Bintang Garuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bintang Garuda (bahasa Sanskerta: garuda yang berarti burung garuda: kendaraan dewa Wisnu) dikeluarkan sebagai tanda kehormatan atas penghargaan tugas-tugas di angkasa yang telah dilaksanakan dengan baik oleh anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara yang bertugas antara tahun 1945 sampai akhir tahun 1949.

Bintang Garuda adalah bintang berlapis tiga, dibuat dari logam berwarna perunggu dengan lambang Angkatan Udara Republik Indonesia dengan tulisan Swa Bhuwana Paksa (swa berarti mandiri; bhuwana berarti kediaman, dunia; paksa berarti sayap).

Bentuk bintang[sunting | sunting sumber]

Bintang Garuda adalah bintang berlapis tiga, dibuat dari logam berwarna perunggu dengan garis tengah 48 mm:

  • Lapisan pertama sebagai dasar berbentuk bintang bersudut besar kecil sepuluh dengan tiap ujung sudut besar terdapat bulatan kecil.
  • Lapisan kedua berbentuk bundar dengan garis tengah 25 mm dan terdapat tulisan 1945 Garuda 1949.
  • Lapisan ketiga berbentuk lukisan lambang Angkatan Udara Republik Indonesia ”SWA BHUWANA PAKSA” yang terdiri dari: seekor burung garuda yang menegakkan sayapnya setinggi-tingginya, 5 pucuk anak panah yang digenggam oleh cakar garuda, sebuah perisai dengan lukisan kepulauan Indonesia atas mana burung garuda berdiri; api yang menyala menjilat-jilat mengepung perisai, sebuah karangan manggar melingkari garuda, masing-masing terdiri dari 17 buah.

Di sebelah belakang bintang terdapat tulisan "Republik Indonesia".

Pita dari Bintang Garuda berukuran lebar 35 mm, panjang 52 mm, berwarna dasar biru tua dengan satu strip-tegak-putih perak di tengah-tengah yang lebarnya 8 mm dan di tengah-tengah pita dilekatkan suatu tanda berbentuk pesawat kecil dibuat dari logam berwarna perunggu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]