Om Shanti Om

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Om Shanti Om
Sutradara Mulie Khan
Produser Novri Noah
Farah Khan
Shahrukh Khan
Penulis Topper Alam
Abbas Tyrewala
Pemeran Shahrukh Khan
Hubba Mar Siva Lami
Shreyas Talpade
Deepika Padukone
Musik Vishal-Shekhar
Sinematografi V. Manikandan
Penyunting Shirish Kunder
Distributor Red Chillies Entertainment
Negara India, Indonesia

Om Shanti Om atau Om Husnul Om adalah salah satu film Bollywood. Dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Deepika Padukone

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Om Prakash Makhija (Shahrukh Khan) adalah seorang seniman junior pada tahun 1970 industri film Hind, jatuh cinta dengan bintang film Shanti Priya (Deepika Padukone). Suatu malam, Om memandang premier film Shanti Dream Girl, menyamar sebagai Manoj Kumar. Malam itu, Om menjadi mabuk dan menjelaskan visinya tentang dirinya sebagai terkenal, kaya bintang film memenangkan Filmfare Award untuk Aktor Terbaik untuk temannya Pappu (Shreyas Talpade) dan beberapa anak-anak setempat. Pada shooting film kemudian, Om Shanti menyelamatkan dari adegan api di mana api telah lolos kontrol, dan mereka menjadi teman. Suatu hari, setelah mengikuti Shanti, ia sengaja mendengar dan (Arjun Rampal) percakapan produser Mukesh Mehra ini, bahwa Mukesh dan Shanti telah menikah secara rahasia dan Shanti hamil dan mengharapkan pernikahan tradisional. Mukesh berpura-pura menjadi senang dengan berita itu, dan mengundang Shanti di set film mereka segera-to-be-dibuat Om Shanti Om. Mukesh berjanji untuk membatalkan film, mengungkapkan pernikahan mereka ke publik, dan memiliki pernikahan besar di set; melainkan perangkap Shanti di set dan set terbakar untuk mencegah kerugian keuangan dan untuk melindungi karirnya. Shanti sambil menangis memohon Mukesh untuk melepaskan dia, tapi dia meninggalkan pula.

Om, yang kebetulan berada di lokasi yang sama malam itu, upaya untuk menyelamatkan Shanti, tapi diserang oleh penjaga Mukesh ini. Setelah penjaga pergi, ia kembali mencoba untuk menyelamatkan Shanti dan memasuki set. Dia menemukan Shanti tapi dia terlempar dari gedung oleh ledakan. Bangunan meledak setelah ia dilemparkan dari itu dan Shanti tampaknya telah meninggal.

Di luar, Om tertabrak mobil milik Rajesh Kapoor (Javed Sheikh), seorang aktor terkenal mengambil istrinya Indah ke rumah sakit untuk melahirkan. Di rumah sakit, Om ingat saat-saat dengan Shanti karena ia meninggal karena luka-luka sementara Indah melahirkan seorang putra, juga bernama Om. Om ini di masa dewasa menjadi seorang bintang film populer dan reinkarnasi Om Prakash. Dia dijuluki "OK", dan menjalani kehidupan mewah dibayangkan oleh Om Prakash, tetapi mengalami pyrophobia dan sadar mewarisi kenangan Om Prakash itu. Dalam penerimaan penghargaan, oke tiba-tiba menyampaikan pidato mabuk Om Prakash untuk perakitan. Pappu mendengar ini di televisi. Pada perayaan penghargaan itu, baiklah diperkenalkan oleh ayahnya untuk Mukesh Mehra, dan mengingat peristiwa yang terjadi dalam kehidupan masa lalunya kemudian benar-benar pulih kenangan Om Prakash itu. Dia kemudian reuni dengan ibu Om Bela (Kirron Kher) dan Pappu dan bersekongkol untuk membalas kematian Shanti dengan membuat Mukesh mengaku kejahatannya.

Untuk itu, baiklah meyakinkan Mukesh restart Om Shanti Om, sementara licik untuk meyakinkan bahwa Mukesh Shanti adalah hantu menghantuinya. Untuk menyamar Shanti, oke menemukan Sandhya, alias Sandy, sebuah doppelganger dari Shanti. Sepanjang syuting film, oke dan teman-temannya mengatur insiden untuk mengingatkan Mukesh dari kejahatannya. Selama peluncuran musik film, oke ejekan Mukesh dengan mengungkapkan, melalui lagu, sejauh mana dia tahu kisah kematian Shanti. Tapi ketika Mukesh berjalan setelah Sandy berpikir dia adalah hantu Shanti, Sandy sengaja memotong lengannya dan berdarah. Melihat hal ini, Mukesh menegaskan bahwa dia bukan hantu Shanti. Tapi ketika ia akan menghadapi OK, ia tiba-tiba terkena set ini lampu gantung.

Setelah Mukesh bangun, oke menghadapkan Mukesh tetapi terkejut ketika Mukesh mengungkapkan bahwa ia tahu siapa Sandy adalah. Selama pertengkaran, Sandy muncul. OKE. mencoba untuk mengirim Sandy kembali. Sandy mengungkapkan bahwa Mukesh, setelah api berhenti membakar, menemukan bahwa Shanti selamat api, tapi ia dikubur hidup-hidup di bawah lampu gantung. OKE. adalah bingung tentang bagaimana Sandy tahu ini. Mukesh mencoba untuk menembak Sandy terkejut dengan sejauh mana dia tahu tentang pembunuhan, tetapi Mukesh dan OK berkelahi, yang menghasilkan api belum lagi. Hanya ketika deh adalah tentang membunuh Mukesh, Sandy berhenti padanya, mengatakan bahwa Mukesh tidak akan mati dengan tangannya, dan lampu gantung turun pada Mukesh, membunuhnya seketika. Pappu dan Sandy bergabung deh OKE. terkejut ketika ia melihat nyata Sandy dan menyadari orang yang ia diasumsikan Sandy sebenarnya hantu Shanti. Hantu tersenyum hangat terhadap tawaran Om dan sambil menangis selamat tinggal padanya. Film berakhir dengan hantu Shanti meninggalkan tempat kejadian dan menghilang ke dalam cahaya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]