Bahasa Inggris Modern Awal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bahasa Inggris Modern Awal
Bahasa Inggris Shakespeare
Bahasa Inggris Raja James
English
Sonnet 132 1609.jpg
WilayahInggris, Skotlandia Selatan, Irlandia, Wales dan Koloni Britania
Eradikembangkan menjadi Bahasa Inggris Modern pada akhir abad ke-17
Bentuk awal
Inggris Kuno
Kode bahasa
ISO 639-3
ISO 639-6emen
GlottologTidak ada
IETFen-emodeng
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Inggris Modern Awal atau Bahasa Inggris Baru Awal (Early Modern English; kadang-kadang disingkat EModE,[1] EMnE, atau EME) ialah tahap bahasa Inggris dari awal Periode Tudor ke Bahasa Inggris Interregnum dan Restorasi, atau peralihan dari Bahasa Inggris Awal, pada akhir abad ke-15, ke peralihan Bahasa Inggris Modern, pada pertengahan hingga akhir abad ke-17.[2]

Sebelum dan setelah aksesi James I ke takhta Inggris pada tahun 1603, standar bahasa Inggris yang muncul mulai memengaruhi pertuturan dan penulisan Bahasa Skotlandia Pertengahan Skotlandia.

Konvensi gramatikal dan ortografis bahasa Inggris sastra pada akhir abad ke-16 dan ke-17 masih sangat berpengaruh pada Standar Bahasa Inggris modern. Sebagian besar pembaca bahasa Inggris modern dapat memahami teks yang ditulis pada akhir fase bahasa Inggris modern awal, seperti Alkitab Raja James dan karya-karya William Shakespeare. Karya-karya mereka telah sangat memengaruhi bahasa Inggris modern.

Teks dari fase awal bahasa Inggris modern awal, seperti pada akhir abad ke-15 Le Morte d'Arthur (1485) dan pertengahan abad ke-16 Gorboduc (1561), mungkin menghadirkan lebih banyak kesulitan, tetapi masih jelas lebih dekat ke tata bahasa, kosakata, dan fonologi bahasa Inggris modern daripada teks bahasa Inggris pertengahan pada abad ke-14, seperti pada karya-karya Geoffrey Chaucer.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ For example, Río-Rey, Carmen (9 October 2002). "Subject control and coreference in Early Modern English free adjuncts and absolutes". English Language and Linguistics. Cambridge University Press. 6 (2): 309–323. doi:10.1017/s1360674302000254. Diakses tanggal 12 March 2009. 
  2. ^ Nevalainen, Terttu (2006). An Introduction to Early Modern English. Edinburgh: Edinburgh University Press