The Indian Express

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Indian Express
Indian-Expree.jpg
Halaman depan terbitan 4 Agustus 2009
TipeSurat kabar harian
FormatLembar lebar (format)
PemilikIndian Express Group
PenerbitIndian Express Group
Pemimpin redaksiRaj Kamal Jha[1]
Didirikan1931
Pandangan politikSentris
BahasaInggris
Pusat9-10, Bhadur Shah Zafar Marg, Express Building, ITO New Delhi -110002
Nomor OCLC70274541
Situs webwww.indianexpress.com

The Indian Express adalah sebuah surat kabar harian India berbahasa Inggris. Surat kabar tersebut diterbitkan di Mumbai oleh Indian Express Group. Pada 1999, delapan tahun setelah kematian pendiri grup tersebut Ramnath Goenka pada 1991, grup tersebut dibagi antara para anggota keluarga. Edisi selatan-nya mengambil nama The New Indian Express, sementara edisi utaranya, yang berbasis di Mumbai, masih menggunakan nama aslinya Indian Express, dengan penambahan kata sambung "The" pada bagian judulnya.

The Indian Express diterbitkan di sembilan tempat—Delhi, Mumbai, Nagpur, Pune, Kolkata, Vadodara, Chandigarh, Lucknow dan Ahmedabad.

Sejarah Indian Express Group[sunting | sunting sumber]

Pada 1931, Indian Express dimulai oleh seorang dokter Ayurwedik, P. Varadarajulu Naidu, di Chennai (kemudian dikenal sebagai Madras), yang diterbitkan oleh pers "Tamil Nadu"-nya. Setelah mengalami kesulitan keuangan, ia menjual surat kabar tersebut kepada Swaminathan Sadanand, seorang pendiri The Free Press Journal, sebuah agensi berita nasional.

Pada 1933 The Indian Express membuka kantor keduanya di Madurai, meluncurkan edisi Tamil-nya, Dinamani. Sadanand mengenalkan beberapa inovasi dan menurunkan harga surat kabar tersebut. Dihadapkan dengan kesulitan keuangan, ia menjual sebagian usahanya kepada Ramanath Goenka. Pada 1935, ketika The Free Press Journal pada akhirnya bubar, dan setelah berseteru dengan Goenka, Sadanand kehilangan hak kepemilikan dari Indian Express.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]