Vladislav III dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Vladislaus III Henry (bahasa Ceko: Vladislav Jindřich) (wafat 12 Agustus 1222) merupakan seorang adipati Bohemia yang ke-25 dan yang terakhir. Ia adalah putra bungsu Vladislaus II dan adik Ottokar I. Pada tanggal 22 Juni 1197, ia terpilih sebagai Adipati Bohemia. Menghadapi pemberontakan demi Ottokar, Vladislaus mengabdikasikan dirinya beberapa bulan kemudian 6 Desember. Ottokar kemudian mengambil tahta Bohemia tanpa persetujuan kerajaan dan mengganti rugi Vladislaus dengan Margravate Moravia yang hampir otonom. Dengan pembuangan tahtanya, Vladislaus membantu mengakhiri perang-perang dinastik Přemyslid yang menghancurkan, yang berlangsung lebih dari 25 tahun sejak kematian ayahnya.

Sebelum pemerintahannya yang singkat, Vladislaus adalah Adipati Brno dan Znojmo dari tahun 1191 sampai 1194. Ia mendukung kakandanya Ottokar ketika ia merebut wilayah adipati pada tahun 1192. Ottokar membuatnya sebagai margrave di Moravia kemudian, namun keduanya tidak pernah membayar upeti yang diminta Kaisar Romawi Suci, oleh karena itu digulingkan pada bulan Juni 1193 oleh keputusan Kongres Worms, yang menunjuk Bretislaus, Uskup Praha, sebagai adipati.

Setelah kematian Kaisar Henry VI dan Bretislaus pada tahun 1197, Vladislaus dimahkotai sebagai adipati dengan kehadiran saudaranya. Vladislaus membutakan Spytihnev III dari Brno. Ia juga mengisi keuskupan agung Praha dengan pastornya sendiri, Milico Daniel II, yang mengisi jabatan itu sampai tahun 1214 dan tidak pernah menerima nominasi kerajaan. Ottokar dan Vladislaus kemudian hampir bentrok, namun pasukan mereka berkemah saling berhadapan, keduanya bertemu dan menegosiasikan sebuah solusi dimana Ottokar menjadi adipati dan Vladislaus margrave di Moravia. Vladislaus menguasai Moravia sampai kematiannya 25 tahun kemudian.

Didahului oleh:
Bretislaus III
Adipati Bohemia
1197
Diteruskan oleh:
Ottokar I