Bintang Dharma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bintang Dharma

Bintang Dharma (Sanskerta: dharma yang berarti hukum, kebaikan, keadilan) adalah tanda kehormatan yang dianugerahkan kepada anggota TNI yang telah menyumbangkan jasa dan bakti untuk bangsa dan negara melampaui panggilan kewajiban tugas militer dan juga kepada anggota bukan Angkatan Bersenjata sebagai penghargaan atas jasa-jasa luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Bintang Dharma berbentuk bintang bersudut lima dari logam berwarna perak.

Pemberian Bintang Dharma diatur dalam UU no.65 tahun 1958 bersama-sama dengan aturan pemberian Bintang Sakti. Disebutkan di dalam UU bahwa Bintang Dharma setingkat lebih rendah daripada Bintang Sakti dan dapat diberikan berkali-kali untuk jasa dan bakti yang berbeda.

Bentuk bintang[sunting | sunting sumber]

Bintang Dharma berbentuk sebagai berikut:

Bintang bersudut lima yang dibuat dari logam berwarna perak dengan garis tengah 35 milimeter, di sebelah muka dilukiskan tulisan ”DARMAJAYA” dengan dilingkari rangkaian padi dan kapas, di sebelah belakang dilukiskan tulisan ”REPUBLIK INDONESIA”.

Bintang disertai Patra yang bentuk dan kombinasi warnanya sama dengan bintangnya berukuran garis tengah 50 mm.

Pita Bintang berupa pita kalung yang berukuran lebar 35 mm dan berwarna dasar hijau muda dengan satu lajur dikedua tepi masing-masing berukuran 2 mm.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]