Bendera-bendera di Afrika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta Afrika dengan bendera nasional, tidak termasuk wilayah yang bergantung dan negara bagian yang diakui sebagian

Ini adalah berbagai bendera di benua Afrika.

Bendera supranasional dan internasional[sunting | sunting sumber]

Daftar lengkap bendera yang mewakili organisasi internasional dan supranasional intra-Afrika, yang menghilangkan organisasi antarbenua seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa:

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2010 – Bendera Uni Afrika Bendera Uni Afrika adalah bendera hijau dengan peta hijau tua benua Afrika di atas matahari putih, dikelilingi oleh lingkaran 55 bintang emas (kuning) berujung lima.
1945 – Bendera Liga Arab Bendera Liga Arab adalah dua cabang zaitun dan 22 mata rantai yang melingkari bulan sabit dan nama organisasi (dalam bahasa Arab)
2008 – Bendera Komunitas Afrika Timur Komunitas Afrika Timur (bahasa Inggris: East African Community, disingkat EAC) adalah organisasi antar pemerintah yang terdiri dari tujuh negara di wilayah Danau besar afrika di Afrika Timur: Republik Demokratik Kongo, Republik Tanzania, Republik Kenya, Burundi, Rwanda, Sudan Selatan, dan Uganda. Évariste Ndayishimiye, presiden Burundi, adalah ketua EAC saat ini.
2013 – Bendera Kelompok Daerah Afrika, Karibia, dan Pasifik Organisasi Negara-negara Afrika, Karibia, dan Pasifik (OACPS) adalah sekelompok negara di Afrika, Karibia, dan Pasifik yang dibentuk oleh Perjanjian Georgetown pada tahun 1975. Sebelumnya dikenal sebagai Kelompok Negara Afrika, Karibia, dan Pasifik (ACP) , tujuan utama organisasi ini adalah pembangunan berkelanjutan dan pengentasan kemiskinan di negara-negara anggotanya, serta integrasi mereka yang lebih besar ke dalam ekonomi dunia.
2011 – Bendera Organisasi Kerja Sama Islam Bendera Organisasi Kerjasama Islam berwarna putih dengan bulan sabit hijau dan bola dunia, dengan Ka'bah di tengah bola dunia.
1960 – BenderaOrganisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (bahasa Inggris: Organization of the Petroleum Exporting Countries, disingkat OPEC) adalah organisasi yang bertujuan sebagai tempat negosiasi terhadap masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi antara negara pengekspor minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak bumi.
1992 – Bendera Komunitas Pembangunan Afrika Selatan Komunitas Pembangunan Afrika Selatan (bahasa Inggris: Southern African Development Community, disingkat SADC) adalah organisasi antar pemerintah yang berkantor pusat di Gaborone, Botswana.

Tujuannya adalah untuk memajukan kerja sama dan integrasi sosio-ekonomi regional serta kerja sama politik dan keamanan di antara 16 negara di Afrika bagian selatan

Bendera negara berdaulat Afrika[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1962 – Bendera Algeria Bendera terdiri dari dua garis vertikal yang sama, hijau dan putih, diisi di tengah dengan bintang merah dan bulan sabit, simbol Islam sebagai agama utama bangsa.
1975 – Bendera Angola Bendera tersebut memiliki dua pita horizontal berwarna merah dan hitam dengan lambang Machete dan Gear berwarna emas di tengahnya terdiri dari bintang berujung lima di dalam roda gigi setengah yang disilangkan oleh parang (menyerupai palu dan arit yang digunakan pada bendera Soviet). Sebagaimana digariskan dalam Konstitusi Angola, bagian merah dari bendera menandakan pertumpahan darah – selama periode kolonial Angola, perjuangan kemerdekaan, dan dalam mempertahankan negara. Setengah hitam melambangkan Afrika. Pada lambang pusat, roda gigi melambangkan pekerja industri dan produksi, parang melambangkan kaum tani, produksi pertanian dan perjuangan bersenjata, dan bintang berbentuk seperti bintang merah melambangkan solidaritas dan kemajuan internasional. Warna kuning lambang melambangkan kekayaan negara.
1959 – 1975
1990 –
Bendera Benin Sebagaimana dinyatakan dalam lagu kebangsaan Benin, warna hijau bendera melambangkan harapan akan demokrasi baru. Merah melambangkan keberanian para leluhur, dan kuning melambangkan harta karun bangsa. Di tingkat benua, warna kuning, hijau, dan merah mewakili gerakan Pan-Afrika.
1966 – Bendera Botswana Biru muda melambangkan air—khususnya, dalam bentuk hujan, karena merupakan sumber daya berharga di Botswana. Warna biru juga menyinggung moto yang ditampilkan pada lambang Botswana—Pula, yang berarti "Jadilah hujan" dalam bahasa Setswana—serta kehidupan, yang ditopang oleh air.

Pita hitam dengan bingkai putih memiliki dua arti. Pertama, melambangkan keharmonisan dan kerja sama antara orang-orang dari berbagai ras yang tinggal di Botswana, serta keragaman ras di negara tersebut. Selain itu, mereka mewakili garis-garis zebra, hewan nasional Botswana.

1984 – Bendera Burkina Faso Bendera nasional Burkina Faso (Prancis: drapeau du Burkina Faso) dibentuk oleh dua pita horizontal yang sama berwarna merah (atas) dan hijau, dengan bintang kuning berujung lima di tengahnya. Bendera tersebut diadopsi pada 4 Agustus 1984. Bendera tersebut menggunakan warna Pan-Afrika dari Ethiopia, yang mencerminkan pemutusan hubungan dengan masa lalu kolonial negara tersebut dan persatuannya dengan bekas koloni Afrika lainnya. Merah juga dikatakan melambangkan revolusi dan hijau melambangkan kekayaan pertanian dan alam. Bintang kuning yang diletakkan di atas garis-garis merah dan hijau melambangkan cahaya penuntun revolusi. Bendera tersebut diadopsi setelah kudeta tahun 1983 yang membawa Thomas Sankara ke tampuk kekuasaan.
1982 – Bendera Burundi Warna putih saltire melambangkan perdamaian, hijau melambangkan harapan bangsa yang diletakkan pada pembangunan masa depan dan merah melambangkan penderitaan bangsa selama perjuangan kemerdekaannya. Tiga bintang dalam konfigurasi segitiga melambangkan tiga kelompok etnis Burundi: Hutu, Twa, dan Tutsi. Tiga bintang itu juga melambangkan tiga elemen moto nasional: Unité, Travail, Progrès ("Persatuan, Kerja, dan Kemajuan"), yang dapat dilihat pada lambang negara Burundi. Mereka juga mewakili kesetiaan yang telah dijanjikan warga negara kepada Tuhan, raja, dan negara mereka.
1975 – Bendera Kamerun Bendera nasional Kamerun (Prancis: drapeau du Cameroun) diadopsi dalam bentuknya yang sekarang pada 20 Mei 1975 setelah Kamerun menjadi negara kesatuan. Ini adalah tiga warna vertikal hijau, merah dan kuning, dengan bintang berujung lima di tengahnya. Ada variasi yang luas dalam ukuran bintang pusat, meski selalu berada di dalam garis dalam.
1992 – Bendera Cape Verde Bendera nasional Tanjung Verde (Portugis: bandeira de Cabo Verde; Capeverdean (ALUPEC): bandera di Kauberdi) diadopsi pada 22 September 1992, menggantikan bendera yang diadopsi selama kemerdekaan Tanjung Verde, diperjuangkan dengan Guinea-Bissau, bekas jajahan Portugis lainnya di daratan Afrika Barat.
Flag of the Central African Republic 1958 – Bendera Republik Afrika Tengah Bendera Republik Afrika Tengah (bahasa Prancis: Drapeau de la République centrafricaine; Sango: Bendêre tî Bêafrîka) secara resmi diadopsi pada tahun 1958. Bendera ini dipertahankan sejak saat itu dengan desain yang sama, empat garis horizontal berwarna biru, putih, hijau dan kuning, dan satu pita merah vertikal, dengan bintang kuning berujung lima di sudut kiri atas.
1959 – Bendera Chad Bendera Chad adalah tiga warna vertikal yang terdiri (kiri ke kanan) dari kolom biru, emas, dan merah. Ini dimaksudkan untuk menjadi kombinasi warna biru, putih dan merah seperti yang terlihat pada Bendera Prancis dengan warna Pan-Afrika hijau, kuning dan merah.[1] Selanjutnya, warna biru melambangkan langit dan harapan; emas adalah matahari dan gurun, dan merah menandakan pertumpahan darah atas kemerdekaan.[2]
2001 – Bendera Komoro Bendera nasional Uni Komoro (bahasa Prancis resmi: Union des Comores, bahasa Komoro: Udzima wa Komori, bahasa Arab: الاتّحاد القمريّ, al-Ittiḥād al-Qamarī) dirancang pada tahun 2001 dan diadopsi secara resmi pada tanggal 23 Desember 2001.
2006 – Bendera Republik Demokratik Kongo Bendera nasional Republik Demokratik Kongo (Prancis: drapeau de la république démocratique du Congo) adalah bendera biru langit, dihiasi dengan bintang kuning di kanton kiri atas dan dipotong secara diagonal oleh garis merah dengan fimbriasi kuning. Itu diadopsi pada 18 Februari 2006.
1959 – 1970
1991 –
Bendera Republik Kongo Warna bendera membawa makna budaya, politik, dan daerah. Warna hijau melambangkan pertanian dan hutan Kongo, sedangkan warna kuning melambangkan "persahabatan dan kebangsawanan" orang Kongo.[3][4] Namun, simbolisme di balik warna merah tidak dapat dijelaskan.[3] Dari sudut pandang kontinental, hijau, kuning dan merah adalah warna gerakan Pan-Afrika.;[5]
1977 – Bendera Jibuti Bendera nasional Djibouti (Somalia: Calanka Jabuuti, bahasa Arab: علم جيبوتي, bahasa Prancis: Drapeau de Djibouti) adalah bendera dua warna horizontal dengan pita biru muda dan hijau muda yang sama, dengan segitiga putih sama sisi di kerekan.
1984 – Bendera Mesir Mesir (bahasa Arab: مصر Miṣr [mesˁr], pengucapan bahasa Arab Mesir: [mɑsˤr]), secara resmi Republik Arab Mesir, adalah negara lintas benua yang membentang di sudut timur laut Afrika dan sudut barat daya Asia melalui jembatan darat yang dibentuk oleh Semenanjung Sinai .
1979 – Bendera Guinea Khatulistiwa Bendera Guinea Khatulistiwa (bahasa Spanyol: Bandera de Guinea Ecuatorial; bahasa Prancis: Drapeau de la Guinée équatoriale; bahasa Portugis: Bandeira da Guiné Equatorial) diadopsi pada 21 Agustus 1979.
1995 – Bendera Eritrea Bendera Eritrea (Tigrinya: ሃገራዊት ባንዴራ ኤርትራ, bahasa Arab: علم إريتريا الوطني) adalah bendera nasional Eritrea. Diadopsi pada tanggal 5 Desember 1995. Bendera menggabungkan tata letak dasar dan warna dari bendera Front Pembebasan Rakyat Eritrea dengan lambang karangan bunga dan cabang zaitun tegak yang berasal dari bendera 1952–1962.
1968 – Bendera Eswatini Bendera Eswatini diadopsi pada 6 Oktober 1968 setelah Eswatini (sebelumnya dikenal sebagai Swaziland) memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris satu bulan sebelumnya.
2009 – Bendera Etiopia Bendera Etiopia (Amharik: የኢትዮጵያ ሰንደቅ ዐላማ, diromanisasi: Ye-Ītyōṗṗyā sändäq ʿälama) adalah bendera nasional Etiopia. Ini terdiri dari tiga warna hijau, kuning, dan merah dengan lambang nasional, pentagram emas pada cakram biru, ditumpangkan di tengah.
1960 – Bendera Gabon Warna kuning mengacu pada Garis Khatulistiwa — yang melintasi negara[3] — dan juga melambangkan matahari.[6] Hijau melambangkan sumber daya alam Gabon.[5][6] Biru melambangkan laut,[5][6] khususnya Samudera Atlantik Selatan.[3]
1965 – Bendera Gambia Warna biru mengacu pada Sungai Gambia, yang merupakan fitur geografis utama negara dan dari mana negara tersebut mendapatkan namanya.[3] Merah membangkitkan matahari – mengingat kedekatan Gambia dengan Khatulistiwa[3] – serta sabana,[7] sedangkan garis putih tipis melambangkan "persatuan dan perdamaian".[3][7] Hijau melambangkan hutan[8] dan barang pertanian yang sangat bergantung pada orang Gambia, baik untuk ekspor maupun penggunaan pribadi.[3]
1957 – 1958
1963 – 1964
1966 –
Bendera Ghana Bendera nasional Ghana terdiri dari triband horizontal merah, emas, dan hijau. Itu dirancang sebagai pengganti Blue Ensign British Gold Coast.
1958 – Bendera Guinea Bendera nasional Guinea (Prancis: drapeau de la Guinée) diadopsi pada 10 November 1958, dengan penerbitan Konstitusi pertama negara tersebut.
1973 – Bendera Guinea-Bissau Bendera Guinea-Bissau terdiri dari garis merah vertikal di sisi kerekan yang diisi dengan bintang hitam berujung lima dan dua garis horizontal kuning dan hijau di sisi terbang.

Desain bendera diambil dari bendera Texas, sedangkan warna Pan-Afrika kuning, hijau, merah dan hitam diambil dari bendera Ghana.

1959 – Bendera Pantai Gading Bendera nasional Pantai Gading (Prancis: drapeau de la Côte d'Ivoire) adalah bendera tiga warna yang terdiri dari pita oranye (sisi kerekan), putih, dan hijau yang sama. Proporsi bendera adalah 2:3. Ini adalah lambang nasional Republik Pantai Gading sebagaimana ditegaskan dalam Pasal 29 Konstitusi Pantai Gading tahun 1960.
1963 – Bendera Kenya Bendera Kenya (Swahili: Bendera ya Kenya) adalah tiga warna hitam, merah, dan hijau dengan dua sisi putih yang dikenakan dengan perisai Maasai merah, putih dan hitam dan dua tombak bersilang. Bendera ini didasarkan pada Persatuan Nasional Afrika Kenya dan secara resmi diadopsi pada 12 Desember 1963 setelah kemerdekaan Kenya.
2006 – Bendera Lesotho Bendera nasional Lesotho saat ini, diadopsi pada peringatan 40 tahun kemerdekaan Lesotho pada 4 Oktober 2006, menampilkan tiga warna horizontal biru, putih, dan hijau dengan mokorotlo hitam (topi Basotho) di tengahnya. Desain ini dimaksudkan untuk mencerminkan keadaan yang damai secara internal dan dengan satu-satunya tetangganya Afrika Selatan, menggantikan desain bendera lama yang menampilkan lambang militer perisai, tombak, dan knobkerrie.
1847 – Bendera Liberia Bendera Liberia atau bendera Liberia, terkadang disebut Lone Star, sangat mirip dengan bendera Amerika Serikat, mewakili pendirian Liberia oleh mantan budak kulit hitam dari Amerika Serikat dan Karibia. Mereka berdua adalah bagian dari keluarga bendera bintang dan garis.

Bendera Liberia memiliki garis merah dan putih yang serupa, serta kotak biru dengan bintang putih di kantonnya. Itu diadopsi pada 24 Agustus 1847.

1951 – 1969
2011 –
Bendera Libia Bendera nasional Libya awalnya diperkenalkan pada tahun 1951, setelah berdirinya Kerajaan Libya. Itu dirancang oleh Omar Faiek Shennib dan disetujui oleh Raja Idris Al Senussi yang terdiri dari delegasi PBB yang mewakili tiga wilayah Cyrenaica, Fezzan, dan Tripolitania pada diskusi penyatuan PBB.

Bendera dihapuskan setelah jatuhnya Kerajaan pada tahun 1969, dan diktator Muammar al-Gaddafi telah menerapkan beberapa bendera berbeda sejak saat itu, tetapi akhirnya disesuaikan kembali oleh Dewan Transisi Nasional setelah jatuhnya Gaddafi pada 3 Agustus 2011. .

Bendera terdiri dari desain triband merah-hitam-hijau, pita hitam tengah berukuran dua kali lebar pita luar. Bintang putih dan bulan sabit terletak di tengah bendera.

1958 – Bendera Madagaskar Bendera nasional Madagaskar (Malagasi: sainan'i Madagasikara; Prancis: drapeau de Madagascar) diadopsi pada 14 Oktober 1958, dua tahun sebelum kemerdekaan saat mereka mempersiapkan referendum tentang statusnya di Komunitas Prancis.

Warna bendera mewakili sejarah Madagaskar dan kelas petani tradisional. Merah dan putih adalah warna kerajaan Merina, yang ditaklukkan oleh Prancis pada tahun 1896. Mereka digunakan dalam bendera raja Merina terakhir, Ratu Ranavalona III. Hijau adalah warna Hova, kelas rakyat jelata terbesar, yang memainkan peran penting dalam agitasi anti-Prancis dan gerakan kemerdekaan.

1964 – 2010
2012 –
Bendera Malawi Bendera Malawi (Chichewa: mbendera ya Malaŵi) secara resmi diadopsi pada 6 Juli 1964 ketika koloni Nyasaland merdeka dari pemerintahan Inggris dan berganti nama menjadi Malawi.
1961 – Bendera Mali Bendera nasional Mali (bahasa Prancis: drapeau du Mali) adalah tiga warna dengan tiga garis vertikal yang sama. Dari kerekan (tempat tiang bendera bertemu dengan bendera) warnanya hijau, emas, dan merah, warna pan-Afrika. Bendera Mali hampir identik dengan bendera Guinea, kecuali warnanya dalam urutan terbalik.
2017 – Bendera Mauritania Bendera Mauritania (Bahasa Arab: علم موريتانيا, Bahasa Perancis: Drapeau de la Mauritanie) adalah lapangan hijau berisi bintang emas dan bulan sabit, dengan dua garis merah di bagian atas dan bawah lapangan. Bendera nasional asli diperkenalkan atas instruksi Presiden Moktar Ould Daddah dan konstitusi 22 Maret 1959 dan diadopsi pada 1 April 1959.
1968 – Bendera Mauritius

Bendera Mauritius terdiri dari pita merah, biru, kuning dan hijau. Merah melambangkan perjuangan untuk kebebasan dan kemerdekaan. Biru mewakili Samudra Hindia, tempat Mauritius berada. Kuning melambangkan cahaya baru kemerdekaan. Hijau mewakili pertanian Mauritius dan warnanya sepanjang 12 bulan dalam setahun.[9]

1915 – Bendera Maroko Bendera Maroko (bahasa Arab: علم المغرب; Standar Maroko Tamazight: ⴰⵛⵏⵢⴰⵍ ⵏ ⵎⵓⵔⴰⴽⵓⵛ; bahasa Prancis: drapeau du Maroc) adalah bendera yang digunakan oleh pemerintah Maroko dan telah menjadi bendera nasional Maroko sejak 17 November 1915. Bendera ini memiliki bidang merah dengan pentagram hijau di tengah. Bintang hijau melambangkan lima rukun Islam, dan merah melambangkan darah leluhur dan persatuan
1983 – Bendera Mozambik Bendera Mozambik adalah bendera nasional Republik Mozambik yang diadopsi pada 1 Mei 1983. Ini adalah bendera tiga warna dengan fimbriasi putih dan segitiga merah. Teal melambangkan kekayaan tanah, fimbriasi putih menandakan perdamaian, hitam melambangkan benua Afrika, kuning melambangkan mineral negara, dan merah melambangkan perjuangan kemerdekaan. Ini termasuk gambar senapan Kalashnikov dengan bayonet yang terpasang pada laras yang dilintasi cangkul, dilapiskan pada buku terbuka. Senapan melambangkan pertahanan dan kewaspadaan, buku terbuka melambangkan pentingnya pendidikan, cangkul melambangkan pertanian negara, dan bintang melambangkan semangat solidaritas internasional rakyat Mozambik. Ini adalah salah satu dari empat bendera nasional di antara negara-negara anggota PBB yang menampilkan senjata api, bersama dengan bendera Guatemala, Haiti, dan Bolivia, tetapi merupakan satu-satunya dari empat bendera yang menampilkan senjata api modern, bukan meriam atau senapan.
1990 – Bendera Namibia Bendera Namibia diadopsi pada 21 Maret 1990 setelah kemerdekaan dari Afrika Selatan, Sub-Komite Simbol Nasional menerima 870 entri untuk bendera nasional. Enam desain terpilih; ini dikurangi menjadi tiga, dari tiga orang Namibia - Theo Jankowski dari Rehoboth, Don Stevenson dari Windhoek dan Ortrud Clay dari Lüderitz. Ketiga desain ini digabungkan untuk membentuk bendera nasional Namibia, diadopsi dengan suara bulat pada 2 Februari 1990 oleh Majelis Konstituante. Ketiga desainer tersebut diakui secara terbuka oleh juri Hans Berker, ketua subkomite, pada upacara pembukaan pada 9 Maret 1990.
1959 – Bendera Niger Bendera Niger (bahasa Prancis: drapeau du Niger) telah menjadi bendera nasional Republik Niger sejak 1959, setahun sebelum kemerdekaan resminya dari Afrika Barat Prancis. Ini menggunakan warna nasional oranye, putih dan hijau, dalam pita horizontal yang sama, dengan lingkaran oranye di tengahnya. Bendera tersebut merupakan salah satu simbol nasional resmi Republik Niger, bersama dengan lambang, Lagu Kebangsaan ("la Nigérienne"), dan semboyan nasional: "Fraternité, Travail, Progrès".
1960 – Bendera Nigeria Bendera Nigeria dirancang pada tahun 1959 dan pertama kali dikibarkan secara resmi pada tanggal 1 Oktober 1960. Bendera tersebut memiliki tiga pita vertikal berwarna hijau, putih, hijau. Dua garis hijau melambangkan kekayaan alam, dan garis putih melambangkan kedamaian dan persatuan.
2001 – Bendera Rwanda Bendera Rwanda (Kinyarwanda: ibendera ry'Urwanda, Prancis: Drapeau du Rwanda) diadopsi pada 25 Oktober 2001, Bendera memiliki tiga warna: biru, kuning, dan hijau, pita biru muda melambangkan kebahagiaan dan kedamaian, pita kuning melambangkan pembangunan ekonomi, dan pita hijau melambangkan harapan kemakmuran. Matahari kuning melambangkan pencerahan.
Flag of São Tomé and Príncipe 1975 – Bendera São Tomé dan Príncipe Bendera São Tomé dan Príncipe (Portugis: bandeira de São Tomé e Príncipe) terdiri dari segitiga merah yang terletak di kerekan, dengan tiga garis horizontal berwarna hijau, kuning dan hijau diisi dengan dua bintang hitam berujung lima Afrika di tengahnya. Diadopsi pada tahun 1975 untuk menggantikan bendera Portugal dari masa kolonial, itu telah menjadi bendera Republik Demokratik São Tomé dan Príncipe sejak negara memperoleh kemerdekaan pada tahun yang sama. Desain bendera saat ini terinspirasi oleh dan hampir identik dengan bendera Gerakan Pembebasan São Tomé dan Príncipe.
1960 – Bendera Senegal Bendera Senegal (bahasa Prancis: drapeau du Sénégal) adalah tiga warna yang terdiri dari tiga garis vertikal hijau, kuning, dan merah yang diisi dengan bintang hijau berujung lima di tengahnya. Diadopsi pada tahun 1960 untuk menggantikan bendera Federasi Mali, itu telah menjadi bendera Republik Senegal sejak negara memperoleh kemerdekaan tahun itu. Bendera sekarang dan sebelumnya diilhami oleh French Tricolour, yang berkibar di atas Senegal hingga tahun 1960.
1996 – Bendera Seychelles Bendera Seychelles (Bahasa Prancis: Drapeau des Seychelles) diadopsi pada 8 Januari 1996. Bendera saat ini adalah yang ketiga digunakan oleh negara tersebut sejak kemerdekaannya dari Britania Raya pada 29 Juni 1976. Warna yang digunakan pada bendera saat ini adalah warna resmi warna dari dua partai politik utama negara itu: Partai Persatuan Rakyat Seychelles dan Partai Demokrat Seychelles.
1961 – Bendera Sierra Leone Bendera nasional Sierra Leone adalah tiga warna yang terdiri dari tiga garis horizontal hijau, putih dan biru. Itu diadopsi pada tahun 1961, tahun kemerdekaan Sierra Leone, untuk menggantikan British Blue Ensign yang dirusak dengan lambang Koloni Mahkota Sierra Leone.
1954 – Bendera Somalia Bendera Somalia (bahasa Somalia: Calanka Soomaaliyeed, bahasa Arab: علم الصومال), juga dikenal sebagai bendera Somalia, diadopsi pada 12 Oktober 1954, dan dirancang oleh Mohammed Awale Liban. Bendera tersebut awalnya digunakan di dalam Wilayah Perwalian Somaliland sebelum diadopsi oleh Negara Somaliland dan Republik Somalia yang berumur pendek. Ini adalah bendera etnik bagi masyarakat Somalia; bintang berujung lima pada bendera melambangkan lima wilayah tempat tinggal orang Somalia.
1994 – Bendera Afrika Selatan Bendera Afrika Selatan dirancang pada Maret 1994 dan diadopsi pada 27 April 1994, pada awal pemilihan umum Afrika Selatan 1994, untuk menggantikan bendera yang digunakan sejak 1928.
2011 – Bendera Sudan Selatan Bendera Sudan Selatan diadopsi setelah penandatanganan Perjanjian Perdamaian Komprehensif yang mengakhiri Perang Saudara Sudan Kedua. Versi bendera yang serupa sebelumnya digunakan sebagai bendera Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan. Bendera Sudan Selatan lebih tua dari negara itu sendiri, karena bendera tersebut diadopsi pada tahun 2005, sementara negara tersebut merdeka pada tahun 2011.
1970 – Bendera Sudan Bendera Sudan saat ini (Arab: علم السودان, diromanisasi: ʿalam as-Sūdān) diadopsi pada 20 Mei 1970 dan terdiri dari tiga warna horizontal merah-putih-hitam dengan segitiga hijau di kibarkan. Bendera ini didasarkan pada Bendera Pembebasan Arab dari Revolusi Mesir tahun 1952, seperti juga bendera Mesir, Irak, Suriah, Yaman, dan Palestina dan sebelumnya Republik Arab Bersatu, Yaman Utara, Yaman Selatan, dan Republik Arab Libya .
1964 – Bendera Tanzania Bendera Tanzania (Swahili: bendera ya Tanzania) terdiri dari pita diagonal hitam bertepi kuning, dibagi secara diagonal dari sudut sisi kerekan bawah, dengan segitiga atas berwarna hijau dan segitiga bawah berwarna biru muda. Diadopsi pada tahun 1964 untuk menggantikan masing-masing bendera Tanganyika dan Zanzibar, itu telah menjadi bendera Republik Persatuan Tanzania sejak kedua negara bergabung tahun itu. Desain bendera sekarang menggabungkan unsur-unsur dari dua bendera sebelumnya. Ini adalah salah satu dari sejumlah kecil bendera nasional yang menggabungkan garis diagonal, dengan contoh lain termasuk DR Kongo, Namibia, Trinidad dan Tobago dan Brunei.
1960 – Bendera Togo Bendera Togo (bahasa Prancis: drapeau du Togo) adalah bendera nasional, panji, dan dongkrak angkatan laut Togo. Ini memiliki lima pita hijau horizontal yang sama (atas dan bawah) bergantian dengan kuning. Ada bintang putih berujung lima di kotak merah di sudut sisi kerekan atas. Ini menggunakan warna pan-Afrika dari Ethiopia, tetapi desainnya menyerupai bendera Liberia, yang dengan sendirinya menggemakan bendera Amerika Serikat, menjadikannya bagian dari keluarga bendera pan-Afrika dan Stars and Stripes.
1827 – Bendera Tunisia Bendera Tunisia berbentuk panel persegi panjang berwarna merah dengan rasio aspek 2:3. Di tengah kain dalam lingkaran putih ditempatkan bulan sabit merah, mengelilingi bintang merah berujung lima di tiga sisi. Bey Tunisia Hussein II memutuskan untuk membuat bendera untuk Tunisia, mirip dengan yang modern, setelah Pertempuran Navarino pada tanggal 20 Oktober 1827; pada tahun 1831 ia secara resmi disetujui. Dalam bentuk itu, bendera tersebut ada selama protektorat Prancis, dan pada 1 Juni 1959, diproklamasikan sebagai bendera negara Republik Tunisia (sesuai dengan Konstitusi Tunisia). Pada tanggal 30 Juni 1999, proporsi dan desain bendera tersebut diperjelas dengan undang-undang khusus. Tampilan umum bendera hampir tidak berubah.

Bulan sabit dan bintang yang digambarkan pada bendera Tunisia adalah simbol tradisional Islam dan juga dianggap sebagai simbol keberuntungan.

1962 – Bendera Uganda Bendera Uganda (Bahasa Uganda: Bendera ya Uganda) diadopsi pada 9 Oktober 1962, tanggal Uganda merdeka dari Kerajaan Inggris. Ini terdiri dari enam pita horizontal yang sama hitam (atas), kuning, merah, hitam, kuning, dan merah (bawah); sebuah cakram putih ditumpangkan di tengah dan menggambarkan simbol nasional, burung bangau bermahkota abu-abu, menghadap ke sisi kerekan.

Selama era kolonial, Inggris menggunakan panji Biru Inggris yang dirusak dengan lencana kolonial, seperti yang ditentukan dalam peraturan tahun 1865. Buganda, kerajaan tradisional terbesar di koloni Uganda, memiliki benderanya sendiri. Namun, untuk menghindari kesan memberikan preferensi pada satu wilayah koloni daripada yang lain, otoritas kolonial Inggris memilih lambang burung bangau untuk digunakan pada panji Biru dan spanduk resmi lainnya.

1964 – Bendera Zambia Bendera nasional Zambia diadopsi setelah kemerdekaan pada 24 Oktober 1964, oleh Presiden Republik pertama Dr. Kenneth David Kaunda. Sebelumnya, Zambia adalah protektorat Inggris di Rhodesia Utara dan menggunakan Blue Ensign yang telah dirusak sebagai benderanya
1980 – Bendera Zimbabwe Bendera nasional Zimbabwe terdiri dari tujuh garis horizontal hijau, emas, merah dan hitam dengan segitiga putih berisi bintang merah berujung lima dengan Burung Zimbabwe. Desain saat ini diadopsi pada 18 April 1980.

Negara yang disengketakan atau diakui sebagian[sunting | sunting sumber]

Bendera Tahun pengguna Penggunaan Status Negara Deskripsi
1996 – Bendera Somaliland  Somalia Bendera Somaliland terdiri dari tiga warna horizontal hijau, putih, dan merah, dengan bintang hitam Afrika terletak di tengah. Pada garis hijau terdapat tulisan Syahadat dengan tulisan Thuluth berwarna putih, ide bendera diambil dari bendera Iran dan Arab Saudi.
1975 – Bendera Republik Demokratik Arab Sahrawi  Maroko (tanah yang diduduki)
 Mauritania (kota La Agüera yang diduduki)
 Republik Demokratik Arab Sahrawi (Zona Bebas/Wilayah yang Dibebaskan)
Bendera Republik Demokratik Arab Sahrawi terdiri dari tiga warna horizontal hitam, putih dan hijau dengan bintang merah dan bulan sabit di garis tengah dan chevron merah di kerekan.

Bendera depensi Afrika[sunting | sunting sumber]

Bendera Tahun Pengunaan Pengunaan Status Negara Deskripsi
1982– Bendera Kepulauan Canaria Spanyol (komunitas otonom) Bendera Komunitas Otonomi Kepulauan Canary adalah tiga warna vertikal dari tiga garis yang sama yaitu putih, biru, dan kuning. Bendera negara termasuk Lambang Kepulauan Canary di pita tengah; bendera sipil menghilangkan ini. Desain tersebut diresmikan oleh Statuta Otonomi Komunitas Otonomi Canarian (Hukum Organik 10/82) pada 16 Agustus 1982.
Bendera Ceuta Spanyol (komunitas otonom) Bendera Ceuta adalah bendera kota Ceuta di Spanyol, yang terdiri dari gyronny hitam putih dengan lambang kota di tengahnya. Bendera sipil menghilangkan nama samaran.
1982 – Bendera Mayotte Prancis (departemen luar negeri) Bendera resmi Mayotte adalah Bendera Perancis. Lambang Mayotte didefinisikan dengan baik dan diadopsi oleh entitas pendahulu dari Departemen Mayotte pada tahun 1982.
Bendera Melila Spanyol (komunitas otonom) Bendera Melilla, daerah kantong Spanyol di Afrika Utara, terdiri dari latar belakang biru pucat dengan lambang kota di tengahnya. Bendera diadopsi pada 13 Maret 1995 ketika Melilla menjadi kota otonom Spanyol.
2003 – Bendera Réunion Prancis (departemen luar negeri) Bendera Réunion adalah bendera departemen Réunion, Prancis. Wilayah ini menggunakan bendera Prancis, bendera nasional negara tersebut. Meskipun desentralisasi Prancis memasang sejumlah bendera wilayah metropolitan, Réunion tidak memiliki bendera resmi yang terpisah. Namun, Dewan Regional Réunion memiliki bendera.


1984–
2013–
2002–
Bendera Saint Helena, Ascension, dan Tristan da Cunha Britania Raya (wilayah luar negeri) Saint Helena, Ascension dan Tristan da Cunha, Wilayah Seberang Laut Inggris, tidak memiliki benderanya sendiri; namun, ketiga divisi administratif tersebut memiliki benderanya sendiri.

Bendera subdivisi Afrika[sunting | sunting sumber]

Angola[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
Bendera Provinsi Cabinda

Komoro[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2012 – Bendera Anjouan
  Bendera Grande Comore
2003 – Bendera Mohéli

Mesir[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2014 - Bendera Kegubernuran Aleksandria
2016 - Bendera Kegubernuran Aswan
2016 - Bendera Kegubernuran Asyut
2010 - Bendera Kegubernuran Beheira
2016 - Bendera Kegubernuran Beni Suef
2007 - Bendera Kegubernuran Kairo
2006 - Bendera Kegubernuran Dakahlia
Bendera Kegubernuran Damietta
2011 - Bendera Kegubernuran Faiyum
2010 - Bendera Kegubernuran Gharbia
2016 - Bendera Kegubernuran Giza
Bendera Kegubernuran Ismailia
2010 - Bendera Kegubernuran Kafr El Sheikh
2007 - Bendera Kegubernuran Luxor
2016 - Bendera Kegubernuran Matrouh
Bendera Kegubernuran Minya
Bendera Kegubernuran Monufia
2016 - Bendera Kegubernuran Lembah Baru
2016 - Bendera Kegubernuran Sinai Utara
2011 - Bendera Kegubernuran Port Said
Bendera Kegubernuran Qalyubiyya
2016 - Bendera Kegubernuran Qena
2006 - Bendera Kegubernuran Laut Merah
2010 - Bendera Kegubernuran Sharqia
Bendera Kegubernuran Sohag
Bendera Kegubernuran Sinai Selatan
2006 - Bendera Kegubernuran Suez

Ethiopia[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi

Kenya[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi

Liberia[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi

Nigeria[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi

São Tomé and Príncipe[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2011 –

Somalia[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2015 –
2013 –
2009 –

South Africa[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1996 – Bendera Mpumalanga

Tanzania[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2005 – Bendera Zanzibar

Bendera di kota Afrika[sunting | sunting sumber]

Bendera kota dengan lebih dari 1 juta penduduk.

Bendera etnis[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
 
 
1998 –
 
2005 –
 
 
 
1997 –
1920 –

Bendera Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
2012 – 2013
1975 – 1990
1967
1967 – 1970
1962 – 1966
1966
1966 – 1967
1967 – 1982
1922 – 1961
1957 – 1961
1961 – 1975
1876 – 1910
1975 – 1992
1963 – 1975
1975 – 1978
1978 – 1992
1992 – 1996
1996 – 2001
1885 – 1960
1960 – 1963
1963 – 1966
1966 – 1971
1997 – 2003
2003 – 2006
1970 – 1991
1949 – 1951
1922 – 1958
1968 – 1973
1973 – 1979
1952 – 1962
1993 – 1995
1897 – 1914
1914 – 1936, 1941 – 1974
1974 – 1975
1975 – 1987
1987 – 1991
1991 – 1996
1996 – 2009
1958 – 1959
1959 – 1960
1889 – 1965
1964 – 1966
1877 – 1957
1960 – 1963
1895 – 1921
1921 – 1963
1886 – 1906
1966 – 1987
1987 – 2006
1969 – 1972
1977 – 2011
1885 – 1896
2010 – 2012
1959 – 1961
1854 – 1857
1959 – 2017
1869 – 1906
1906 – 1923
1923 – 1968
1974 – 1975
1975 – 1983
1983
1839 – 1843
1884 – 1888
1900 – 1914
1900 – 1914
1914 – 1953
1953 – 1960
1914 – 1919
1919 – 1925
1925 – 1964
1857 – 1902
1904 – 1910
1939 – 1964
1924 – 1964
1964 – 1968
1968 – 1979
1979
1921 – 1926
1959 – 1961
1961 – 1962
1962 – 2001
1874 – 1984
1958 – 1959
1903 – 1961
1961 – 1976
1976 – 1977
1977 – 1996
1889 – 1916
1916 – 1961
1903 – 1950
1950 – 1953
1953 – 1960
1960
1991 – 1996
1857 – 1874, 1875 – 1877, 1881 – 1902
1874 – 1875
1910 – 1912
1912 – 1928
1928 – 1994
1883
1883 – 1885
1955
1956 – 1970
1890 – 1894
1894 – 1902
1968 – 2011
1923 – 1961
1961 – 1964
1957 – 1958
1958 – 1960
1914 – 1962
1962
1959 – 1984
1971 – 1997
1964 – 1996
1963 – 1964
1964
1964

Bendera supranasional dan internasional[sunting | sunting sumber]

Bendera Masa penggunaan Penggunaan Deskripsi
1961 – 1985
1948 – 1961
pre–2013
1970 – 2002, 2004 – 2010
1980 – 1992
1958 – 1961
1961 – 1963

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MacDonald, Ian (20 November 2013). "Chad". Flags of the World. Diakses tanggal 4 November 2016. 
  2. ^ Minahan, James (2010). The complete guide to national symbols and emblems. Santa Barbara, Calif.: Greenwood Press. hlm. 806. ISBN 978-0-313-34496-1. OCLC 436221284. 
  3. ^ a b c d e f g h Smith, Whitney. "Gambia, flag of The". Encyclopædia Britannica. Encyclopædia Britannica, Inc. Diakses tanggal May 21, 2014.  (perlu berlangganan)
  4. ^ "Congo, Republic Of The". The World Factbook. CIA. Diakses tanggal 1 June 2013. 
  5. ^ a b c Complete Flags of the World. Dorling Kindersley. 6 January 2009. hlm. 92. ISBN 9780756654863. 
  6. ^ a b c "Gabon". The World Factbook. CIA. Diakses tanggal 3 September 2014. 
  7. ^ a b "Gambia, The". The World Factbook. CIA. Diakses tanggal May 22, 2014. 
  8. ^ Dorling Kindersley 2008, hlm. 77.
  9. ^ The Government Gazette of Mauritius (2015). "THE NATIONAL FLAG ACT 2015" (PDF). The Government Gazette of Mauritius.