Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Christ cleansing a leper ("Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta") karya Jean-Marie Melchior Doze, 1864.

Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta adalah suatu peristiwa mukjizat yang diperbuat oleh Yesus Kristus yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Peristiwa ini secara khusus dicatat dalam tiga kitab Injil Sinoptik, yaitu pada Injil Matius pasal 8,[1] Injil Markus pasal 1,[2] dan Injil Lukas pasal 5.[3] Injil Lukas memuat mukjizat penyembuhan sepuluh orang kusta yang terjadi di kemudian hari.[4]

Tempat[sunting | sunting sumber]

Tempat-tempat yang berkaitan dengan peristiwa mukjizat ini.

Lokasi terjadinya peristiwa ini adalah di daerah Galilea, di sebuah kota yang tidak disebutkan namanya.[5]

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Pada bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen, peristiwa ini dicatat dalam urutan berbeda antara ketiga kitab Injil yang memuatnya. Dalam Injil Matius, episode ini mengikuti Kotbah di Bukit Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa, sedangkan pada Injil Markus setelah Yesus mengajar di kota-kota, dan pada Injil Lukas mengikuti pemanggilan murid-murid pertama

Perbandingan kisah dari tiga Injil[sunting | sunting sumber]

Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta
Matius 8:1–4 Markus 1:39–45 Lukas 5:12–16
1 ¶ Setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. 39 Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan. 12 ¶ Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota.
2 Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." (3) Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu daripada kustanya. 40 Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: "Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku." (41) Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: "Aku mau, jadilah engkau tahir." (42) Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. (12) ... Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." (13) Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu, dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya.
4 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka." 43 Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras: (44) "Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka." (14) Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapapun juga dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."
--- (45) Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru. (15) Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. (16) Akan tetapi Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa.

  * Semua kutipan Alkitab dari Terjemahan Baru.

Ilustrasi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Yesus menyembuhkan seorang yang sakit kusta
Didahului oleh:
Perumpamaan lalang di antara gandum
Injil Matius
pasal 8
Diteruskan oleh:
Penyembuhan ibu mertua Petrus
Didahului oleh:
Yesus mengajar di kota-kota lain
Injil Markus
pasal 1
Diteruskan oleh:
Orang lumpuh disembuhkan
Didahului oleh:
Penjala ikan menjadi penjala manusia
Injil Lukas
pasal 5

Referensi[sunting | sunting sumber]