Airmen FM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Airmen Radio
Radio FM
IndustriPenyiaran umum
Kantor
pusat
Balai Wartawan Dispenau
Jln. Cipinang Cempedak 1 No. 51 Jatinegara Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350
Wilayah operasi
Indonesia
Seluruh dunia - Streaming
PemilikDinas Penerangan TNI Angkatan Udara
Situs webwww.radioairmenfm.com

Airmen FM merupakan salah satu radio yang berada di kota Jakarta dengan frekuensi 107,9. Radio ini juga bisa didengarkan di seluruh dunia melalui media streaming. Airmen diresmikan untuk pertama kalinya pada 10 Juni 2019 oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara saat itu, Marsekal Yuyu Sutisna.[1]

Radio ini diharapkan dapat menjadi media publikasi, informasi, edukasi, dan hiburan bagi para prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI Angkatan Udara khususnya serta masyarakat pada umumnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Radio merupakan sarana perhubungan di TNI Angkatan Udara dan merupakan cikal bakalnya. Di puncak masa perjuangan, radio PHB AURI ( Radio Perhubungan Angkatan Udara Republik Indonesia), mengambil peranan sangat penting sebagai penyebar berita dari Indonesia ke seluruh dunia. Salah satunya adalah peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 melalui Stasiun Radio PC-2 di Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta, secara berantai hingga ke Perwakilan Republik Indonesia di PBB. Penyebaran berita itu merupakan salah satu kunci atas pengakuan kedaulatan Indonesia oleh dunia.[1][2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Penerangan TNI AU, Dinas (10 Juni 2019). "Resmikan Radio Airmen FM, Kasau Berharap Masyarakat Makin Mencintai Angkatan Udaranya". TNI Angkatan Udara. Diakses tanggal 16 Juli 2020. 
  2. ^ Hadi, Usman (10 November 2017). "Melihat Monumen Stasiun Radio PHB AURI PC-2 di Gunungkidul". detiknews. Diakses tanggal 17 Juli 2020. 
  3. ^ Sukmana, Yoga (9 April 2018). "PHB AURI, Tulang Punggung Komunikasi Pejuang Kemerdekaan RI Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 17 Juli 2020. 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]