Yesus menyembuhkan orang yang mati sebelah tangannya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kristus menyembuhkan orang yang mati sebelah tangannya, Bizantium mosaik.

Penyembuhan orang yang mati sebelah tangannya adalah salah satu dari mukjizat-mukjizat Yesus dalam Injil, yang dicatat dalam ketiga Injil Sinoptik, yaitu Matius 12:9-13; Markus 3:1-6; Lukas 6:6-11.[1][2][3][4]

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Pada suatu hari Sabat Yesus pergi ke rumah ibadat, orang Farisi dan ahli-ahli Taurat sedang mencari alasan untuk menuduh Dia, agar mereka menyaksikan dengan seksama untuk melihat apakah ia akan menyembuhkan orang pada hari Sabat. Menurut Injil Matius mereka bertanya kepadanya: "Apakah diperbolehkan untuk menyembuhkan pada hari Sabat?", sedangkan pada Injil lain, mereka hanya menunggu tindakan-Nya.

Perbandingan catatan kitab-kitab Injil[sunting | sunting sumber]

Yesus menyembuhkan orang yang mati sebelah tangannya
Matius 12:9-13 Markus 3:1-6 Lukas 6:6-11
12:9 Setelah pergi dari sana, Yesus masuk ke rumah ibadat mereka.12:10 Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia. 3:1 Kemudian Yesus masuk lagi ke rumah ibadat. Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya.3:2 Mereka mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang itu pada hari Sabat, supaya mereka dapat mempersalahkan Dia. 6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.6:7 Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia.
12:11 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya? 12:12 Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat." 3:3 Kata Yesus kepada orang yang mati sebelah tangannya itu: "Mari, berdirilah di tengah!" 3:4 Kemudian kata-Nya kepada mereka: "Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membunuh orang?" Tetapi mereka itu diam saja. 3:5 Ia berdukacita karena kedegilan mereka dan dengan marah Ia memandang sekeliling-Nya kepada mereka 6:8 Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri.6:9 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?" 6:10 Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua,
12:13 Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain. (3:5) lalu Ia berkata kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka sembuhlah tangannya itu. (6:10) lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya.
3:6 Lalu keluarlah orang-orang Farisi dan segera bersekongkol dengan orang-orang Herodian untuk membunuh Dia. 6:11 Maka meluaplah amarah mereka, lalu mereka berunding, apakah yang akan mereka lakukan terhadap Yesus.

 * Semua kutipan Alkitab dari Terjemahan Baru.

Komentari[sunting | sunting sumber]

Menurut Injil Markus, orang-orang Farisi kemudian pergi keluar dan mulai bersekongkol dengan orang-orang Herodian bagaimana mungkin mereka membunuh Yesus, sedangkan Injil Lukas hanya menyatakan bahwa mereka berunding, apakah yang akan mereka lakukan terhadap Yesus.

Mukjizat ini adalah subjek bagian khotbah yang diucapkan dalam karya komposer John Adams "Christian Zeal and Activity".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Yesus menyembuhkan orang yang mati sebelah tangannya
Didahului oleh:
Murid-murid memetik gandum pada hari Sabat
Injil Matius
pasal 12
Diteruskan oleh:
Yesus Hamba Tuhan
Injil Markus
pasal 3
Diteruskan oleh:
Yesus menyembuhkan banyak orang
Injil Lukas
pasal 6
Diteruskan oleh:
Yesus memanggil kedua belas rasul

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bible Knowledge Background Commentary: Matthew-Luke by David C. Cook and Craig A. Evans (Feb 27, 2003) ISBN 0781438683 pages 240-241
  2. ^ Matius 12:9-13
  3. ^ Markus 3:1-6
  4. ^ Lukas 6:6-11