Fujoshi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Fujoshi (腐女子, lit. "wanita/gadis busuk") adalah istilah Jepang yang digunakan untuk menyebut penggemar wanita manga dan novel yang menampilkan hubungan romantis antara laki-laki (yaoi). Fujoshi menikmati membayangkan apa yang akan terjadi jika karakter laki-laki dari manga dan anime, dan pemain laki-laki kadang-kadang kehidupan nyata juga, saling mencintai. Label ini meliputi penggemar yang lebih muda, kisah cinta bergenre sendiri, serta sifat manga, anime, dan video game terkait yang telah muncul sebagai pasar untuk karya-karya tersebut telah dikembangkan. Istilah "fujoshi" adalah plesetan homofon pada fujoshi (婦女子), Sebuah istilah untuk wanita terhormat, diciptakan dengan mengganti karakter 婦 (diucapkan fu), yang berarti wanita yang sudah menikah atau wanita, dengan karakter 腐 (juga diucapkan fu), yang berarti difermentasi atau busuk. Nama ini diciptakan oleh media massa, tetapi direklamasi oleh fans yaoi. Fans sendiri mengacu pada cara berpikir mereka, yang memandang hubungan homoseksual antara karakter laki-laki dalam cerita-cerita yang tidak termasuk tema homoseksual, sebagai "busuk" . "Fujoshi" membawa konotasi menjadi "wanita jatuh". Istilah berasal dari channel TV Jepang di awal 2000-an.

Fujoshi tua menggunakan berbagai istilah untuk menyebut diri mereka, termasuk sebagai kifujin (貴腐人, "wanita mulia yang busuk"), pun pada kata homofon berarti "wanita baik-baik saja", dan ochōfujin (汚超腐人), Yang terdengar mirip dengan frasa yang berarti "Madame Butterfly", mungkin diambil dari karakter dijuluki ochōfujin (汚超腐人) dalam seri 1972 manga Ace o Nerae! oleh Sumika Yamamoto label tersebut diciptakan dalam semangat yang sama mencela diri sendiri sebagai fujoshi.

Menurut isu, dalam beberapa kali fujoshi bisa dilihat sebagai Otaku perempuan pada umumnya, meskipun memperingatkan bahwa tidak semua penggemar Yaoi adalah Otaku, karena ada beberapa pembaca Yaoi yang lebih santai. Seperti fujoshi adalah istilah yang paling terkenal , sering digunakan oleh media Jepang dan oleh orang-orang luar subkultur otaku untuk merujuk otaku perempuan sebagai kelompok, terlepas dari apakah mereka adalah penggemar BL (singkatan dari Boys Love/lihat Yaoi). Penggunaan ini dapat dianggap ofensif oleh otaku perempuan yang bukan penggemar BL.

Pria yang sama seperti fujoshi, menikmati membayangkan hubungan antara karakter dalam karya fiksi ketika hubungan itu bukan bagian dari maksud penulis dapat disebut fudanshi (腐男子, "Anak busuk") atau fukei (腐兄, "Kakak busuk"), keduanya merupakan permainan kata-kata dari konstruksi mirip dengan fujoshi.

Jenis fujoshi[sunting | sunting sumber]

  • Yunoshi: Cenderung lebih memilih seme (atas, atau tokoh dominan), namun masih mendukung uke (bawah, atau tokoh pasif).
  • Kainoshi: Bertentangan dengan Yanoshi, lebih suka uke lebih seme karena sifatnya manis.
  • Pandajoshi: Mendukung semua jenis pasangan BL (uke/seme atau sebaliknya). Biasanya tidak mengasosiasikan dengan fujoshi istilah.

Fujoshi sebagai karakter[sunting | sunting sumber]

Fujoshi digunakan sebagai karakter dalam anime dan manga otaku bertema, terutama yang ditujukan untuk laki-laki. Judul populer termasuk Tonari no 801-chan, My Girlfriend’s a Geek. Sebuah serial TV yang menampilkan seorang polisi yang menjadi fujoshi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]