Bahasa Inggris Kuno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Inggris Kuno
Anglo-Saxon
Old English
Ænglisċ, Englisċ, Anglisċ
Beowulf.Kenning.jpg
Perincian halaman pertama manuskrip Beowulf, menunjukkan kata "ofer hron rade", yang diterjemahkan sebagai "over the whale's road (sea)". Ini ialah contoh gambar gaya bahasa Inggris Kuno, kenning.
Pelafalan[ˈæŋɡliʃ]
WilayahInggris (kecuali barat daya dan barat laut yang ekstrem), selatan dan timur Skotlandia, dan pinggiran timur Wales modern.
EraSebagian besar berkembang menjadi bahasa Inggris Pertengahan dan Skotlandia Awal pada abad ke-13
Dialek
Alfabet Rune, kemudian Latin (alfabet Inggris Kuno).
Kode bahasa
ISO 639-2ang
ISO 639-3ang
ISO 639-6ango
Glottologolde1238[1]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA

Bahasa Inggris Kuno (Old English, Ænglisċ, AltEnglisċ, Englisċ, atau Englisċgereorde[2]) atau bahasa Anglo-Saxon adalah bentuk awal dari bahasa Inggris yang digunakan di Inggris dan Skotlandia bagian selatan antara pertengahan abad ke-5 sampai abad ke-8 Masehi. Bahasa ini merupakan bahasa Jermanik Barat dan sangat dekat dengan bahasa Frisia Kuno dan bahasa Saxon Kuno dan juga mendapat pengaruh yang sangat kuat dari bahasa Norwegia Kuno, bagian dari kelompok bahasa Jermanik Utara.

Bahasa Inggris Kuno amat berbeda dari bahasa Inggris modern. Bahasa ini memiliki banyak kata Jermanik, dan tata bahasanya lebih dekat ke bahasa Jerman dan Latin. Secara bertahap, bahasa Inggris Kuno berubah ke bahasa Inggris Pertengahan setelah orang Normandia menyerang dan menghentikannya diajarkan di sekolah-sekolah selama 300 tahun.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Inggris Kuno (ca. 450-1100)". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ 1920-2010., Mitchell, Bruce, (1992). A guide to Old English (edisi ke-5). Oxford, Britania Raya: Blackwell. ISBN 0631166564. OCLC 22767546.