Boleslav III dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bolesław III Rudy.jpg

Boleslaus III (Bahasa Ceska: Boleslav III. Ryšavý) (wafat tahun 1037), disebut yang Berambut Merah atau yang Buta, merupakan seorang adipati Bohemia dari tahun 999 sampai 1002. Ia merupakan seorang pemimpin "yang terburuk dari seluruh pemimpin yang pernah duduk di atas tahta Bohemia."

Putra Boleslav II yang Saleh, Boleslav III merupakan seorang pemimpin yang lemah di Bohemia yang menjadi bidak di dalam perang yang panjang antara Kaisar Romawi Suci Henry II dan Bolesław I Chrobry, Raja Polandia.

Pada tahun 1002, sebuah revolusi yang diorganisasikan oleh Vršovci (bersama dengan menantu Boleslav) mendesak Boleslav untuk melarikan diri ke Jerman dimana ia diterima oleh Henry I dari Austria. Pertama-tama Henry memerintahkan untuk menahan tamu-tamunya karena beberapa pelanggaran kuno, namun segera memaafkannya dan berjanji untuk memberi dukungan. Kerabat Boleslaw Vladivoj mengambil tahta Ceko, namun ia adalah seorang pemabuk dan meninggal dalam waktu setahun. Setelah kematian Vladivoj para bangsawan mengundang Jaromir dan Oldrich dari pengasingan, mantan pemimpin itu mengambil tahta adipati.

Pada tanggal 9 Pebruari, 1003, Boleslav yang Merah dipulihkan otoritasnya dengan bantuan pasukan dari Bolesław I sang Pemberani dari Polandia. Saudara Boleslav Jaromir dan Oldrich melarikan diri ke Jerman dan menempatkan diri mereka sendiri dibawah perlindungan Henry II. Adipati tersebut melemahkan posisinya sendiri dengan memerintahkan pembantaian para kepala bangsawannya, Vršovci, di Vyšehrad. Menurut Thietmar, Boleslav menusuk menantunya sampai mati dengan pedangnya sendiri. Tragedi ini terjadi di Lent.

Para bangsawan yang selamat diam-diam mengirimkan utusan kepada Boleslaw I sang Pemberani di Polandia dan memohon kepadanya untuk menyelamatkan mereka. Adipati Polandia itu dengan rela menyetujuinya, dan mengundang orang-orang Ceko yang setuju dengannya untuk berkunjung ke kastilnya (mungkin di Kraków). Disana, Boleslav III diperangkap, dibutakan dan dipenjarakan, kemungkinan sekarat di dalam tahanan 30 tahun kemudian. Bolesław I sang Pemberani dari Polandia, menuntut tahta wilayah adipati untuk dirinya sendiri, menyerang Bohemia pada tahun 1003 dan mengambil Praha tanpa oposisi yang serius memerintah sebagai Boleslaus IV setahun lebih lamanya.

Didahului oleh:
Boleslaus II
Adipati Bohemia
999–1002
Diteruskan oleh:
Vladivoj

Referensi[sunting | sunting sumber]