Anak janda dari Nain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Membangkitan anak janda dari Nain, panel altar karya Lucas Cranach the Younger, c. 1569, di gereja Stadtkirche Wittenberg.

Anak janda dari Nain adalah seorang pemuda yang tidak disebutkan namanya yang dibangkitkan Yesus Kristus dari kematian menurut catatan Injil Lukas di Perjanjian Baru Alkitab Kristen. Ini terjadi ketika Yesus melihat iring-iringan penguburan pemuda ini di desa Nain, Israel, 2 mil (3.2 km) sebelah selatan Gunung Tabor. Ini merupakan yang pertama dari 3 kejadian dimana Yesus membangkitkan orang mati, menurut catatan kitab-kitab Injil.

Peristiwanya adalah sebagai berikut:[1]

Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong. Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu. Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!" Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!" Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya. Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya." Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.

—Lukas 7:11-17

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]