Boleslav I dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Boleslav I yang Kejam

Boleslav I yang Kejam, juga disebut Boleslav I ( Bahasa Ceska: Boleslav I. Ukrutný) (wafat 15 Juli, 967 atau 972), merupakan seorang Adipati (dux di dalam bahasa Latin, yang berarti penguasa pangeran) Bohemia dari tahun 929 atau 935 sampai kematiannya. Ayahnya adalah Vratislaus I.

Boleslav terkenal karena membunuh saudaranya Santo Wenceslas, yang melaluinya ia menjadi adipati Bohemia. Wenceslaus dibunuh di dalam sebuah pesta; pada saat putra Boleslav lahir. Ia memiliki nama yang aneh: Strachkvas, yang berarti "pesta yang mengerikan". Menyesal dengan perbuatan yang telah dilakukannya, Boleslav berjanji untuk mengabdikan putranya kepada agama dan mendidiknya sebagai seorang pendeta. Ia menepati janjinya.

Walaupun membunuh saudaranya sendiri, Boleslav umumnya dihormati oleh para sejarawan Ceko sebagai seorang pemimpin yang giat bekerja. Mengutip kebijakan agama Wenceslas sebagai penyebab pembunuhan saudaranya Boleslav yang tampaknya tidak mungkin karena Boleslav sama sekali tidak menghambat pertumbuhan Kristiani di Bohemia, dan bahkan ia mengirimkan putrinya Mlada, seorang biarawati, kepada Paus di Roma meminta izin untuk membuat sebuah keuskupan agung di Praha.

Satu kebijakan perubahan terbesar setelah kematian Wenceslas adalah mengenai hubungan Ceko-Jerman. Hal ini biasanya menegaskan bahwa Wenceslas merupakan seorang klien Raja Jerman yang taat Heinrich si Pemburu Burung. Boleslav, di sisi lain, menemukan dirinya sendiri segera berperang dengan pewaris Heinrich Otto yang Agung. Konflik ini, kemungkinan terdiri dari serangan perbatasan (pola umum peperangan di wilayah ini pada masa itu) antara Boleslav di satu sisi dan Margrave Ostmark di sisi lain, mencapai kesimpulan pada tahun 950 ketika Boleslav menandatangani sebuah perjanjian damai dengan Otto. Ia berjanji untuk membayar upeti. Lima tahun kemudian, pasukan Ceko dan Jerman bersekutu melawan Hongaria di sungai Lech yang dimenangkan pada tanggal 10 Agustus, 955. Boleslav juga membantu Otto untuk menghancurkan pemberontakan Slavia di Elbe Bawah pada tahun 953.

Setelah Perang Lech, sisa pasukan Hongaria yang besar berbalik ke Bohemia, dimana mereka dihancurkan oleh Boleslav. Dengan kemenangan ini, Boleslav membebaskan Moravia dari serangan Hongaria dan memperluas wilayahnya ke Silesia Atas dan Malopolska. Boleslav melihat perkembangan kekuatan bangsa Polandia ke utara perbatasannya dan ia mengatur pernikahan putrinya Dubrawka untuk menikah pangeran Mieszko I dari Wangsa Piast pada tahun 965. Ia memiliki seorang putra yang lain yang bernama Strachkvas. Istrinya mungkin Biagota. Ia digantikan oleh putranya Boleslav yang Saleh.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ancestral Roots of Certain American Colonists Who Came to America Before 1700 by Frederick Lewis Weis; Line 244-7
  • The Plantagenet Ancestry by William Henry Turton, Page 85
Didahului oleh:
Wenceslaus I
Adipati Bohemia
935–972
Diteruskan oleh:
Boleslav II