Time 100

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul Time 100 2008

Time 100 adalah daftar 100 tokoh paling berpengaruh di dunia yang dikeluarkan oleh majalah asal Amerika Serikat Time. Time 100 pertama kali dipublikasikan pada tahun 1999 sebagai hasil dari perdebatan di kalangan para akademisi, politisi, dan jurnalis Amerika Serikat, dan kini daftar ini menjadi kegiatan tahunan. Meski kemunculan di daftar ini terkadang dianggap keliru, Time menegaskan bahwa orang-orang dalam daftar tersebut diakui telah mengubah dunia, menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Sejarah dan format[sunting | sunting sumber]

Time 100 dimulai dengan perdebatan di sebuah simposium di Washington, D.C. pada 1 Februari 1998, dengan peserta panel pembawa acara berita CBS Dan Rather, sejarawan Doris Kearns Goodwin, mantan gubernur New York Mario Cuomo, profesor ilmu politik Condoleezza Rice, penulis neokonservatif Irving Kristol, dan redaktur pelaksana Time Walter Isaacson.

Daftar tersebut pertama dipublikasikan pada tahun 1999, ketika majalah Time menamainya "100 tokoh paling berpengaruh di abad ke-20". Karena popularitasnya yang terus berkembang, mulai 2004 majalah Time memutuskan akan menjadikan daftar tersebut sebagai edisi tahunan, yang memuat 100 tokoh paling berpengaruh di dunia. Mereka diakui dalam satu dari lima kategori:

  • Leaders & Revolutionaries (Pemimpin dan Penggerak Revolusi)
  • Builders & Titans (Perintis dan Pengubah)
  • Artists & Entertainers (Artis dan Penghibur)
  • Scientists & Thinkers (Ilmuwan dan Pemikir)
  • Heroes & Icons (Pahlawan dan Ikon).

Dalam setiap kategori, akan terpilih 20 tokoh yang paling berpengaruh (kadang-kadang berpasangan atau dalam kelompok kecil), dengan total 100 tokoh setiap tahunnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]