada tahun 2013, ia meluncurkan garis sendiri pakaian untuk wanita, berkaitan dengan rantai ritel Van Heusen.

Di media[sunting | sunting sumber]

Padukone di sebuah acara untuk Van Heusen 2014 Wartawan Vir Sanghvi, pada tahun 2013, dijelaskan Padukone sebagai "kuat, seseorang yang membuat keputusan sendiri, dan memiliki motivasi dalam dirinya." Dia sangat dikenal di media sebagai seorang profesional, pemain disiplin, yang " kerja diutamakan atas segala sesuatu yang lain. " Pengulas untuk Rediff.com menggambarkan kepribadiannya sebagai" sederhana, "" membumi ", dan" diakses, "dan menulis," Dia mengambil kritik dalam langkahnya, mengakui keterbatasan dan perjuang nya untuk bekerja keras pada mendapatkan yang lebih baik. Dia menangani pujian dengan ketenangan yang sama. " Ayan Mukerji (direktur Yeh Jawaani Hai Deewani) menganggap dia menjadi" seorang wanita yang akan menggoda Anda, tetapi Anda akan senang untuk membawanya pulang ke memenuhi ibumu juga. " Padukone telah mempertahankan akun Twitter sejak 2010, dan meluncurkan halaman Facebook resmi pada tahun 2013. Dia adalah aktris India yang paling diikuti di Twitter dan aktor India yang paling disukai di Facebook.

Salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di Bollywood, Padukone dianggap sebagai salah satu selebriti yang paling populer dan tinggi-profil di India. Menganalisis kariernya, Reuters diterbitkan bahwa setelah membuat debut sukses dengan Om Shanti Om , ia tampil dalam serangkaian film yang kritikus diberi label sebagai "kayu" dan "mengejek aksen nya." The Indian Express menambahkan, "Tidak terlalu lama setelah script bijaksana beberapa panggilan dan pukulan publik atas dirinya hubungan profil tinggi dengan Ranbir Kapoor, Deepika ditulis off. Kredit padanya banyak dipuji profesionalisme, dedikasi, disiplin dan ketekunan bahwa ia bangkit kembali. " Menyusul keberhasilan besar dari Cocktail, Yeh Jawaani Hai Deewani, dan Chennai Express, beberapa publikasi media mulai mengkredit sebagai aktris kontemporer paling sukses di India. Dari 2012-15, dia telah tampil di edisi India dari Forbes ' "Celebrity 100," daftar berdasarkan laba dan popularitas selebriti India. Dia peringkat di antara top 25 setiap tahun, memuncak pada posisi kedelapan pada tahun 2014 dengan pendapatan tahunan diperkirakan ₹ 672 juta (US $ 9.900.000). Padukone dianggap sebagai simbol seks dan ikon gaya India - media mengutip sosoknya, tinggi 1,74 m (5 ft 8 1/2 in), senyum, dan mata seperti ciri-ciri fisik khas nya aktris peringkat tinggi di berbagai daftar selebriti India yang paling menarik pada tahun 2008, ia menduduki "Hot 100" daftar India Maxim, dan pada tahun 2012, dia bernama "Paling Cantik Wanita India" oleh edisi India majalah People. Padukone menduduki peringkat pertama di The Times of India daftar dari "Kebanyakan Wanita Diinginkan" pada tahun 2012 dan 2013, setelah peringkat ketiga dan keempat, masing-masing, selama dua tahun sebelumnya. pada tahun 2010 dan 2014, dia dinobatkan sebagai "Dunia Wanita Terseksi" oleh edisi India FHM. Dia memiliki tambahan ditampilkan dalam majalah UK daftar "dunia Sexiest Asian Women" Timur Eye 2009-2013, peringkat di antara sepuluh setiap tahun. pada tahun 2013, Filmfare dinyatakan sebagai pemenang dari "Paling Fashionable Star" jajak pendapat, dan dikreditkan sebagai salah satu dari "beberapa aktris yang eksperimen dengan warna, luka dan siluet." dalam buku kebugaran The Four-minggu Countdown Diet, aktris dikutip oleh Namita Jain sebagai "model peran utama untuk gaya hidup sehat, fit dan aktif."

Filmografi[sunting | sunting sumber]

xXx- Return of Xander Cage (2017)

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Biography: Deepika Padukone". Hindustan Times. 23 Juli 2012. Diakses tanggal 6 Agustus 2013. 
  2. ^ Baksi, Dibyojyoti (13 Juni 2013). "Shah Rukh Khan made Deepika Padukone learn Tamil". Hindustan Times. Diakses tanggal 18 August 2013. 
  3. ^ "She's the model of success". The Star. 4 Agustus 2008. Diakses tanggal 29 Agustus 2013.  – via Highbeam (perlu berlangganan)
  4. ^ Kaura, Neha (11 Juni 2012). "Deepika's link-ups don't bother us, says sister". The Times of India. Diakses tanggal 2 Juli 2013. 
  5. ^ Taneja, Anil (2009). World of Sports Indoor. Gyan Publishing House. hlm. 15. ISBN 978-81-7835-765-2. 
  6. ^ a b Gupta, Priya (13 Oktober 2012). "Ranbir and I are still friends: Deepika Padukone". The Times of India. Diakses tanggal 29 Agustus 2013. 
  7. ^ "Just How educated are our Bollywood heroines?: Deepika Padukone". Rediff.com. Diakses tanggal 6 Agustus 2013. 
  8. ^ "Deepika Padukone has not put studies on back-burner". The Times of India. 30 Desember 2007. Diakses tanggal 6 Agustus 2013. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]