Kornelia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kornelia
Periode Kampanium AkhirHolosen, 73–0 jtyl[1]
Cornus

Cornus kousa var. chinensis
Tumbuhan
Jenis buahbuah berbiji
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
OrdoCornales
FamiliCornaceae
GenusCornus
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiCornus mas
Tata nama
Sinonim taksonChamaepericlimenum Hill
Subgenera
  • Afrocrania
  • Arctocrania
  • Cornus
  • Cynoxylon
  • Discocrania
  • Kraniopsis
  • Mesomora
  • Sinocornus
  • Syncarpea
  • Yinquania

Cornus adalah genus dari sekitar 30–60 spesies [3] tumbuhan berkayu dalam famili Cornaceae, umumnya dikenal sebagai kornelia, yang umumnya dapat dibedakan dari bunga, buah beri, dan kulit kayunya yang khas.[4] Sebagian besar merupakan pohon gugur atau semak, tetapi beberapa spesies merupakan subsemak abadi yang hampir herba, dan beberapa spesies selalu hijau . Beberapa spesies memiliki kepala kecil dengan bunga yang tidak mencolok dikelilingi oleh kumpulan bunga besar yang biasanya berwarna putih seperti kelopak, sementara spesies lain memiliki kelompok bunga yang memiliki kelopak yang lebih terbuka. Berbagai spesies kornelia berasal dari sebagian besar wilayah beriklim sedang dan boreal Eurasia dan Amerika Utara, dengan Tiongkok, Jepang, dan Amerika Serikat bagian tenggara yang sangat kaya akan spesies asli.

Spesies termasuk kornelia Eropa, Cornus sanguinea di Eurasia, kornelia bunga yang banyak dibudidayakan ( Cornus florida ) di Amerika Utara bagian timur, kornelia Pasifik Cornus nuttallii di Amerika Utara bagian barat, kornelia Kousa Cornus kousa di Asia timur, dan dua spesies boreal yang tumbuh rendah, kornelia kerdil Kanada dan Eurasia, Cornus canadensis dan Cornus suecica .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kornelia memiliki daun sederhana dan tidak bergigi dengan urat melengkung khas saat mendekati tepi daun. Sebagian besar spesies kornelia memiliki daun berseberangan, sementara beberapa spesies, seperti Cornus alternifolia dan C. controversa, memiliki daun berseling. Bunga kornelia memiliki empat bagian. Pada banyak spesies, bunganya tumbuh secara terpisah dalam kelompok terbuka (namun seringkali padat), sedangkan pada spesies lainnya (seperti kornelia bunga ), bunganya sendiri bergerombol rapat, tidak memiliki kelopak yang mencolok, namun dikelilingi oleh empat hingga enam kelopak besar. biasanya daun lindung seperti kelopak berwarna putih.[butuh rujukan][ kutipan diperlukan ]

Buah dari semua spesies kornelia adalah buah berbiji dengan satu atau dua biji, seringkali berwarna cerah. Buah berbiji dari spesies dalam subgenus Cornus dapat dimakan. Banyak yang tidak memiliki banyak rasa. Cornus kousa dan Cornus mas dijual secara komersial sebagai pohon buah-buahan yang dapat dimakan. Buah Cornus kousa memiliki rasa seperti puding tropis yang manis selain lubangnya yang keras. Buah Cornus mas terasa asam dan manis jika sudah matang. Mereka telah dimakan di Eropa Timur selama berabad-abad, baik sebagai makanan maupun obat untuk melawan pilek dan flu. Mereka sangat tinggi vitamin C. Sebaliknya, buah-buahan dari spesies dalam subgenus Swida bersifat agak beracun bagi manusia, meskipun mudah dimakan oleh burung .

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Kornelia buah putih/buah biru[sunting | sunting sumber]

Kornelia buah ceri[sunting | sunting sumber]

Kornelia daun lindung besar[sunting | sunting sumber]

  • Subgenus Diskokrania . Daun lindung 4, dimodifikasi, non-petaloid; buahnya lonjong, merah.
  • Subgenus Cynoxylon . Daun lindung 4 atau 6, besar dan petaloid, buah lonjong, merah.
  • Subgenus Sincarpea . Daun lindung 4, besar dan petaloid, buah berwarna merah, menyatu menjadi buah beri majemuk bertingkat.

Kornelia kerdil[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Atkinson, Brian A.; Stockey, Ruth A.; Rothwell, Gar W. (2016). "Cretaceous origin of dogwoods: an anatomically preserved Cornus (Cornaceae) fruit from the Campanian of Vancouver Island". PeerJ. 4: e2808. doi:10.7717/peerj.2808alt=Dapat diakses gratis. PMC 5180587alt=Dapat diakses gratis. PMID 28028474. 
  2. ^ Qiu-Yun (Jenny) Xiang; David T. Thomas; Wenheng Zhang; Steven R. Manchester; Zack Murrell (2006). "Species level phylogeny of the genus Cornus (Cornaceae) based on molecular and morphological evidence – implications for taxonomy and Tertiary intercontinental migration". Taxon. 55 (1): 9–30. doi:10.2307/25065525. JSTOR 25065525. 
  3. ^ 58 species according to Xiang et al. (2006)[2]
  4. ^ "Notable Characteristics of Dogwood Trees". answers.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 26, 2014. Diakses tanggal August 24, 2014. 
  5. ^ "Cornus oblonga - Wall". Plants For A Future. Diakses tanggal February 9, 2022. 
  6. ^ "Tropicos | Name - Cornus peruviana J.F. Macbr." www.tropicos.org. Diakses tanggal 2016-01-29. 
  7. ^ Macbride, J.F. (1959). "Cornaceae". Flora of Peru. 13 pt.5 no.1. Field Museum. hlm. 44–45. 
  8. ^ Cornus sericea, treated separately here, is sometimes included in a more broadly taken concept of Cornus alba, which in that sense is also native in North America.
  9. ^ Cornus obliqua, here recognized separately, has been included in a broader concept of C. amomum by some botanists. Canadian reports for C. amomum are apparently all based on plants here classified as C. obliqua.
  10. ^ Cornus obliqua is sometimes included in a more broadly taken concept of C. amomum, also in the eastern U.S.
  11. ^ Cornus sericea (including C. stolonifera) is sometimes itself included in a more broadly taken concept of the otherwise Eurasian Cornus alba.
  12. ^ Manchester, S.R.; Xiang, X-P.; Xiang, Q-Y (2010). "Fruits of Cornelian Cherries (Cornaceae: Cornus Subg. Cornus) in the Paleocene and Eocene of the Northern Hemisphere" (PDF). International Journal of Plant Sciences. 171 (8): 882–891. doi:10.1086/655771.