Binan Koukou Chikyuboueibu Love!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Binan Koukou Chikyuboueibu Love!
BinanKoukouChikyuboueibuLoveLogo.png
Logo Binan Koukou Chikyuboueibu Love!.
美男高校地球防衛部LOVE!
(Binan Kōkō Chikyū Bōei-bu Love!)
Genre Komedi, Mahō shōnen, Slice of life, Laga
Novel ringan
Pengarang Takahashi Natsuko
Ilustrator Hara Yumiko
Penerbit Pony Canyon
Tanggal terbit 7 Januari 2015 – sekarang
Manga
Pengarang Kurari Umatani
Ilustrator Morino Mizu
Demografi Shōjo
Majalah Pony Canyon (ponimaga.jp)
Tanggal terbit 16 Oktober 2014 – sekarang
Volume 7 (Daftar volume)
Permainan
Pengembang Anipani Co. Ltd
Penerbit Anipani Co. Ltd
Genre Otome
Platform Android
iOS
Rilis 25 Februari 2015 (Android)[1]
26 Februari 2015 (iOS)[2]
Seri anime televisi
Sutradara Shinji Takamatsu
Penulis
naskah
Michiko Yokote
Penggubah
musik
yamazo
Studio Diomedéa
Pemegang
lisensi
Madman Entertainment
Ponycan USA
Jaringan
asli
TV Tokyo, TV Aichi, AT-X
Jaringan
bahasa Inggris
Tayang perdana 6 Januari 2015 24 Maret 2015
Episode 12 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Binan Koukou Chikyuboueibu Love! (美男高校地球防衛部LOVE!, Binan Kōkō Chikyū Bōei-bu Love!, harfiah: "Klub Perlindungan Bumi Sekolah Menengah Atas Laki-laki Imut Cinta!") adalah sebuah seri anime televisi tahun 2015 yang diciptakan oleh Kurari Umatani dan diproduksi oleh Diomedéa.[3] Seri ini disutradarai oleh Shinji Takamatsu dan ditulis oleh Michiko Yokote.[4] Seri ini ditayangkan perdana pada 6 Januari 2015.[5] Anime ini dilisensi oleh Madman Entertainment di Australia dan Selandia Baru[6] dan oleh Funimation di Amerika Utara[7] dengan judul "Cute High Earth Defense Club Love!".

Cerita berfokus pada kehidupan lima orang anak laki-laki biasa di mana masing-masing dari mereka mendapatkan kekuatan berbasis alam yang luar biasa yang diberikan oleh sesosok makhluk misterius dari luar angkasa. Kelompok ini, yang disebut oleh mereka sendiri dengan nama "Klub Perlindungan Bumi", harus menghentikan musuh bernama "Klub Penaklukan Bumi" yang berniat menaklukkan Bumi.

Sebuah manga spin-off berjudul Binan Koukou Chikyuseifukubu Love! memulai serinya melalui majalah komik di situs web Pony Canyon secara daring pada 16 Oktober 2014. Seri novel ringan juga dirilis di Jepang pada 7 Januari 2015.[8] Permainan untuk perangkat Android dan iOS berdasarkan seri anime ini juga telah dirilis di Jepang pada Februari 2015.[9]

Alur[sunting | sunting sumber]

Klub Perlindungan Bumi di Sekolah Menengah Atas Binan (眉難高校, Binan Kōkō) adalah sekelompok anak laki-laki yang tidak melakukan apa-apa dan bermalas-malasan. Suatu hari ketika dua orang dari anggota klub tersebut, Atsushi dan En, sedang berendam di rumah pemandian, seekor makhluk berbentuk wombat berwarna merah muda yang dapat berbicara muncul entah dari mana dan meminta mereka untuk menyelamatkan Bumi dengan kekuatan cinta. Sayangnya, putra pemilik rumah pemandian tersebut, Yumoto, melihat wombat tersebut dan mengejarnya sambil berkata "Izinkan aku untuk mengelus bulu-bulumu!" Hari berikutnya, kedua anggota tersebut beserta dua anggota lainnya, Io dan Ryu, bertemu dengan wombat merah muda tersebut dan tiba-tiba beberapa gelang muncul dan mengikat pergelangan tangan dari masing-masing keempat anggota klub tersebut serta Yumoto (yang kebetulan berada di dekat mereka) lalu mereka semua berubah menjadi Battle Lovers. Mereka harus melawan Klub Penaklukan Bumi yang berniat menguasai Bumi.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Klub Perlindungan Bumi[sunting | sunting sumber]

Lima tokoh utama sebagai Battle Lovers bersama Wombat. Dari atas ke bawah: En Yufuin, Atsushi Kinugawa, Ryū Zaou, Io Naruko, Yumoto Hakone, dan Wombat.

Klub Perlindungan Bumi (地球防衛部, Chikyū Bōei-bu), juga dikenal sebagai Klub Tidak Melakukan Apapun, adalah sekelompok murid yang menggunakan ruang kegiatan secara tidak resmi. Mereka diharuskan oleh dewan pelajar untuk mendaftarkan kegiatan ekstrakurikuler mereka secara formal untuk tetap dapat menggunakan ruangan tersebut. Perlu dicatat juga bahwa nama klub ini diambil dari sebuah papan nama tua yang tergantung di pintu ruangan yang mereka gunakan, yang nantinya nama ini sesuai dengan misi yang diberikan oleh Wombat kepada mereka. Pada episode kelima, kegiatan ekstrakurikuler ini disetujui oleh dewan pelajar dengan Bapak Tawarayama sebagai pendampingnya.

Ketika Siluman muncul, mereka akan melakukan Love Making (berubah) menjadi tim bernama Battle Lovers yang mengenakan pakaian bergaya Pangeran. Dengan "kekuatan ramah privasi" dari Wombat, tampilan mereka setelah berubah akan terlihat oleh orang lain dengan wajah yang diburamkan secara mosaik dan dengan suara yang disamarkan. Klub Penaklukan Bumi pun tidak mengenali mereka hingga episode sebelas, namun sudah mengetahui keberadaan mereka yang dapat mengembalikan Siluman ke wujud semula sejak episode keenam.

Nama belakang dari anggota Klub Perlindungan Bumi (Hakone, Yufuin, Kinugawa, Naruko, dan Zaou) adalah nama-nama pemandian air panas terkenal di Jepang.

Yumoto Hakone (箱根有基)
Pengisi suara: Kazutomi Yamamoto[4]
Lahir 26 Januari. Golongan darah O. Zodiak Akuarius.
Dia adalah murid kelas satu yang keluarganya merupakan pemilik dari rumah pemandian Kurotamayu (黒玉湯). Dia adalah seorang lolita laki-laki ceroboh. Hobinya adalah berolahraga. Dia menyukai onigiri dan berbagai hewan. Dia berubah menjadi Sang Pangeran Berkilau; Battle Lover Scarlet. Dia memiliki warna merah dan unsur cahaya.
En Yufuin (由布院煙)
Pengisi suara: Yuichiro Umehara[4]
Lahir 2 Juli. Golongan darah B. Zodiak Kanser.
Dia adalah murid kelas tiga. Dia adalah seorang yang malas dan melakukan setiap hal dengan kecepatan yang berbeda dengan yang lainnya. Dia umumnya terlihat bersama dengan Atsushi. Hobinya adalah tidur siang. Dia menyukai onsen manjū dan tidur dua kali sehari. Dia berubah menjadi Sang Pangeran Berkelip; Battle Lover Cerulean. Dia memiliki warna biru dan unsur air.
Atsushi Kinugawa (鬼怒川熱史)
Pengisi suara: Kōtarō Nishiyama[4], dan Rin Kanazawa (saat anak-anak)
Lahir 5 Oktober. Golongan darah A. Zodiak Libra.
Dia adalah murid kelas tiga dan satu-satunya yang mengenakan kacamata di klub tersebut. Dia berasal dari keluarga yang kaya, memiliki nilai yang bagus, dan sangat serius. Dia sering kali memperhatikan apa yang sedang dilakukan oleh En. Dia juga merupakan teman masa kecil dari Kinshirō. Hobinya adalah menyelesaikan puzzle. Dia menyukai kari, mandi, dan pemandian air panas. Dia berubah menjadi Sang Pangeran Mencolok; Battle Lover Epinard. Dia memiliki warna hijau dan unsur udara.
Io Naruko (鳴子硫黄)
Pengisi suara: Yusuke Shirai[4]
Lahir 17 Desember. Golongan darah A. Zodiak Kaprikornus.
Dia adalah murid kelas dua. Walaupun seharusnya dia berada di sekolah, dia berada di pasar saham untuk mendapatkan uang. Motonya adalah "Hidup itu segalanya tentang uang!". Dia adalah teman baik dari Ryū. Hobinya adalah mengelola dan menanam saham finansial. Dia menyukai gyūdon, dan uang. Dia berubah menjadi Sang Pangeran Meraung; Battle Lover Sulfur. Dia memiliki warna kuning dan unsur tanah.
Ryū Zaou (蔵王立)
Pengisi suara: Toshiki Masuda[4]
Lahir 13 Maret. Golongan darah B. Zodiak Pises.
Dia adalah murid kelas dua. Katanya dia sangat populer di kalangan para gadis (walaupun ada kabar bahwa hal ini salah), dengan permintaan kencan yang sering masuk ke teleponnya. Dia adalah teman baik dari Io. Hobinya adalah berseluncur di atas salju (snowboarding). Dia menyukai wanita dan ceri. Dia berubah menjadi Sang Pangeran Mendebarkan; Battle Lover Vesta. Dia memiliki warna merah muda dan unsur api.
Wombat (ウォンバット)
Pengisi suara: Mugihito[4]
Lahir 30 Maret (jika disetarakan dengan kalender Bumi). Golongan darah A. Zodiak Sagitarius.
Seekor makhluk berbentuk wombat berwarna merah muda yang muncul dari luar angkasa. Nama Wombat ini adalah nama pemberian Yumoto, karena nama asli dari Wombat tidak dapat diungkapkan dalam bahasa manusia. Wombat memberitahukan para anggota klub mengenai misi untuk melindungi Bumi dari para alien jahat dan untuk memenuhi Bumi dengan cinta. Ia menyediakan gelang Lovracelets yang mampu mengubah para anggota klub menjadi Battle Lovers. Meskipun semua anggota Klub Perlindungan Bumi, kecuali Yumoto, berusaha menjauhinya, ia dapat dengan cepat menyelesaikan permasalahan ini dengan mengendalikan guru wali kelas dari En dan Atsushi, Bapak Tawarayama yang sebenarnya sudah meninggal, saat guru ini berada dekat dengannya. Ia sering kali menggunakan Dialek Kansai dalam gaya bicaranya. Hobinya adalah menjaga perdamaian dunia. Ia menyukai cinta dan bayam.

Klub Penaklukan Bumi[sunting | sunting sumber]

Anggota Klub Penaklukan Bumi. Dari atas ke bawah: Akoya Gero, Ibushi Arima, Kinshirō Kusatsu dan Zundar.

Klub Penaklukan Bumi (地球征服部, Chikyū Seifuku-bu), juga dikenal sebagai Caerula Adamas (bahasa Latin untuk "Berlian Biru"), adalah sekelompok dewan pelajar yang terdiri dari tiga orang. Mereka biasanya mengenakan seragam sekolah berwarna putih saat menjadi dewan pelajar, namun akan berganti seragam saat berubah dengan meneriakkan "Conquest!" dan menamai diri mereka menjadi Caerula Adamas. Atas perintah dari Zundar mereka menjalankan "Proyek Penaklukan Total atas Seluruh Makhluk Hidup di Bumi", yang dimulai dengan menerapkan kedisiplinan pada murid-murid di sekolah.

Setelah mereka berubah menjadi Caerula Adamas, mereka juga akan terlihat oleh orang lain dengan wajah yang diburamkan dan dengan suara yang disamarkan berkat kekuatan dari Zundar.

Nama belakang dari anggota Klub Penaklukan Bumi (Kusatsu, Arima, dan Gero) adalah nama-nama pemandian air panas terkenal di Jepang.

Kinshirō Kusatsu (草津錦史郎)
Pengisi suara: Hiroshi Kamiya[4], dan Hidetoshi Akutsu (saat anak-anak)
Lahir 12 September. Golongan darah A. Zodiak Virgo.
Dia adalah murid kelas tiga sekaligus ketua dari dewan pelajar. Dia merupakan teman masa kecil dari Atsushi, namun hubungan mereka menjauh, karena dahulu Atsushi pernah menolak ajakan Kinshirō untuk bermain di rumahnya dan lebih memilih pergi makan kari bersama En. Kinshirō menganggap Atsushi telah mengingkari janji untuk menjadi teman baik selamanya. Sejak itulah, dia jadi membenci kari dan menjadi tidak suka kepada Atsushi yang sering berkumpul bersama En dan anggota klub lainnya. Hobinya adalah memanah. Dia menyukai kuil Sanjūsangen-dō, Kintsuba, dan amanattō. Dia berubah menjadi Chevalier Orite; ksatria emas yang bersinar dengan terang. Saat dia merasa sangat marah, dia juga dapat berubah menjadi Chevalier Dark Orite; ksatria hitam yang menggeliat dalam kegelapan. Penampilannya mirip dengan Chevalier Orite biasa, hanya saja matanya menjadi merah dan bibirnya menjadi ungu.
Ibushi Arima (有馬燻)
Pengisi suara: Jun Fukuyama[4]
Lahir 10 November. Golongan darah AB. Zodiak Skorpio.
Dia adalah murid kelas tiga sekaligus wakil-ketua dari dewan pelajar. Dia biasanya berdiri di dekat Kinshirō, bertindak seolah-olah dia adalah butler dari Kinshirō. Hobinya adalah bermain backgammon. Dia menyukai bercocok tanam dan senbei berkarbonasi. Dia berubah menjadi Chevalier Argent; ksatria perak yang merupakan wangi dari angin.
Akoya Gero (下呂阿古哉)
Pengisi suara: Takuma Terashima[4]
Lahir 24 April. Golongan darah B. Zodiak Taurus.
Dia adalah murid kelas dua. Dia memiliki penampilan seperti malaikat, namun ketika dia diledek, dia menjadi orang yang tak berdaya. Dia tidak terlalu suka pada Ryū. Hobinya adalah menikmati aromaterapi. Dia menyukai makaron dan hal-hal yang imut. Dia berubah menjadi Chevalier Perlite; ksatria mutiara yang sedang mekar.
Zundar (ズンダー)
Pengisi suara: Hiroki Yasumoto[4]
Lahir 18 Agustus (jika disetarakan dengan kalender Bumi). Golongan darah B. Zodiak Leo.
Seekor makhluk berbentuk landak berwarna hijau kekuningan yang datang dari planet yang amat jauh untuk menaklukkan Bumi. Ia sering kali mengakhiri kalimatnya dengan kata "dar". Ia mampu mengeluarkan jarum Zundar needle yang mampu mengubah seseorang menjadi siluman. Ia biasanya berada di dalam kantung dada Kinshirō. Hobinya dirahasiakan. Ia menyukai escargot.

Siluman[sunting | sunting sumber]

Nama dari para siluman berikut ini ditulis dengan format nama keluarga diikuti dengan nama pemberian karena memiliki arti lain jika dibaca dengan urutan seperti ini.

Chiku Kazutake (知久和武, bahasa Indonesia: Kazutake yang lama dikenali)
Pengisi suara: Akira Ishida[10]
Siluman chikuwabu yang muncul pada episode pertama. Seorang siswa yang khawatir akan penampilan dan bakatnya yang biasa-biasa saja.
Hashida Wario (橋田割男, bahasa Indonesia: Lelaki pembagi Hashida)
Pengisi suara: Katsuyuki Konishi[10]
Siluman sumpit sekali pakai yang muncul pada episode kedua. Seorang siswa yang menyukai keteraturan dan tidak menyukai sesuatu yang tidak dapat dibagi, seperti pi. Dia kesal terhadap jeleknya sumpit sekali pakai yang tidak terbagi dua dengan sempurna.
Kurotori Moteo (黒鳥持手男, bahasa Indonesia: Lelaki berpegangan tangan dengan angsa hitam)
Pengisi suara: Koji Yusa[10]
Siluman angsa hitam yang muncul pada episode ketiga. Seorang pendamping untuk klub balet di Sekolah Menengah Atas Binan. Dia menginginkan orang lain menyukainya. Dia juga tidak suka pada apa pun yang berat. Dia berniat untuk menjadi juara dalam kontes siswa imut, namun tidak mendapatkan dukungan sama sekali. Dia secara tidak sengaja diterima bekerja karena sekolah menganggapnya adalah pendamping voli.
Igarao Oyaji (五十顔親治, bahasa Indonesia: Paman wajah lima-puluhan)
Pengisi suara: Kōsuke Toriumi[10]
Siluman bishōnen yang muncul pada episode keempat. Dia dijuluki dengan sebutan "lelaki dengan tampang umur lima-puluh". Dia memiliki wajah seperti bapak-bapak namun tidak senang jika dianggap sebagai bapak-bapak. Saat menjadi siluman, dia memiliki kekuatan untuk mengubah musuh menjadi anak-anak.
Sōsa Enkaku (宗佐円覚, bahasa Indonesia: Pasti, dari jarak jauh)
Pengisi suara: Takuya Eguchi[10]
Siluman pengendali jarak jauh menyerupai cumi-cumi dengan beberapa tombol pada badannya yang muncul pada episode kelima. Seorang siswa dari kelas 3-B yang merasa dirinya hanyalah boneka yang dikendalikan oleh ayahnya.
Itsumo Ichiban (逸茂一番, bahasa Indonesia: Selalu nomor satu)
Pengisi suara: Kenichi Suzumura[10]
Siluman baut menyerupai tank dengan satu baut menonjol di bagian atas yang muncul pada episode keenam. Seorang siswa yang memiliki nilai yang selalu nomor satu, namun sering dianggap menakutkan karena cara bicaranya yang aneh. Dia memiliki kemampuan menggelitiki musuh yang berhasil dia tangkap.
Komi Shō (古見翔, bahasa Indonesia: Tersisih dari keramaian)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka[10]
Siluman hikikomori menyerupai kotatsu besar yang muncul pada episode kedelapan. Seorang siswa kelas 2 yang suka menyendiri.
Makuwa Uriya (真桑ウリヤ, bahasa Indonesia: Uriah bebesaran sejati)
Pengisi suara: Hikaru Midorikawa[10]
Siluman melon yang muncul pada episode kesembilan.
Megawa Rui (芽川類)
Pengisi suara: Tsubasa Yonaga[10]
Siluman pemukul bisbol yang muncul pada episode kesepuluh. Manajer klub bisbol yang berkacamata (megane), sekaligus merupakan teman sekelas Yumoto.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Gōra Hakone (箱根強羅)
Pengisi suara: Tomokazu Sugita[5]
Kakak laki-laki dari Yumoto, yang membantu menjalankan rumah pemandian Kurotamayu. Dia bertugas mengisi air dan selalu terlihat memotong kayu bakar untuk pemandian tersebut, walaupun sebenarnya mata air yang digunakan oleh rumah pemandian tersebut sudah panas secara alami. Dia mengatakan bahwa dia hanya menjalankan hobinya. Dia memiliki rasa cinta yang besar terhadap adiknya. Dia juga merupakan Battle Lover generasi sebelumnya sehingga dapat melihat dengan jelas anggota Klub Perlindungan Bumi saat berubah menjadi Battle Lovers. Pada episode terakhir, dia menjadi siluman pemotong kayu karena terkena serangan dari Zundar.
Kou Kinosaki (城崎コウ)
Pengisi suara: Showtaro Morikubo
Direktur dari klub komunikasi massa. Dia selalu mengawasi apa yang dilakukan oleh Klub Perlindungan Bumi.
Masuya Tazawa (田沢益也)
Pengisi suara: Yūichi Iguchi
Fotografer dari klub komunikasi massa. Dia biasanya diam, namun menjadi sangat bersemangat jika membahas fotografi.
Hireashi (ヒレアシ)
Pengisi suara: Hiroshi Ōtake
Ikan mas yang dipelihara di ruangan klub komunikasi massa. Sebenarnya adalah makhluk dari luar angkasa yang juga merupakan pimpinan dari Zundar. Dia merupakan sutradara dari sebuah acara realitas berjudul Chikyū Metsubō Dekiru ka na? (地球滅亡できるかな?, harfiah: "Dapatkah saya menghancurkan dunia?") yang ditayangkan di TV Uchū (テレビ宇宙, harfiah: "TV Semesta").

Istilah[sunting | sunting sumber]

Binan Kōkō
Sekolah khusus laki-laki yang menjadi latar cerita. Sekolah ini berada di Kota Binan.
Pada tanggal 27 setiap bulannya, diadakan kontes siswa imut yang pemenangnya dipilih berdasarkan pemungutan suara. Pada episode ketiga, kontes ini sudah diadakan sebanyak 1579 kali. Setiap tahunnya pada musim gugur, diadakan juga Festival Budaya Sekolah Binan. Perlu dicatat juga bahwa penulisan nama sekolah ini (眉難高校) berbeda dengan penulisan judul anime ini (美男高校).
Lovracelet
Alat untuk berubah menjadi Battle Lover. Wombat mengenakan alat ini secara paksa kepada lima orang anggota Klub Perlindungan Bumi. Lovracelet akan bereaksi ketika ada orang yang tidak memiliki cinta (khususnya Siluman), dan yang mengenakannya akan berubah menjadi Battle Lover ketika mereka mencium gelang tersebut dan meneriakkan "Love Making!". Mereka akan kembali ke wujud semula dengan meneriakkan "Love out".
Love stick
Senjata yang disiapkan untuk masing-masing Battle Lover. Tongkat ini mampu mengeluarkan serangan sinar.
Love attack
Serangan terkuat dari Battle Lovers. Semua Love stick umumnya akan bergabung ke ke tongkat milik Battle Lover Scarlet (Yumoto) yang akan menghasilkan kerusakan besar pada Siluman. Pada episode ketujuh, mereka tidak sengaja menyerang Bapak Tawarayama, yang juga menghasilkan efek yang mematikan. Pada episode kedelapan, Love stick dipegang oleh Battle Lover Cerulean (En) dan Epinard (Atsushi).
Love shower
Serangan penyembuhan yang akan memperbaiki Siluman dan mengembalikannya ke wujud murid biasa. Love stick milik Battle Lover Scarlet yang digunakan saat Love attack akan membentuk objek berbentuk hati bersayap yang nantinya akan meledak dan mengenai Siluman. Murid yang kembali ke wujud aslinya menjadi penuh cinta dan memiliki ekspresi yang sangat puas dan bahagia. Untuk mengakhiri, Battle Lovers akan meneriakkan "Love is Over!", yang biasanya dipercayakan oleh keempat anggota lainnya kepada Scarlet untuk meneriakkannya.
Zundar needle
Jarum yang dikeluarkan dari tubuh Zundar yang bekerja jika ada kekerasan maupun ketidakrasionalan yang tersembunyi di dalam seorang manusia, dan akan mengubahnya menjadi Siluman. Jarum ini dipakai Klub Penaklukan Bumi dengan cara menancapkannya ke leher siswa yang diinginkan. Saat akan menggunakannya, mereka akan meneriakkan "Aurum, Argentum, Perla donum!" yang merupakan bahasa Latin untuk "Pemberian dari Emas, Perak dan Mutiara".
Harisenbon
Mecha raksasa yang muncul di episode terakhir, dikendarai oleh Hireashi dan Zundar. Dalam kondisi normal, wujud mecha ini menyerupai ikan buntal, namun dapat berubah menjadi robot yang menyerupai manusia. Perlu dicatat juga bahwa Harisenbon (ハリセンボン) merupakan kata dalam bahasa Jepang yang berarti ikan buntal.

Anime[sunting | sunting sumber]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No. Judul Tanggal tayang[11]
01"Atas Nama Cinta"
"Ai to iu na no moto ni" (愛という名のもとに)
6 Januari 2015
Di Sekolah Menengah Atas Binan, anggota dari Klub Perlindungan Bumi, juga dikenal sebagai Klub Tidak Melakukan Apapun, menikmati kehidupan bersekolah mereka yang santai. Namun kehidupan sekolah mereka yang normal tiba-tiba saja berubah saat seekor wombat berwarna merah muda yang dapat berbicara muncul entah dari mana dan meminta mereka untuk menyelamatkan Bumi dengan kekuatan cinta dan menjadi pejuang magis yang dikenal dengan nama Battle Lovers.
02"Cinta Berarti Tidak Akan Merasa Menyesal"
"Ai to wa keshite kōkai shinai koto" (愛とはけして後悔しないこと)
13 Januari 2015
Selagi Klub Perlindungan Bumi saling bertemu untuk mencoba memahami peran baru mereka sebagai pahlawan super, dewan pelajar dari Sekolah Menengah Atas Binan juga berkumpul untuk membahas kemunculan kelompok misterius bernama Battle Lovers yang telah mengganggu rencana mereka, sebagai Klub Penaklukan Bumi atau Caerula Adamas, untuk menaklukkan Bumi.
03"Rasakan Cinta, Narcissus!"
"Aiseyo, Narushisu!" (愛せよ、ナルシス!)
20 Januari 2015
Tradisi kontes siswa imut di Sekolah Menengah Atas Binan semakin mendekat. Anggota Klub Perlindungan Bumi, yang terlihat tidak terlalu berminat pada acara ini, bermain-main di klub saat mereka luang. Namun ketika seorang pesaing dari dewan pelajar, Akoya, mencoba menantang Ryū, mereka memutuskan perlu mengadakan rapat strategi untuk mendorong orang yang paling giat di Klub Perlindungan Bumi menuju kemenangan. Sementara itu, pendamping klub balet yang berusaha, walaupun tidak membuahkan hasil, untuk menjadi pemenang kontes siswa imut ini menarik perhatian Klub Penaklukan Bumi.
04"Bishōnen Penuh Cinta dan Jiwa Muda"
"Ai to seishun no bishōnen" (愛と青春の美少年)
27 Januari 2015
Saat masih kecil, Atsushi dan Kinshirō mengungkapkan harapannya pada bintang jatuh. Suatu malam di ruang dewan pelajar, Kinshirō merenungkan kembali hari itu dan memperbarui sumpahnya untuk mendominasi dunia. Sementara itu, Klub Perlindungan Bumi mengadakan salah satu rapat umumnya di rumah pemandian Kurotamayu, membahas bagaimana rasanya menjadi muda. Keesokan harinya, semua siswa di Sekolah Menengah Atas Binan tiba-tiba berubah menjadi anak-anak, dan Battle Lovers terpaksa harus melawan siluman baru meskipun mereka sedang dalam wujud anak-anak.
05"Mencuri Cinta dengan Bebas"
"Ai wa oshiminaku ubau" (愛は惜しみなく奪う)
3 Februari 2015
Klub komunikasi massa mulai tertarik pada peristiwa-peristiwa terkini yang melibatkan Battle Lovers yang terjadi di sekitar sekolah, dan mulai mengejar Klub Perlindungan Bumi sehingga membuat anggotanya merasa tidak nyaman. Klub Perlindungan Bumi harus tetap merahasiakan identitas mereka yang sebenarnya.
06"Cinta adalah Hal yang Kalian Utarakan di Punggung"
"Ai wa sena de kataru mono" (愛は背中で語るもの)
10 Februari 2015
Klub Perlindungan Bumi terancam dibubarkan jika salah satu anggotanya tidak lulus dalam ujian. Dalam rangka membubarkan Klub Perlindungan Bumi secara paksa, dewan pelajar menawarkan Io sebuah pekerjaan menjadi bendahara dewan pelajar.
07"Cinta, Perkemahan, dan Sikat Gigi"
"Ai to gasshuku to haburashi" (愛と合宿と歯ブラシ)
17 Februari 2015
Klub Perlindungan Bumi pergi menuju perkemahan di pantai. Saat Io menyadari bahwa ada seseorang di antara mereka yang memakai sikat giginya, semua anggota klub mulai mencurigai satu sama lain. Sementara itu, Klub Penaklukan Bumi juga berlibur di sebuah resor mewah pribadi di dekat pantai tersebut.
08"Cinta yang Berkeliaran"
"Ai wa samayō" (愛は彷徨う)
24 Februari 2015
Siluman baru, yang memiliki kekuatan untuk membuat teman menjadi bermusuhan, muncul. Ketika En terkena pengaruh siluman tersebut, dia dan Atsushi mulai berdebat besar dan timbul ketegangan di antara mereka. Battle Lovers harus mengalahkan musuh baru ini dan menyelamatkan persahabatan En dengan Atsushi.
09"Cinta Lebih Kuat dari Harga Diri"
"Ai wa puraido yori tsuyoi" (愛はプライドより強い)
3 Maret 2015
Setelah siluman mereka dikalahkan satu per satu, Klub Penaklukan Bumi mencoba strategi baru untuk melawan Battle Lovers yaitu dengan memasang perangkap di Gunung Binan. Klub Perlindungan Bumi curiga akan adanya perangkap, dan juga mereka tidak memiliki cukup uang untuk melakukan perjalanan ke Gunung Binan. Namun, Klub komunikasi massa mendengar permasalahan tersebut dan menawarkan bantuan dana pada Klub Perlindungan Bumi jika mereka berpartisipasi dalam pemotretan. Klub Penaklukan Bumi pun menerima tawaran tersebut.
10"Cinta, itulah megane..."
"Ai, sore wa megane..." (愛、それはメガネ…)
10 Maret 2015
Yumoto mengalami masuk angin yang pertama kali baginya. Setelah beristirahat seharian di rumah, dia kembali bersekolah keesokan harinya; namun karakternya menjadi sangat berubah. Dia berubah menjadi karakter berkaca mata (megane) yang sangat ramah, mirip dengan teman sekelasnya, Rui Megawa. Hal ini membuat Rui cemburu atas kepopuleran Yumoto di kalangan para senior.
11"Cobaan Bernama Cinta"
"Ai to iu na no shiren" (愛という名の試練)
17 Maret 2015
Sekolah Menengah Atas Binan mulai mempersiapkan Festival Budaya rutin mereka. Karena kelas atau klub yang berhasil memenangkan pemilihan kepopuleran akan menerima hadiah uang tunai, Klub Perlindungan Bumi pun akan berpartisipasi. Mereka memutuskan untuk menyajikan kari buatan Atsushi dan berubah agar dapat mengenakan kostum Battle Lovers untuk menjual "Kari Pahlawan Cosplay". Saat Festival Budaya, Kinshiro mengikuti bau kari yang terbawa hingga ke ruang dewan pelajar dan dia menemukan Atsushi yang sedang berubah menjadi Epinard di ruangan Klub Perlindungan Bumi. Rahasia mereka pun terbongkar. Lalu, karena didorong oleh kenangan yang menyakitkan, Kinshiro berubah menjadi Orite, dan pertempuran yang ditakdirkan antara Battle Lovers dan Caerula Adamas pun dimulai.
12"Cinta Selamanya Love Forever"
"Ai yo eien ni Love Forever" (愛よ永遠に Love Forever)
24 Maret 2015
Ikan mas Hireashi mengungkapkan bahwa semua peristiwa yang terjadi pada Battle Lovers dan Caerula Adamas sesungguhnya adalah sebuah acara realitas yang ditayangkan di seluruh semesta.

Jadwal tayang[sunting | sunting sumber]

Periode tayang Jam tayang Saluran televisi Wilayah sasaran[11]
6 Januari 2015 Setiap Rabu pukul 01.40 - 02.10 TV Tokyo Wilayah Kantō
6 Januari 2015 Setiap Rabu pukul 03.05 - 03.35 TV Aichi Prefektur Aichi
9 Januari 2015 Setiap Sabtu pukul 02.40 - 03.10 Television Osaka Prefektur Osaka
10 Januari 2015 Setiap Sabtu pukul 18.00 - 18.30 AT-X Seluruh Jepang

Staf[sunting | sunting sumber]

  • Cerita asli: Kurari Umatani
  • Sutradara: Shinji Takamatsu
  • Penulis seri: Michiko Yokote
  • Penyunting: Toshihiko Kojima
  • Perancang konsep: Chizuru Miyawaki
  • Perancang karakter: Masakazu Ishikawa
  • Perancang properti: Yumiko Hara
  • Pengarah animasi: Masakazu Ishikawa, Yasuyuki Noda, Yumiko Hara
  • Pengarah seni: Masatoshi Muto
  • Pengarah fotografi: Yasuyuki Itō
  • Koordinator warna: Shuji Kamimura
  • Produksi animasi: Diomedéa
  • Musik: yamazo
  • Produksi musik: Pony Canyon

BD dan DVD[sunting | sunting sumber]

Volume Tanggal rilis Isi Nomor standar
BD DVD
1 18 Maret 2015 Episode 1-2 PCXG-50461 PCBG-52681
2 15 April 2015 Episode 3-4 PCXG-50462 PCBG-52682
3 20 Mei 2015 Episode 5-6 PCXG-50463 PCBG-52683
4 17 Juni 2015 Episode 7-8 PCXG-50464 PCBG-52684
5 15 Juli 2015 Episode 9-10 PCXG-50465 PCBG-52685
6 19 Agustus 2015 Episode 11-12 PCXG-50466 PCBG-52686

Musik[sunting | sunting sumber]

Sampul dari lima album CD Binan Koukou Chikyusboueibu Love!. Dari kiri atas ke kanan bawah: Zettai Muteki☆Fallin' LOVE☆, I miss you no 3 meter, Battle Lovers Songs ~Love Shower!~, Caerula Adamas ~Conquest!~, dan Chikyuboueibu Duet Songs ~Love Making!~.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Lagu Pembuka "Zettai Muteki☆Fallin' LOVE☆" (絶対無敵☆Fallin'LOVE☆)[5]
Lirik oleh hotaru, digubah dan diaransemen oleh Kōsuke Okui. Lagu ini dibawakan oleh Klub Perlindungan Bumi (Kazutomi Yamamoto, Yuichiro Umehara, Kōtarō Nishiyama, Yusuke Shirai, dan Toshiki Masuda).
Pada episode pertama dan terakhir, lagu ini dipakai sebagai lagu penutup. Pada episode keduabelas, lagu yang dinyanyikan merupakan versi yang lebih panjang.
Lagu Penutup "I miss you no 3 meter" (I miss youの3メートル)[5]
Lirik oleh hotaru, digubah dan diaransemen oleh eba. Lagu ini dibawakan oleh Klub Penaklukan Bumi (Hiroshi Kamiya, Jun Fukuyama, dan Takuma Terashima).
Pada episode pertama dan terakhir, lagu ini tidak dipakai. Pada episode kesebelas, lirik yang digunakan adalah yang bagian bawah, berbeda dengan episode-episode sebelumnya.

CD[sunting | sunting sumber]

Komite Produksi Binan Koukou Chikyuuboueibu Love! merilis beberapa buah album CD, di antaranya adalah tiga album character song, satu album lagu pembuka, dan satu album lagu penutup.[12]

Zettai Muteki☆Fallin' LOVE☆
Ini adalah album lagu pembuka. Dirilis pada 21 Januari 2015 dengan harga 1.204 Yen + pajak. Nomor katalog: PCCG-70245. Album ini dilengkapi dengan sebuah kartu tokoh Klub Perlindungan Bumi digambar dengan gaya super deformed yang disisipkan secara acak dari lima jenis kartu yang ada. Pada album ini terdapat pula foto seluruh pengisi suara dari Klub Perlindungan Bumi yang sudah ditandatangani oleh mereka.
Seluruh lirik diciptakan oleh hotaru, seluruh musik diciptakan oleh Kōsuke Okui.
I miss you no 3 meter
Ini adalah album lagu penutup. Dirilis pada 21 Januari 2015 dengan harga 1.204 Yen + pajak. Nomor katalog: PCCG-70246. Album ini dilengkapi dengan sebuah kartu tokoh Klub Penaklukan Bumi yang disisipkan secara acak dari tiga jenis kartu yang ada. Pada album ini terdapat pula dua lembar karton yang dapat dipotong dan direkatkan sehingga membentuk penggaris tiga meter.
Seluruh lirik diciptakan oleh hotaru, seluruh musik diciptakan oleh eba.
Battle Lovers Songs ~Love Shower!~
Ini adalah album character song yang pertama. Dirilis pada 18 Februari 2015 dengan harga 1.800 Yen + pajak. Nomor katalog: PCCG-01462.
Seluruh lirik diciptakan oleh hotaru. 
Caerula Adamas ~Conquest!~
Ini adalah album character song yang kedua. Dirilis pada 18 Februari 2015 dengan harga 1.500 Yen + pajak. Nomor katalog: PCCG-01461.
Seluruh lirik diciptakan oleh hotaru. 
Chikyuboueibu Duet Songs ~Love Making!~
Ini adalah album character song yang ketiga. Dirilis pada 29 April 2015 dengan harga 1.500 Yen + pajak. Nomor katalog: PCCG-01476.
Seluruh lirik diciptakan oleh hotaru. 

Manga[sunting | sunting sumber]

Sampul manga Binan Koukou Chikyuseifukubu Love!

Sebuah spin-off dari seri asli berjudul Binan Koukou Chikyuseifukubu Love! (美男高校地球征服部LOVE!, Binan Kōkō Chikyū Seifuku-bu Love!, harfiah: "Klub Penaklukan Bumi Sekolah Menengah Atas Laki-laki Imut Cinta!") memulai seri bulanannya melalui majalah komik di situs web Pony Canyon (Ponimaga.jp), pada 16 Oktober 2014, dan dapat dibaca secara gratis. Manga ini lebih berfokus pada kehidupan para antagonis dari seri aslinya.[13] Manga ini ditulis oleh Kurari Umatani dengan Morino Mizu sebagai ilustratornya.

Daftar volume[sunting | sunting sumber]

No.JudulTanggal rilis versi ISBN versi
1(Tak berjudul)16 Oktober 2014
2"Pertemuan dengan Makhluk Misterius"
"Nazo no seimeitai to no deai" (謎の生命体との出会い)
13 November 2014
3"Rahasia Arima"
"Arima no himitsu" (有馬の秘密)
4 Desember 2014
4"Hari Pertama Akoya"
"Akoya no ichinichi" (阿古哉の1日)
25 Desember 2014
5"Penderitaan Kusatsu"
"Kusatsu no kunō" (草津の苦悩)
29 Januari 2015
6"Conquest!"
"Konkuesuto!" (コンクエスト!)
26 Februari 2015
7"Caerula Adamas"
"Kaerura Adamasu" (カエルラ・アダマス)
26 Maret 2015

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Sebuah novel ringan berjudul Binan Koukou Chikyuboueibu Love! Novel! (美男高校地球防衛部LOVE!NOVEL!, Binan Kōkō Chikyū Bouei-bu Love! Novel!, harfiah: "Klub Perlindungan Bumi Sekolah Menengah Atas Laki-laki Imut Cinta! Novel!") dengan ISBN 978-4-86529-112-4 dirilis di Jepang pada 7 Januari 2015 sebagai novel paperback seharga 670 Yen.[8] Novel ringan ini ditulis oleh Takahashi Natsuko dengan Hara Yumiko sebagai ilustratornya.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan bergenre otome berjudul Binan Koukou Chikyuboueibu Love! Game! (美男高校地球防衛部LOVE!GAME!, Binan Kōkō Chikyū Bouei-bu Love! Game!, harfiah: "Klub Perlindungan Bumi Sekolah Menengah Atas Laki-laki Imut Cinta! Permainan!") telah dirilis oleh Anipani (gabungan Naver PlayArt dengan Animate)[9] untuk perangkat Android pada 25 Februari 2015.[1] dan iOS pada 26 Februari untuk iOS[2]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Ulasan mengenai anime ini umumnya bersifat positif. Amy McNulty dari Anime News Network memberikan nilai "A" untuk tiga episode pertamanya dan menuliskan bahwa: "Binan Koukou Chikyuboueibu Love! dapat membuat tertawa setiap penggemar anime yang ada, meskipun penggemar yang sudah lama menyukai seri bergenre mahou shoujo pastinya akan lebih memahami lelucon-lelucon yang ditawarkan. Sebagai parodi dari sebuah genre yang telah ada dan masih menghibur kita dalam wujud yang berbeda, seri ini menyisipkan kritik dan pujian terhadap genre mahou shoujo tersebut dengan apik. Hal ini bersifat komedi, namun bukan hanya banyolan sesaat. Ya, anime ini juga memiliki situasi-situasi klimaks, namun yang dihadirkan di anime ini sedikit lebih masuk akal dibandingkan situasi yang ada pada genre mahou shoujo pada umumnya. Hal ini berhasil. Kita tidak menertawakan acaranya, tapi kita tertawa bersama dengan acara ini."[14] Ketika mengulas episode kesembilan, yang dia berikan nilai "A+", McNulty menuliskan bahwa seri ini: "menunjukkan bahwa acara ini sangat menghibur ketika di satu sisi ini merupakan sebuah parodi, namun di sisi lain ini juga merupakan acara mahou shounen yang memiliki wujud tersendiri. Cerita di mana para Battle Lovers dapat berbincang-bincang dengan siluman melon sebelum mereka menyembuhkannya dengan cinta merupakan perubahan pola lainnya yang menghibur terhadap konsep berikan-ceramah-mengenai-keadilan-kepada-siluman-lalu-pulihkan-mereka-dengan-cinta yang biasa. Secara keseluruhan, penonton dapat menghabiskan lebih banyak waktu pada siluman ini dibandingkan dengan siluman-siluman yang sebelumnya, membuka jalan agar para penonton dapat tertawa lebih banyak."[15]

Ian Wolf, menulis untuk Anime UK News, memberikan nilai 9 dari 10 untuk dua episode pertamanya dan mengatakan: "Binan Koukou Chikyuboueibu Love! sejauh ini telah membuktikan dirinya sebagai acara yang sangat menghibur, terutama karena parodi terkenal yang dihadirkannya. Seri ini meniru semua bentuk berlebihan dari mahou shoujo umumnya, baik posenya, kata-kata yang diucapkannya, perubahannya, maupun serangannya. Satu-satunya perbedaan yang jelas adalah bahwa di sini mereka memiliki tokoh laki-laki, bukannya perempuan." Ian Wolf juga menyatakan perbandingannya terhadap acara seperti Ouran High School Host Club, sebuah manga komedi romantis yang juga merupakan parodi terhadap manga romantis; dan Free! yang memiliki basis penggemar serupa, yaitu fujoshi, dengan mengatakan: "Jujur saja, kita semua tahu tak lama setelah konsep lima anak laki-laki atraktif berpadu dengan mahou shoujo ini dirilis, setiap fujoshi dan fudanshi akan bersiap-siap untuk menuliskan cukup banyak fiksi penggemar."[16]

Dalam ulasan untuk tiga episode pertamanya, Dan Barnett dari UK-Anime Network memberikan seri ini nilai 7 dari 10 dan mengklaim bahwa: "Binan Koukou Chikyuboueibu Love! adalah seri yang memiliki potensi untuk berhasil dan menjadi sangat terkenal dengan cepat jika pihak produksi memainkan kartu yang tepat. Tidak dapat disangkal, seri ini sangat lucu di mana para tokohnya menanggapi segala sesuatu di sekitar mereka dengan serius, dan terdapat banyak sindiran seksual yang kerap diluncurkan, sehingga tak mungkin wajah kita tetap datar sepanjang acara. Penderitaan yang dialami Wombat karena harus mencoba menghindari pelukan Yumoto juga sangat lucu! Yang sedikit meragukan adalah dalam tiga episode ini hanya ada sedikit bukti di mana alur cerita ini akan berubah dan tidak mengikuti pola 'tokoh jahat menciptakan siluman pekan ini' biasa yang khas dari genre ini. ... Ini adalah jalur berkelok yang cukup sulit untuk dilalui jika seri ini ingin mendapatkan penonton seluas mungkin, meskipun pasti ada penggemar di luar sana yang sudah senang mendapatkan seri bishōnen lainnya untuk mengisi kekosongan karena ditinggalkan Free!."[17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "美男高校地球防衛部LOVE!GAME! - Android Apps on Google Play". Google Play. 
  2. ^ a b "iTunes の App Store で配信中の iPhone、iPod touch、iPad 用 美男高校地球防衛部LOVE!GAME!". App Store. 
  3. ^ "Binan Koko Chikyuu Boei-bu Love Anime with High School Boys Unveiled". Anime News Network. 2014-09-26. Diakses tanggal 2014-12-30. 
  4. ^ a b c d e f g h i j k "Binan Koko Chikyuu Boei-bu Love Anime Staff, Cast, Promo Video Unveiled". Anime News Network. 2014-10-02. Diakses tanggal 2014-12-30. 
  5. ^ a b c d "Binan Koko Chikyuu Boei-bu Anime 2nd Video Reveals Opening Song, Tomokazu Sugita". Anime News Network. 2014-11-26. Diakses tanggal 2014-12-30. 
  6. ^ "Madman's Final Day of Christmas Brings Five New Acquisitions". Anime News Network. 2014-12-22. 
  7. ^ "Funimation to Stream Cute High Earth Defense Club Love! Anime". Anime News Network. 2014-12-30. 
  8. ^ a b "美男高校地球防衛部 LOVE!NOVEL! (ぽにきゃんBOOKSライトノベルシリーズ)" (dalam bahasa Jepang). Amazon.jp. 
  9. ^ a b "美男高校地球防衛部LOVE!GAME!|事前登録サイト" (dalam bahasa Jepang). Anipani.jp. 
  10. ^ a b c d e f g h i "TVアニメ「美男高校地球防衛部LOVE!」公式ホームページ" (dalam bahasa Jepang). Komite Produksi Binan Koukou Chikyuuboueibu Love!. 
  11. ^ a b "Cute High Earth Defense Club Love! Airdates" (dalam bahasa Jepang). Komite Produksi Binan Koukou Chikyuuboueibu Love!. 
  12. ^ "Cute High Earth Defense Club Love! Music" (dalam bahasa Jepang). Komite Produksi Binan Koukou Chikyuuboueibu Love!. 
  13. ^ "2015年1月放送予定のアニメ「美男高校地球防衛部LOVE!」のコミカライズ!" (dalam bahasa Jepang). Ponimaga.jp. 2014-10-16. 
  14. ^ McNulty, Amy (2015-01-21). "Cute High Earth Defense Club LOVE!: Episodes 1-3". Anime News Network. Diakses tanggal 2015-03-07. 
  15. ^ McNulty, Amy (2015-03-04). "Cute High Earth Defense Club LOVE!: Episodes 9". Anime News Network. Diakses tanggal 2015-03-07. 
  16. ^ "Cute High Earth Defense Club LOVE!: Episodes 1-2 (Streaming on Crunchyroll)". Anime UK News. 2015-01-15. Diakses tanggal 2015-03-07. 
  17. ^ Barnett, Dan (2015-01-23). "Anime Review: Cute High Earth Defense Club LOVE! - Eps. 1-3". UK-Anime Network. Diakses tanggal 2015-03-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]