Herbivora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sapi termasuk lataboga

Herbivora (lataboga,[1] atau maun [2]) dalam zoologi adalah hewan yang hanya makan tumbuhan dan tidak memakan daging. Manusia bukanlah herbivora. Akan tetapi, orang yang memilih untuk tidak memakan daging disebut nabatiwan. Dalam praktiknya, banyak lataboga memakan telur dan kadang-kadang memakan protein hewan lainnya. Dalam pengertian singkat, Herbivora adalah organisme yang memakan tumbuhan atau protein dari tumbuhan (Pemakan Tumbuhan)

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Herbivora dari dua kata yaitu herba dan vora, herba berasal dari bahasa latin yang berarti tumbuh-tubuhan maupun dedaunan (Inggris: herb) [3] , dan vora berasal dari bahasa latin yaitu vorare yang berarti untuk dimakan atu dilahap. [4]

Konsep Dasar Herbifora[sunting | sunting sumber]

Herbivora merupakan bentuk konsumsi organisme yang pada prinsipnya memakan organisme autotrof (merupakan organisme yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi organik (dapat membuat makanan sendiri) dengan bantuan energi seperti energi cahaya matahari dan kimia) [5]. seperti tumbuhan, alga, bakteri yang berfotosintesis. Pada umumnya, organisme yang secara umum memakan organisme autotrof dikenal sebagai konsumen utama.

Herbivora biasanya mengacu pada hewan yang memakan tanaman; jamur, bakteri dan protista yang memakan tanaman hidup biasanya disebut Fitopatologi (penyakit tanaman), dan mikroba yang memakan tanaman mati adalah organisme pengurai (saprotroph). Tanaman berbunga yang memperoleh nutrisi dari tanaman hidup lainnya biasanya disebut tumbuhan parasit. Namun tidak ada klasifikasi ekologi yang memilki pola konsumsi tunggal eksklusif dan definitif; setiap buku memiliki variasi tema tersendiri [6]. [7] [8]


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John M. Echols,Hassan Shadily (1989). "An Indonesian-English Dictionary". penerbit Cornell University Press. p. 331. 
  2. ^ (Melayu) "Pusat Rujukan Persuratan Melayu @ DBP". diterbitkan oleh Dewan Bahasa dan Pustaka. 2008. 
  3. ^ P.G.W. Glare, Ed., Fred (1990). "Oxford Latin Dictionary" (Kamus Bahasa Latin Oxford). p. 791. 
  4. ^ P.G.W. Glare, Ed., Fred (1990). "Oxford Latin Dictionary" (Kamus Bahasa Latin Oxford). p. 2103. 
  5. ^ (Inggris) Abraham, Martin A. A. (2006). Sustainability Science and Engineering. vol.1. ditebitkan oleh Elsevier. p. 123. ISBN 978-0444517128. 
  6. ^ (Inggris) Likens Gene E. (2010). Ecosystem Ecology: A Global Perspective. (Ekosistim ekologi:Sistim Global). ditebitkan oleh Academic Press. ISBN 978-0123820020. 
  7. ^ (Inggris) Thomas, Peter & Packham, John (2007). Ecology of Woodlands and Forests: Description, Dynamics and Diversity. diterbitkan oleh Cambridge University Press. ISBN 978-0521834520. 
  8. ^ (Inggris) Sterner, Robert W.; Elser, James J.; and Vitousek, Peter. (2002). Ecological Stoichiometry: The Biology of Elements from Molecules to the Biosphere. ditebitkan oleh Princeton University Press. ISBN 978-0691074917. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]