Chennai Express

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chennai Express
Poster rilis
SutradaraRohit Shetty
ProduserRonnie Screwvala
Siddharth Roy Kapur
Gauri Khan
Karim Morani
SkenarioYunus Sajawal
Farhad-Sajid (dialog)
CeritaK. Subash
PemeranDeepika Padukone[1]
Shah Rukh Khan
Penata musikSoundtrack Asli:
Vishal–Shekhar
Skor Latar Belakang:
Amar Mohile
Komposer Tamu:
Yo Yo Honey Singh
SinematograferDudley
PenyuntingSteven H. Bernard
Perusahaan
produksi
DistributorUTV Motion Pictures[2]
Tanggal rilis
  • 08 Agustus 2013 (2013-08-08) (Pasar luar negeri)[3][4]
  • 09 Agustus 2013 (2013-08-09) (India)[5]
Durasi141 menit[3]
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran70 crores[6][7]
Pendapatan
kotor
per. 423 crores[8]

Chennai Express adalah sebuah film komedi aksi India tahun 2013[9][3] disutradarai oleh Rohit Shetty dan diproduksi oleh UTV Motion Pictures dan Red Chillies Entertainment. Film ini dibintangi oleh Deepika Padukone dan Shah Rukh Khan dengan Nikitin Dheer, Sathyaraj, Kamini Kaushal dan Lekh Tandon dalam peran pendukung. Film ini berkisah tentang Rahul Mithaiwala, seorang pria kaya yang secara tidak sengaja menaiki kereta eponymous dan melakukan perjalanan dari Mumbai ke Rameswaram bersama putri seorang don berpengaruh.

Kolaborasi pertama yang direncanakan antara Khan dan Shetty adalah pembuatan ulang Angoor (1982). Naskah dari Chennai Express, yang awalnya ditulis sebagai proyek cadangan untuk Khan, dipilih sebagai gantinya. Dianggap sebagai "romantis komersial", film ini diberi judul aslinya Ready Steady Po. Syuting dimulai di Mehboob Studio pada bulan Oktober 2012 dan selesai pada bulan Mei 2013. Sebagian besar film ini berlatar di Ooty, yang lokasi syutingnya dibuat di Wai dan juga di Ramoji Film City. Soundtrack untuk Chennai Express disusun oleh Vishal–Shekhar, dengan musik latar disusun oleh Amar Mohile. UTV Motion Pictures bergabung sebagai produser dan distributor, menandai proyek aktif pertamanya dengan Khan setelahnya Swades (2004).

Chennai Express dirilis secara teatrikal di pasar luar negeri pada 8 Agustus 2013 dan sehari kemudian di India. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus dan memecahkan beberapa rekor box office di India dan luar negeri, menjadi film tercepat yang mengumpulkan ₹1 miliar (US$17,07 juta) bersih di dalam negeri. Film ini melampaui 3 Idiots (2009) menjadi film Bollywood terlaris di seluruh dunia pada saat itu. Ini adalah film India terlaris ke-30 sepanjang masa.

Pada Penghargaan Filmfare ke-59, Chennai Express menerima 7 nominasi, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Shetty), Aktor Terbaik (Khan) dan Aktris Terbaik (Padukone).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Rahul Mithaiwala adalah seorang bujangan kaya berusia 40 tahun yang tinggal di Mumbai, yang ayah dan ibunya meninggal ketika dia masih kecil. Setelah orang tuanya meninggal, ia dibesarkan oleh kakek dan nenek dari pihak ayah sejak usia delapan tahun. Kakek Rahul Y. Y. Mithaiwala adalah seorang pengusaha pemilik jaringan toko gula-gula. Sebelum perayaan ulang tahun Y. Y. yang ke-100, teman Rahul, Bobby dan Baman, mengundangnya berlibur di Goa, dan dia menerimanya. Sementara itu, Y. Y. meninggal pada malam perayaan, tepat ketika dia menyaksikan Sachin Tendulkar di TV dalam pertandingan Kriket dismissal pada putarannya yang ke-99. Setelah pemakaman Y. Y., nenek Rahul, Neetu, memberi tahu Rahul bahwa Y. Y. ingin abunya dibagi menjadi dua bagian satu bagian untuk dibenamkan di sungai Gangga, dan yang lainnya di Rameswaram. Dia meminta Rahul untuk membawa abunya ke Rameswaram dan membubarkannya. Dengan enggan, dia menerima permintaannya tetapi juga ingin menghadiri perjalanan ke Goa.

Rahul, Bobby, dan Baman berencana membuang abunya di Goa namun Neetu ingin mengantarnya pergi, sehingga memaksa Rahul melakukan perjalanan dengan kereta api. Dia memesan satu tiket di Chennai Express, berencana untuk bertemu Bobby dan Baman di sepanjang jalan, di Stasiun Kalyan Junction. Namun, Rahul lupa mengambil abunya saat turun, dan dia hampir ketinggalan kereta saat kembali untuk mengambilnya. Saat Rahul mencoba meninggalkan kereta, dia melihat seorang wanita muda berlari untuk menaikinya. Dia membantu dia dan empat pria menaiki kereta yang bergerak, tetapi kereta meninggalkan stasiun sebelum dia bisa turun.

Rahul mencoba menggoda wanita tersebut, yang mulai berkomunikasi dengan menyanyikan parodi dari Lagu film Hindi, dan menjelaskan bahwa keempat pria tersebut mencoba menculiknya. Rahul meminjamkan ponselnya agar dia bisa menghubungi teman-temannya, tapi pria yang bersamanya mengambilnya dan membuangnya dari kereta. Rahul kesal tapi diam saja karena orang-orang itu membawa senjata. Rahul memberi tahu Pemeriksa Tiket Perjalanan tentang mereka, tapi mereka mendorong inspektur itu ke sungai di bawah jembatan. Karena panik, Rahul mengetahui bahwa keempat pria itu adalah sepupunya dan namanya adalah Meenalochni "Meenamma" Azhagusundaram. Dia melarikan diri dari pernikahan paksa ke seorang don bernama Tangaballi. Ayah Meenamma, Durgeshwara "Durgesh" Azhagusundaram, adalah gembong mafia dan tuan tanah yang kuat di Tamil Nadu.

Meenamma membawa Rahul ke Durgesh dan memperkenalkan Rahul sebagai kekasihnya. Tangaballi menantang Rahul untuk berduel yang tanpa disadari Rahul menerimanya, karena kurangnya pengetahuannya dalam Tamil. Pada malam duel, Rahul melarikan diri dengan bantuan polisi setempat, Shamsher, namun dia berakhir di perahu bersama penyelundup Sri Lanka. Baku tembak pun terjadi antara kepolisian dan para penyelundup. Ketika petugas polisi menyelidiki dan menahan Rahul, dia menceritakan kisahnya dan berakhir kembali di Komban.

Ketakutan dan sekali lagi dikelilingi oleh kaki tangan Durgesh yang memegang sabit, Rahul berpura-pura menyandera Meenamma dan melarikan diri bersamanya di mobil Durgesh, melawan anak buah Durgesh. Saat mobil mogok, Rahul dan Meenamma bertengkar dan berpisah. Rahul, tidak tahu ke mana harus pergi, kembali ke Meenamma, yang membawanya ke desa Vidhamba. Meenamma memberi tahu penduduk desa bahwa mereka adalah pasangan suami istri yang membutuhkan perlindungan dan istirahat, yang disetujui oleh penduduk desa.

Meenamma kemudian menyadari bahwa dia telah jatuh cinta pada Rahul. Ketika Rahul berencana untuk menyelinap pergi, bantahnya, tidak ingin menimbulkan ketidakpercayaan penduduk desa. Tangaballi menangkap Rahul saat dia mencoba pergi, namun penduduk desa membantu mereka melarikan diri lagi. Meenamma membujuk Rahul untuk membubarkan abu Y. Y. dan pergi bersamanya ke Rameswaram, tempat mereka menyelesaikan ritualnya. Dalam perjalanan pulang, Rahul menyadari bahwa dia telah jatuh cinta pada Meenamma, dan tidak memberitahunya kemana tujuan mereka. Dia membawa Meenamma kembali ke Durgesh dan mencoba membuatnya memahami dan menghormati keinginan Meenamma. Dia juga memberitahu Meenamma bahwa dia mencintainya.

Rahul memberi tahu Tangaballi dan anak buahnya bahwa dia siap bertarung kali ini. Dalam pertarungan berikutnya, Rahul terluka parah namun muncul sebagai pemenang. Durgesh dan Tangaballi melakukan reformasi, menerima bahwa cinta orang biasa seperti Rahul lebih besar daripada kemampuan fisik dan pengaruh politik mereka. Durgesh mengizinkan Rahul menikahi Meena. Rahul kemudian meninggalkan pesan bahwa cinta tidak mengenal batasan daerah atau bahasa dan bahwa dengan hati yang kuat, tidak ada batasan untuk apa yang dapat dicapai oleh orang biasa.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Subhash K. Jha (22 November 2015). "Kajol takes hubby's name for the first time". Deccan Chronicle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 November 2015. Even in Chennai Express and Happy New Year, Deepika Padukone’s name appeared before SRK’s. 
  2. ^ Shalvi Mangaokar (28 September 2012). "Chennai Express Finally Chugs Off". Hindustan Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2012. Diakses tanggal 28 September 2012. 
  3. ^ a b c "Chennai Express (12A)". British Board of Film Classification. 31 July 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 September 2013. Diakses tanggal 1 August 2013. 
  4. ^ "Chennai Express (2013) International Box Office Results – Box Office Mojo". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 August 2013. Diakses tanggal 11 September 2013. 
  5. ^ "'Chennai Express' Release Date Delayed: Shah Rukh-Deepika Starrer Pushed to 9 August". International Business Times. 19 July 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2016. Diakses tanggal 26 January 2015. 
  6. ^ "Chennai Express worldwide box office collections top Rs 314 crore". Business Today. 19 August 2013. Diakses tanggal 26 September 2022. The movie was made on a budget of Rs 70 crore. 
  7. ^ "Chennai Express mints ₹ 33.12 crore on opening day". NDTV. Diakses tanggal 26 September 2022. 
  8. ^ Cain, Rob (20 March 2016). "Shah Rukh Khan's 'Fan' Aims To Continue Movie Megastar's Global Hit Streak". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 November 2017. 
  9. ^ "Chennai Express (2013) – Rohit Shetty". AllMovie. 
  10. ^ "'Chennai Express' has made me a better actor: Nikitin Dheer". The Times of India. 12 September 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 September 2017. Diakses tanggal 28 December 2013. 
  11. ^ "Introducing The Characters of Chennai Express". Koimoi. 2 July 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 July 2013. Diakses tanggal 2 July 2013. 
  12. ^ Saibal Chatterjee (8 August 2013). "Chennai Express movie review". NDTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2013. Diakses tanggal 28 December 2013. 
  13. ^ "Bollywood Hungama Chennai Express(2013)". Bollywood Hungama. 1 January 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 July 2013. Diakses tanggal 25 July 2013. 
  14. ^ Ramchander (16 December 2013). "Priyamani eyes for Salman and Shahrukh Khan movies". One India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 December 2013. Diakses tanggal 28 December 2013. 
  15. ^ IB Times Staff Reporter (24 March 2013). "'Chennai Express': Priyamani's Item Song with Shahrukh Khan to be Shot Again!". International Business Times. 
  16. ^ "Shah Rukh Khan's latkas jhatkas in Chennai Express item number – Indian Express". archive.indianexpress.com. 
  17. ^ Ramachandran, Mythily (1 August 2013). "Southern Spice: The Southern girl in SRK's "Chennai"".