Anushka Sharma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Anushka Sharma
Anushka Sharma 2015.jpg
Sharma pada acara promosi NH10, 2015
Pekerjaan Model, aktris
Tahun aktif 2008 – sekarang

Anushka Sharma (bahasa Hindi: अनुष्का शर्मा, bahasa Kannada: ಅನುಷ್ಕಾ ಶರ್ಮ lahir 1 Mei 1988. merupakan seorang aktris Bollywood yang memulai debut kariernya dalam Film besutan sutradara Aditya Chopra yang berjudul Rab Ne Bana Di Jodi[1].

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Anushka terlahir dari keluarga Bangalore, ayahnya seorang perwira tentara, dan ibunya seorang ibu rumah tangga. [2] [3]. Dia bersekolah di sekolah tentara dan menyelesaikan studinya dalam bidang seni di Mount Caramel College.

Debut film dan terobosan (2008-10)[sunting | sunting sumber]

Debut akting Sharma adalah di Rab Aditya Chopra Ne Bana Di Jodi (2008), berlawanan Shahrukh Khan. Dia mengambil satu hari untuk mempersiapkan uji layar nya di studio Yash Raj Films dan menolak untuk melakukan satu dadakan. Dia mendarat peran utama Tani Sahni, seorang pengantin muda untuk seorang pria paruh baya, digambarkan oleh Khan. Memberikan film rating tiga dan setengah bintang, Khalid Mohamed memanggilnya "terjamin dan tegak", sementara Nikhat Kazmi menulis tentang kinerja Sharma bahwa ia "tidak memiliki semua chutzpah dan nyaris tidak bisa menahan perhatian Anda". Film mendapat review positif dan sukses komersial besar, muncul sebagai film Hindi kedua terlaris tahun itu. Hal meraih gelar nominasi Filmfare Awards untuk Aktris Terbaik dan Debut Best Female.

Dua tahun kemudian, Sharma memainkan wanita terkemuka dalam kejahatan-komedi Badmaash Company, disutradarai oleh Parmeet Sethi dan co-dibintangi Shahid Kapoor, Vir Das dan Meiyang Chang. Film, berurusan dengan empat teman-teman yang berusaha untuk menjadi besar dalam hidup melalui cara-cara curang, bertemu dengan tinjauan yang beragam. Kemudian pada tahun 2010, Sharma menyelesaikan kontrak tiga-filmnya dengan Yash Raj Films dengan membintangi Band Baaja Baaraat, sebuah komedi romantis yang disutradarai oleh Maneesh Sharma dan dibintangi debutan Ranveer Singh. Perannya adalah bahwa dari Shruti Kakkar, sebuah kelas menengah gadis Punjabi ambisius yang dimulai sendiri bisnis perencanaan pernikahan. Dalam persiapan untuk bagian tersebut, Sharma belajar untuk berbicara dalam dialek Punjabi, yang ia disebut sebagai bagian terberat dari perannya; ia menggambarkan cara karakter utama dalam film berinteraksi sebagai "kasar tetapi lucu" yang mengharuskan dia untuk "berbicara cepat, kadang-kadang mencampur kata-kata dan bahkan menghilangkan kata-kata benar-benar".

analis perdagangan menyatakan keraguan atas prospek keuangan Band Baaja Baaraat, mengutip respon lumayan untuk beberapa produksi terakhir Yash Raj Films ', kurangnya bintang laki-laki, dan mengatakan bahwa saat itu Sharma adalah "hampir terlupakan" aktris. Namun , Band Baaja Baaraat mendapatkan ulasan positif dan muncul tidur hit. Film ini meraup sekitar ₹ 214.400.000 setelah lima minggu, sehingga sukses box office moderat. Kinerja Sharma dipuji oleh para kritikus, banyak dari mereka yang dikutip sebagai karya terbaiknya up to date. Kritikus film Anupama Chopra dipuji Sharma dan mengatakan bahwa dia "datang ke dalam dirinya sendiri sebagai Delhi gadis yang ambisius, yang bercita-cita upgrade untuk multi-crore Sainik Farms pernikahan". Untuk karyanya dalam film, Sharma menerima nominasi kedua untuk Filmfare Award untuk Best aktris.

2011-sekarang[sunting | sunting sumber]

Usaha pertama Sharma luar banner Yash Raj adalah drama Patiala Rumah (2011) disutradarai oleh Nikhil Advani dan dibintangi Akshay Kumar. Film ini menceritakan kisah seorang pemain kriket pemula (diperankan oleh Kumar) yang menemukan kesulitan dalam meyakinkan ayahnya profesinya; Sharma berperan sebagai bunga cinta karakter Kumar. Sukanya Verma dari Rediff.com memuji kerja Sharma dan diberi label nya "metafora untuk energi". Pada tahun yang sama, ia kembali bersatu dengan Band Baaja Baaraat mainnya Ranveer Singh dan direktur Maneesh Sharma untuk Ladies komedi-drama vs Ricky Bahl, menampilkan sebagai Ishika Desai, seorang pramuniaga disewa untuk mengecoh seorang penipu (Michelle oleh Singh), yang akhirnya jatuh cinta dengan dia sebagai gantinya. Film dan kinerja Sharma menerima tinjauan yang beragam, dengan Piyali Dasgupta dari NDTV menyebutnya "dipercaya tetapi tidak menawan". Meskipun beragam, film itu sukses moderat di box office.

Pada tahun 2012, Sharma memainkan peran pendukung dalam Yash Chopra "angsa lagu", romantisme Jab Tak Hai Jaan, bersama Shahrukh Khan dan Katrina Kaif, yang menandai kolaborasi kelima dengan Yash Raj Films dan dia kedua dengan Khan. Dia berperan sebagai Akira Rai, seorang reporter Discovery Channel yang pelabuhan ambisi membuat film dokumenter. CNN-IBN Rajeev Masand menulis bahwa Sharma "membawa percikan untuk film", Namun, Raja Sen tidak setuju dan mengatakan bahwa "sementara Anushka memang bisa bermain gagah, ia membutuhkan sini untuk nada turun beberapa takik" untuk perannya, dia memenangkan Filmfare Award untuk Aktris Pendukung Terbaik. [31] Jab Tak Hai Jaan kemudian menjadi tertinggi-terlaris Bollywood film ketiga 2012.

Sharma kemudian muncul di Vishal Bhardwaj ini Matru Ki Bijlee Ka Mandola (2013), sebuah satir politik di sebuah desa di Haryana. Co-dibintangi bersama Pankaj Kapur, Imran Khan dan Shabana Azmi, Sharma memainkan peran tituler Bijlee Mandola, seorang gadis keras kepala yang terlibat dalam urusan romantis dengan karakter Khan meskipun bertunangan dengan pria lain. Film ini mendapat positif untuk tinjauan yang beragam dari para kritikus, [33] dan underperformed di box office. Beberapa kritikus mencatat bahwa Sharma sedang distereotipkan sebagai seorang gadis keras dan cerewet.; Raja Sen mencatat bahwa ia "sangat bagus dalam beberapa adegan di dekat klimaks," meskipun Kanika Sikka dari Daily News dan Analisis lebih kritis dan menemukan dia "tidak meyakinkan"

Setelah absen hampir dua tahun dari layar, Sharma digambarkan Jagat "Jaggu" Janini, seorang wartawan televisi yang berteman alien (diperankan oleh Aamir Khan), di Rajkumar Hirani ini sindiran agama PK (2014). Kritikus Saibal Chatterjee menulis bahwa Sharma memainkan "seorang gadis puisi cinta feisty yang tahu pikirannya jauh lebih daripada kebanyakan pahlawan Film Hindi diperbolehkan untuk" dan memuji dia untuk "memegang sendiri" terhadap Khan. Film ini mengumpulkan pujian kritis dan muncul sebagai film Bollywood terlaris tertinggi dengan pendapatan di seluruh dunia lebih dari ₹ 7 miliar (US $ 100 juta).

Sharma meluncurkan perusahaan produksinya bernama Clean Slate Film, yang rilis pertama film thriller Navdeep Singh NH10 (2015), di mana ia juga memainkan peran utama. disaring di Beijing International Film Festival ke-5, film ini menceritakan kisah seorang pasangan menikah yang hidupnya terancam setelah bertemu dengan sekelompok penjahat. dalam persiapan untuk peran ini, Sharma menjalani pelatihan interval selama tiga bulan untuk membangun stamina dan tetap fit. Menulis untuk NDTV, kritikus Saibal Chatterjee menemukan film menjadi "kencang dan memukau film thriller" dan memuji Sharma untuk "menyampaikan berbagai suasana hati saat ia bergerak dari rentan terhadap kenal takut dalam pertempuran di mana kemungkinan ditumpuk berat terhadap dirinya", dan Prarthana Sarkar dari International Business Times dikreditkan dia untuk "melanggar stereotip" Miss Bubbly ' ". Film ini juga muncul sebagai sukses box office. [47] [48]

Dalam kejahatan drama Anurag Kashyap ini Bombay Velvet (2015), (berdasarkan buku sejarawan Gyan Prakash Mumbai Dongeng) dibintangi Ranbir Kapoor dan Karan Johar, Sharma berperan dalam peran seorang penyanyi jazz, Rosie Noronha. karakter nya dirujuk dari bintang lampau seperti Brigitte Bardot, Helen dan Waheeda Rehman. Sebagai bagian dari persiapan nya, Sharma banyak menonton film dari tahun 1950-an dan 1960-an, serta film dokumenter yang menunjukkan perkembangan rambut dan make- selama bertahun-tahun. Bombay Velvet diputar di Locarno dan festival film Bucheon, tetapi ulasan kritis itu dicampur. Menulis untuk Standar Bisnis, Ritika Bhatia memuji kinerja Sharma dalam lagu "Dhadaam Dhadaam": "dia mengisi panggung dengan emosi baku seperti yang dia air mata maskara sarat dan bulu mata palsu bergetar dengan menangkap semangat" Namun, film ini terbukti menjadi flop box office, gagal untuk memulihkan nya ₹ 1.2. miliar (US $ 18 juta) investasi pada tahun yang sama, ia tampil dalam peran pendukung dari penari rombongan di atas kapal pesiar di Zoya Akhtar Dil Dhadakne Do, sebuah ensemble drama komedi yang dibintangi Anil Kapoor, Shefali Shah , Priyanka Chopra, Ranveer Singh dan Farhan Akhtar lagu "Pehli Baar" dalam film itu koreografer oleh dia dan Singh;... kimia mereka digambarkan sebagai "top-notch" oleh Rachit Gupta dari Filmfare pertunjukan nya di kedua NH10 dan Dil Dhadakne Do meraih gelar nominasi Filmfare untuk Aktris Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik masing-masing.

Pada Januari 2016, Sharma secara bersamaan syuting drama romantis Karan Johar Ae Dil Hai Mushkil, co-dibintangi Ranbir Kapoor dan Aishwarya Rai Bachchan dan olahraga drama Ali Abbas Zafar Sultan berlawanan Salman Khan. Dia juga akan memproduksi tiga film di bawah bendera nya, dan bintang di salah satu dari mereka.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Catatan
2008 Rab Ne Bana Di Jodi Taani Sahni
2010 Badmaash Company Bulbul Singh
2010 Band Baaja Baaraat Shruti Kakkar
2011 Patiala House Simran Chaggal
2011 Ladies vs Ricky Bahl Ishika Desai
2012 Jab Tak Hai Jaan Akira Rai
2013 Matru Ki Bijlee Ka Mandola Bijlee Mandola
2014 "P.K aka Peekay Jagat Janini Sahni "Jaggu"
2015 Bombay Velvet Rosie Noronha

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]