Dharmendra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dharmendra
LahirDharam Singh Deol
8 Desember 1935 (umur 88)
Phagwara, Punjab, India
Tempat tinggalMumbai, India
Nama lainDharminder
Pekerjaanactor, producer, politician
Partai politikBJP
Suami/istriParkash Kaur (1954 - present)
Hema Malini (1980 - sekarang)
AnakSunny Deol (Ajay Singh Deol)
Bobby Deol (Vijay Singh Deol)
Ajeeta Deol
Vijeta Deol
Esha Deol
Ahana Deol

Dharam Singh Deol (bahasa Punjabi: ਧਰਮਿੰਦਰ ਸਿੰਘ ਦਿਉਲ), lahir 8 Desember 1935), dikenal sebagai Dharmendra, adalah aktor, produser, dan juga seorang politikus. Dia mendapatkan julukan "Action King" dan "He-Man" karena perannya dalam film laga.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Dharmendra lahir dalam keluarga Sikh di Phagwara, distrik Kapurthala, Punjab, India, tanggal 8 Desember 1935. Dia menghabiskan masa kecilnya di desa Sahnewal.

Karier[sunting | sunting sumber]

Dharmendra memenangi kontes bakat baru Filmfare dan datang ke Mumbai dari Punjab untuk mencari pekerjaan. Dia memulai debut dalam film Dil Bhi Tera Hum Bhi Tere (1960). Dia mendapatkan peran pendukung dalam film Boy Friend (1961) dan memainkan peran romantis di beberapa film sejak 1960-1967. Phool Aur Patthar (1966) adalah film laga pertamanya dan dia ditetapkan sebagai aktor laga sejak Mera Gaon Mera Desh (1971). Dharmendra berpasangan dengan Hema Malini (kelak menjadi istrinya) dalam Raja Jani, Seeta Aur Geeta, Sharafat, Naya Zamana, Patthar Aur Payal, Tum Haseen Main Jawaan, Jugnu, Dost, Charas, Maa, Chacha Bhatija, Azaad, dan Sholay.

Dharmendra mencoba produksi film; dia meluncurkan kedua putranya dalam film: Sunny Deol dalam film Betaab (1983) dan Bobby Deol dalam film Barsaat (1995).

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dharmendra menikah dengan Prakash Kaur di usia 19 tahun pada 1954. Dari pernikahan ini dia dikaruniai dua orang putra, Sunny Deol dan Bobby Deol, dan dua orang putri, Ajeeta Deol dan Vijeeta Deol. Dia menikah lagi dengan Hema Malini, lawan mainnya dalam beberapa film, pada 21 Agustus 1979. Dia masuk agama Islam untuk mensahkan pernikahannya dengan Hema karena menurut Undang-Undang Pernikahan Hindu tidak sah bagi seorang Hindu menikah lagi ketika istri pertamanya masih hidup. Dari pernikahan kedua ini mereka memiliki dua orang putri, Esha Deol dan Ahana Deol.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]