Vaclav III dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Václav III
Raja Hongaria
Raja Bohemia dan Polandia
Wenzel3.jpg
Raja Hongaria dan Kroasia
Memerintah 1301–1305
Koronasi 1301, Székesfehérvár
Pendahulu András III
Pengganti Otto III
Raja Bohemia
Memerintah 1305–1306
Pendahulu Václav II
Pengganti Jindřich Korutanský
Raja Polandia
Memerintah 1305–1306
Pendahulu Václav II dari Bohemia
Pengganti Władysław I Łokietek
Pasangan Wiola Elżbieta dari Cieszyn
Anak
Elżbieta, Kepala Biara Pustiměřu (anak haram)
Dinasti Wangsa Přemyslid
Ayah Václav II
Ibu Guta dari Habsburg
Lahir 6 Oktober 1289
Praha, Bohemia
Meninggal Templat:Death-date and age
Olomouc, Moravia

Václav III Premyslid bahasa Ceko dan bahasa Slowakia: Václav, bahasa Jerman: Wenzel III., bahasa Hongaria: Vencel, bahasa Polandia: Wacław, bahasa Kroasia: Vjenceslav III, bahasa Serbia: Вeнцeслав III, Venceslav III 6 Oktober 1289 – 4 Agustus 1306, Olomouc, Moravia merupakan seorang Raja Hongaria (1301–05), Raja Bohemia (1305–06) dan penguasa Polandia (1305–06).

Václav III adalah putra Václav II, Raja Bohemia dan Polandia, dan Guta dari Habsburg, putri Rudolf I, Raja Romawi. Ia menghadapi masalah dengan pertikaian di dalam negeri, Hongaria dan Polandia.

Václav merupakan keturunan laki-laki terakhir dari Wangsa Přemyslid, Bohemia. Saudarinya, Eliška Přemyslovna menikah dengan Johann yang Buta, yang terpilih sebagai Raja Bohemia.

Kerajaan Hongaria[sunting | sunting sumber]

Ayahnya menerima mahkota Hongaria atas nama Václav III pada tahun 1301. Pada tanggal 27 Agustus 1301, Václav III dimahkotai di Székesfehérvár sebagai Raja Hongaria dan oleh karena itu ia mengambil nama László V (bahasa Hongaria: László,[1] Ceko, Slovak dan Kroasia: Ladislav). Pada saat itu Kerajaan Hongaria dibagi ke dalam beberapa kepangeranan de-facto, dan Václav hanya diterima sebagai Raja Hongaria oleh para pemimpin Slovakia modern, (Máté Csák dari Trencsén dan Wangsa Aba), di Burgenland (Güssing, [Kőszegis]) dan di wilayah sekeliling ibukota, Buda. Václav mengambil nama László untuk menghormati tokoh-tokoh yang terpenting di dalam sejarah awal Hongaria: Raja Santo László I dari Hongaria.

Namun tak lama kemudian Aba dan Máté Csák berpindah pihak pada tahun 1303 dan mulai mendukung saingan Václav Charles, yang didukung pula oleh Keuskupan. Akibatnya, Václav muda di Ofen (Buda), menjadi khawatir dan menulis kepada ayahnya di Praha untuk meminta bantuannya. Ayahnya membawa sejumlah pasukan besar dan menyerang Buda, namun mengingat situasinya, ia membawa putranya dan mahkota Hongaria dan kembali ke Bohemia. Ivan dari Güssing dinamakan untuk menampilkan Václav III di Hongaria. Setelah kematian ayahnya, Václav III memutuskan untuk mengumumkan kembali tahta Hongaria, dan pada tanggal 6 Desember 1305, ia melepaskan mahkota kepada Otto III. Namun Otto hanya didukung oleh Güssing, dipenjara pada tahun 1307 dan mengabdikasikan tahta pada tahun 1308, meninggalkan Charles sebagai pemimpin Hongaria. Di dalam tulisan sejarah Hongaria ia dicatat sebagai seorang antiraja di dalam masa peralihan pemerintahan pada tahun 1301-1310.

Polandia[sunting | sunting sumber]

Václav III dari Bohemia dan Polandia

Pada tahun 1305, Václav III menikah dengan Wiola Elżbieta dari Cieszyn yang merupakan putri Mieszko I, Adipati Cieszyn; pernikahan tersebut tidak menghasilkan keturunan. Namun Václav III ingin menuntut hak warisnya atas tahta Polandia, namun ia tewas terbunuh di Olomouc, Moravia pada tanggal 4 Agustus 1306 ketika berkampanye.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Wenceslaus III of Poland and Bohemia

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ This name isn't recognized in contemporary Hungarian historiography; the king is usually named simply Vencel and the fifth ordinal number is allocated to Ladislaus the Posthumous (V. Lázsló)
Vaclav III dari Bohemia
Lahir: 6 Oktober 1289 Wafat: 4 Agustus 1306
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
András III
Raja Hongaria dan Kroasia
1301–1305
Diteruskan oleh:
Otto III
Didahului oleh:
Václav II
Raja Bohemia
1305–1306
Diteruskan oleh:
Jindřich Korutanský
Raja Polandia
1305–1306
Diteruskan oleh:
Władysław I Łokietek
Hanya gelar saja
Didahului oleh:
András III
— TITULAR —
Raja Serbia
1301–1305
Alasan kegagalan suksesi:
Kerajaan Serbia dipulihkan
dibawah Stefan Nemanjić pada tahun 1217
Diteruskan oleh:
Otto III