Bahasa Mazandaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mazandaran
Mazanderani مازندرانی
Tabari طبری
Dituturkan di Iran, provinsi Mazandaran dan sebagai dari Alborz, Gilan, Tehran, Semnan dan Golestan
Wilayah Pantai selatan Laut Kaspia
Penutur bahasa
3.3 juta  (1993)[1]
Dialek
Mazanderani
Shahmirzadi
Gorgani†
Alfabet Persia
Status resmi
Diatur oleh Tidak ada, tetapi fakultas Bahasa dari Universitas Mazanderan secara resmi merangkum informasi dan sumber akan bahasa ini.
Kode bahasa
ISO 639-3 Salah satu:
mzn – Mazanderani
srz – Shahmirzadi
Glottolog maza1305[2]
{{{mapalt}}}
Wilayah dimana bahasa Mazanderan merupakan bahasa ibu

Bahasa Mazandaran (مازندرانی) atau Tabari (طبری) merupakan bahasa Iran bagian barat laut, digunakan di wilayah Mazandaran, Tehran dan Golestan. Sebagai bagian dari cabang barat-laut (wilayah utara dari barat Iran), secara etimologi bahasa ini dekat dengan Gilaki, sedikit berhubungan dengan Bahasa Persia, yang merupakan bagian dari barat-daya.[3][4] Bahasa Mazandaran sangat mirip dengan bahasa Gilaki dan kedua dialek memiliki kesamaan kosa kata.[5] Bahasa Gilaki dan Mazandaran (tetapi tidak dengan bahasa Irani lainnya) berbagi fitur tipologis tertentu dengan bahasa Kaukasia,[6][7] yang mencerminkan sejarah, identitas etnis, dan kedekatannya dengan wilayah Caucasus dan Masyarakat Caucasus dari bangsa Mazandaran dan bangsa Gilaki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mazanderani di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
    Shahmirzadi di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ Nordhoff, Sebastian; Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2013). "Mazanderani–Shahmirzadi". Glottolog. Leipzig: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology. 
  3. ^ Coon, "Iran:Demography and Ethnography" in Encyclopedia of Islam, Volume IV, E.J. Brill, pp. 10,8. Excerpt: "The Lurs speak an aberrant form of Archaic Persian" See maps also on page 10 for distribution of Persian languages and dialect
  4. ^ Kathryn M. Coughlin, "Muslim cultures today: a reference guide," Greenwood Publishing Group, 2006. p. 89: "...Iranians speak Persian or a Persian dialect such as Gilaki or Mazanderani"
  5. ^ Dalb, Andrew (1998). Dictionary of Languages: The Definitive Reference to More Than 400 Languages. Columbia University Press. p. 226. ISBN 0231115687. 
  6. ^ Academic American Encyclopedia By Grolier Incorporated, page 294
  7. ^ The Tati language group in the sociolinguistic context of Northwestern Iran and Transcaucasia By D.Stilo, pages 137-185