Daftar penghargaan dan nominasi yang diterima oleh Deepika Padukone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Penghargaan dan Nominasi Deepika Padukone

Padukone di Penghargaan Filmfare ke-59. Di upacara penghargaan ini ia memenangkan kategori Aktris Terbaik untuk Goliyon Ki Raasleela Ram-Leela.
Penghargaan dan Nominasi
Penghargaan Menang Nominasi
Jumlah
Menang 167
Nominasi 66

Deepika Padukone adalah aktris India yang bekerja di industri film Bollywood. Dia telah menerima tiga Penghargaan Filmfare, tiga IIFA, dua Producers Guild Film Awards, sembilan Screen Awards, tiga Penghargaan Stardust, dan enam Penghargaan Zee Cine. Selain penghargaan film, Padukone juga memuncaki berbagai daftar orang paling menarik di India antara lain "Wanita Paling Diinginkan" versi The Times of India, "Hot 100" versi Maxim (India), "Wanita Terseksi Di Dunia" versi FHM (India), dan "Wanita Tercantik" versi People (India).

Setelah memulai debut film pada tahun 2006 di film Karnataka Aishwarya,[1] Padukone masuk ke Bollywood melalui film sukses Om Shanti Om (2007), yang membuatnya menerima penghargaan Debut Terbaik di berbagai upacara penghargaan antara lain Penghargaan Filmfare untuk Debut Perempuan Terbaik dan menerima nominasi Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik pertamanya.[2] Di Penghargaan Film Asia ke-3, ia menerima nominasi Aktris Terbaik untuk perannya di film Chandni Chowk to China (2009). Penampilannya di drama romantis Love Aaj Kal (2009) dan Cocktail (2012) membuatnya mendapatkan pengakuan di berbagai upacara penghargaan, termasuk nominasi untuk Aktris Tebaik di Filmfare dan IIFA. Dia dianugerahi Smita Patil Memorial Award untuk Aktor Terbaik untuk perannya di film Cocktail.

Penampilan Padukone di empat film yang dibintanginya pada tahun 2013 membuatnya memenangkan berbagai penghargaan. Dia mendapatkan nominasi untuk Producers Guild Film Award untuk Aktris Terbaik dalam sebuah Peran Utama dan memenangkan IIFA Jodi of the Year (bersama Ranbir Kapoor) untuk film komedi romantis sukses Yeh Jawaani Hai Deewani (2013). Dia kemudian memenangkan penghargaan Aktris Terbaik di IIFA dan Penghargaan Zee Cine dan mendapat nominasi Aktris Terbaik Filmfare untuk penampilannya sebagai gadis Tamil di film komedi romantis sukses Chennai Express (2013). Dia juga meraih Penghargaan Filmfare untuk Aktris Terbaik pertamanya untuk perannya sebagai gadis Gujarat berdasarkan tokoh Juliet karya William Shakespeare di romansa tragis Goliyon Ki Raasleela Ram-Leela (2013). Penampilannya di film komedi jalanan satir Finding Fanny (2014) dan film komedi pencurian Happy New Year (2014) memenangkan penghargaan Bintang Tahun Ini (Perempuan) di Stardust. Tahun berikutnya, ia memperoleh berbagai penghargaan untuk perannya sebagai arsitek Bengali di komedi-drama Piku diantaranya penghargaan Aktris Terbaik keduanya di Penghargaan Filmfare, Screen, Producers Guild, dan IIFA, serta Zee Cine Critics Award untuk Aktris Terbaik. Selain itu, Padukone memenangkan Penghargaan Stradust untuk Aktris Terbaik untuk penampilannya di Piku dan drama romantis Tamasha (2015). Pada tahun yang sama, untuk perannya sebagai Mastani di romansa sejarah Bajirao Mastani (2015), ia meberima nominasi Aktris Terbaik lainnya dari Filmfare, IIFA, dan Producers Guild, dan memenangkan penghargaan Aktris Terbaik Zee Cine.

Penghargaan Film Asia[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Film Asia diselenggarakan setiap tahun oleh lembaga Festival Film Internasional Hong Kong untuk mengakui keunggulan mereka yang bekerja di industri film Asia.[3] Padukone telah menerima dua nominasi.

Tahun Karya yang dinominasikan Kategori Hasil Ref.
2008 Om Shanti Om Aktris Terbaik Nominasi [4]
2009 Chandni Chowk to China Aktris Terbaik Nominasi [5]

BIG Star Entertainment Awards[sunting | sunting sumber]

BIG Star Entertainment Awards adalah acara tahunan yang dilangsungkan oleh Reliance Broadcast Network.[6] Padukone telah menerima enam penghargaan dari enam belas nominasi.

Tahun Karya yang dinominasikan Kategori Hasil Ref.
2010 N/A Bakat Baru Dekade Ini – Perempuan Nominasi [7]
2012 Cocktail Aktor Paling Menghibur dalam sebuah Film Romantis – Perempuan Menang [8]
Aktor Film Paling Menghibur – Perempuan Nominasi [8]
2013 Race 2 Aktor Paling Menghibur dalam sebuah Film Thriller – Perempuan Nominasi [9]
Yeh Jawaani Hai Deewani Aktor Paling Menghibur dalam sebuah Film Romantis – Perempuan Nominasi [9]
Aktor Paling Menghibur (Film) – Perempuan Nominasi [9]
Chennai Express Aktor Paling Menghibur (Film) – Perempuan Menang [10]
Aktor Paling Menghibur dalam sebuah Film Komedi – Perempuan Menang [10]
Pasangan Romantis Terbaik (bersama dengan Shah Rukh Khan) Menang [10]
Goliyon Ki Raasleela Ram-Leela Aktor Paling Menghibur (Film) – Perempuan Nominasi [9]
Aktor Paling Menghibur dalam sebuah Film Romantis – Perempuan Nominasi [9]
Penari Paling Menghibur (untuk lagu "Nagada Sang Dhol") Nominasi [9]
2014 Happy New Year Aktor Paling Menghibur dalam sebuah Film Komedi – Perempuan Nominasi [11]
Penari Paling Menghibur (untuk lagu "Lovely") Nominasi [11]
2015 Piku Aktor Paling Menghibur (Film) – Perempuan Menang [12]
Aktor Paling Menghibur dalam sebuah Film Drama – Perempuan Menang [12]

CNN-IBN Indian of the Year[sunting | sunting sumber]

CNN-IBN Indian of the Year adalah penghargaan yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh CNN-IBN sejak tahun 2006 untuk orang India yang dinilai telah membantu memperkuat masyarakat dan membangun Brand India pada tahun tersebut.[13] Padukone telah menerima satu penghargaan dari dua nominasi.

Tahun Karya yang dinominasikan Kategori Hasil Ref.
2013 N/A Penghargaan Pencapaian Khusus Menang [14]
N/A Hiburan Nominasi [15]

Penghargaan Filmfare[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Filmfare adalah upacara penghargaan film Hindi tertua dan paling terkemuka. Penghargaan ini dipersembahkan setiap tahunnya oleh The Times Group untuk menghormati keunggulan artistik maupun teknis.[16] Padukone memenangkan tiga penghargaan dari delapan nominasi.

Tahun Karya yang dinominasikan Kategori Hasil Ref.
2008 Om Shanti Om Debut Perempuan Terbaik Menang [17]
Aktris Terbaik Nominasi [17]
2010 Love Aaj Kal Aktris Terbaik Nominasi [18]
2013 Cocktail Aktris Terbaik Nominasi [19]
2014 Chennai Express Aktris Terbaik Nominasi [20]
2014 Goliyon Ki Raasleela Ram-Leela Aktris Terbaik Menang [21]
2016 Piku Aktris Terbaik Menang [22]
2016 Bajirao Mastani Aktris Terbaik Nominasi [23]
2019 Padmaavat Aktris Terbaik Nominasi [24]

Festival Film India Melbourne[sunting | sunting sumber]

Festival Film India Melbourne adalah festival film India tahunan berbasis di Melbourne, Australia. Acara ini dipersembahkan oleh Film Victoria dan Pemerintahan Negara Bagian Victoria, dan diproduksi oleh Mind Blowing Films, distributor sinema India di Australia dan Selandia Baru yang berbasis di Melbourne. Padukone menerima tiga nominasi.

International Indian Film Academy Awards[sunting | sunting sumber]

International Indian Film Academy Awards (Penghargaan IIFA) diselenggarakan oleh Wizcraft International Entertainment Pvt. Ltd. untuk menghormati anggota industri perfilman Bollywood.[25] Padukone telah meraih enam penghargaan dari tiga belas nominasi.

NDTV Indian of the Year[sunting | sunting sumber]

NDTV Indian of the Year adalah penghargaan tahunan yang dipersembahkan oleh NDTV. Padukone telah meraih dua penghargaan.

People's Choice Awards India[sunting | sunting sumber]

People's Choice Awards India adalah versi India dari upacara penghargaan Amerika Serikat yang mengakui film, televisi, musik, dan olahraga India.[26] Padukone telah menerima satu nominasi.

Producers Guild Film Awards[sunting | sunting sumber]

Producers Guild Film Awards (sebelumnya dikenal sebagai Apsara Film & Television Producers Guild Awards) diselenggarakan oleh Producers Guild untuk menghormati dan mengakui keunggulan profesional rekan-rekan mereka. Padukone telah menerima lima penghargaan dari sebelas nominasi.

Screen Awards[sunting | sunting sumber]

Screen Awards adalah upacara penghargaan tahunan bertujuan untuk menghormati keunggulan profesional di industri film berbahasa Hindi. Padukone telah menenangkan sepuluh penghargaan dari enam belas nominasi.

Star Box Office Awards[sunting | sunting sumber]

Star Box Office Awards adalah kolaborasi antara Star Plus dan Boxofficeindia.co.in. Star Box Office Awards mengakui pencapaian film Hindi berdasarkan peformanya di box office.

Penghargaan Stardust[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Stardust dipersembahkan oleh majalah Stardust. Mereka menghormati keunggulan profesional di industri perfilman Hindi. Padukone telah memenangkan tiga penghargaan dari tiga belas nominasi.

Teen Choice Awards[sunting | sunting sumber]

Teen Choice Awards adalah upacara penghargaan tahunan Amerika Serikat yang ditayangkan di saluran Fox. Penghargaan ini menghormati pencapaian terbesar pada tahun tersebut dalam bidang musik, film, olahraga, televisi, mode, dan kategori lainnya yang dipilih oleh penonton remaja.

Times of India Film Awards[sunting | sunting sumber]

Times of India Film Awards dipersembahkan oleh TOIFA Honorary Advisory Board Members untuk menganugerahi keunggulan di sinema Hindi. Padukone telah menenangkan dua penghargaan dari empat nominasi.

Penghargaan Zee Cine[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Zee Cine dipersembahkan oleh Zee Entertainment Enterprises untuk industri film Hindi. Penghargaan ini didirikan pada tahun 1998 dan merupakan campuran dari kategori yang diputuskan oleh suara publik dan oleh juri industri. Penghargaan ini tidak diselenggarakan pada tahun 2009 dan 2010, tetapi diadakan kembali pada tahun 2011. Padukone telah memenangkan enam penghargaan dari tiga belas nominasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Another Padukone enters Kannada film industry". The Hindu. 12 April 2009. Diakses tanggal 3 February 2013. 
  2. ^ "Top All Time Worldwide Grossers Updated". Box Office India. 11 Mei 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 November 2013. Diakses tanggal 13 Oktober 2013. 
  3. ^ Chu, Karen; Brzeski, Patrick (11 Februari 2014). "Asian Film Awards Announces Ambitious Relaunch With Support From Top Festivals". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 19 Desember 2014. 
  4. ^ "Padukone in race for best actress in Asian Film Awards". Daily News and Analysis. 17 Januari 2008. Diakses tanggal 31 Desember 2014. 
  5. ^ "3rd AFA Nominees & Winners". Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Juni 2014. Diakses tanggal 31 Desember 2014. 
  6. ^ "It's lights, camera, entertainment at the BIG Star Entertainment Awards tonight". The Times of India. 18 Desember 2014. Diakses tanggal 19 Desember 2014. 
  7. ^ "Nominations of BIG Star Entertainment Awards". Bollywood Hungama. 16 Desember 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Mei 2014. Diakses tanggal 26 July 2014. 
  8. ^ a b "Big Star Entertainment Awards 2012". Big Star Entertainment Awards. 31 Desember 2012. STAR India. 
  9. ^ a b c d e f "Nominations for 4th Big Star Entertainment Awards". Bollywood Hungama. 12 Desember 2013. Diakses tanggal 14 Januari 2014. 
  10. ^ a b c "Deepika Padukone bags three BIG Star Entertainment awards". Mid Day. 31 Desember 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-27. Diakses tanggal 31 Desember 2014. 
  11. ^ a b "Big Star Entertainment Awards Nominations List 2014". Reliance Broadcast Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Desember 2015. Diakses tanggal 24 Desember 2014. 
  12. ^ a b "Winners of the Big Star Entertainment Awards 2015". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 14 Desember 2015. 
  13. ^ "About Indian of the Year". CNN-IBN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 April 2015. Diakses tanggal 16 April 2015. 
  14. ^ "IOTY: Deepika breaks down after receiving award from father Prakash Padukone". CNN-IBN. 20 Desember 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-22. Diakses tanggal 31 Desember 2014. 
  15. ^ "CNN-IBN Indian of the Year Nominees". Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Januari 2014. Diakses tanggal 8 Januari 2014. 
  16. ^ "Times Group takes on IIFA with new film awards". Business Standard. 30 Januari 2013. Diakses tanggal 12 Desember 2014. 
  17. ^ a b "Deepika Padukone: Awards & Nominations". Bollywood Hungama. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Februari 2011. Diakses tanggal 31 Desember 2014. 
  18. ^ "Nominations for 55th Idea Filmfare Awards 2009". Bollywood Hungama. 11 Februari 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Juni 2010. Diakses tanggal 12 Februari 2010. 
  19. ^ "58th Idea Filmfare Awards nominations are here!". Filmfare. 13 Januari 2013. Diakses tanggal 31 Desember 2014. 
  20. ^ "59th Idea Filmfare Awards Nominations". Filmfare. 13 Januari 2014. Diakses tanggal 31 Desember 2014. 
  21. ^ "Winners of 59th Idea Filmfare Awards". Filmfare. 25 Januari 2014. Diakses tanggal 31 Desember 2014. 
  22. ^ "Full list of winners of the 61st Britannia Filmfare Awards". Filmfare. 15 Januari 2016. Diakses tanggal 25 Januari 2016. 
  23. ^ "Nominations for the 61st Britannia Filmfare Awards". Filmfare. 11 Januari 2016. Diakses tanggal 11 Januari 2016. 
  24. ^ "Nominations for the 64th Vimal Filmfare Awards 2019 2019". 
  25. ^ Dudrah, Rajinder Kumar (2012). Bollywood Travels: Culture, Diaspora and Border Crossings in Popular Hindi Cinema. Routledge. hlm. 85. ISBN 978-0-415-44740-9. 
  26. ^ Bhushan, Nyay (20 Oktober 2012). "People's Choice Awards to Launch in India". The Hollywood Reporters. Diakses tanggal 16 Desember 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]