Berang-berang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Beaver)
Jump to navigation Jump to search
Berang-berang
Rentang fosil: Miocene akhir –s karang
Beaver.jpg
Beaver Amerika
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Binatang menyusui
Ordo: Rodentia
Famili: Castoridae
Genus: Castor
Linnaeus, 1758
Jenis

C. canadensis
C. fiber
C. californicus

Berang-berang merupakan hewan pengerat yang berasal dari Amerika Utara dan Eropa serta hidup di dua tempat, air dan darat. Beaver berasal dari keluarga Castoridae, yang terdiri dari satu marga yaitu Castor. Di Indonesia, hewan ini kadang-kadang disebut dengan nama berang-berang (bahasa Inggris: Beaver), namun penyebutan tersebut tidak tepat secara ilmiah.

Pada umumnya berang-berang berwarna coklat tua. Mereka memilik gigi yang besar berwarna kekuning-kuningan yang terus tumbuh sepanjang hidup mereka.[1] Berang-berang tergolong hewan mamalia semi akuatik yaitu binatang darat yang dapat hidup di air yang merupakan pemakan ikan, tetapi sebagian berang-berang tergolong akuatik. Mereka termasuk suku Mustelidae.[2]

Berang-berang membuat sarangnya di sungai yang dibendungoleh mereka. Mereka memulai membuat sarangnya dari dua ekor berang-berang. Pertama mereka mencari kayu di hutan sebagai pembendung sungai. Mereka menebang pohon di hutan dengan menggunakan giginya (gigi mereka seperti kuku yang selalu tumbuh), rata-rata setiap setahun satu berang-berang menebang pohon 400 buah. Setelah bertahun-tahun bekerja akhirnya jadilah bendungan mereka. Setelah diamati ternyata bendungan itu berbentuk cekung seperti desain bendungan modern saat ini (bentuk cekung memperkecil tekanan yang disebabkan oleh air). Setelah air tenang baru berang-berang membuat sarangnya. sarangnya mempunyai dua lantai. Lantai pertama untuk ruang tamu, lantai kedua untuk makan dan tidur. Jalan masuk menuju sarang tersebut hanya berang-berang tertentu saja yang tahu.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]