Sobeslav I dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Adipati Soběslav

Sobeslaus I (Bahasa Ceska: Soběslav I) Oldrich (sekitar 1075 - 14 Pebruari 1140) merupakan Adipati Bohemia dari tahun 1125 sampai kematiannya. Ia adalah anggota keluarga Dinasti Přemyslid, putra bungsu Vratislaus II (wafat 1092), adipati Bohemia pertama yang juga memerintah sebagai raja, dengan istri ketiganya Świętosława dari Polandia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Soběslav pertama kali didokumentasikan sekitar tahun 1107, ketika ia dan abangnya Adipati Borivoj II dari Bohemia diusir oleh kerabat Přemyslid mereka Svatopluk dari Olomouc dan melarikan diri ke istana sepupu maternal mereka Adipati Bolesław III yang Bermulut Masam Polandia. Setelah Svatopluk dibunuh di medan Pertempuran Głogów pada tahun 1109, upaya Borivoj untuk mendapatkan kembali tahta Bohemia gagal, seperti di dalam perang saudara berikutnya adiknya Vladislaus I menang, didukung oleh Raja Henry V dari Jerman. Kemudian kakak beradik itu berdamai dan Soběslav dipercayakan dengan ketentuan di Brno dan Znojmo di Moravia dari tahun 1115 sampai tahun 1123, ketika tensi di antara bersaudara tersebut meningkat kembali dan Soběslav diusir sekali lagi.

Meskipun demikian sebagai keturunan terakhir Raja Vratislaus II yang masih hidup ia mewarisi tahta keadipatian setelah kematian Adipati Vladislaus pada tahun 1125. Sejak awal pemerintahannya diperebutkan oleh Otto II dari Olomouc, adik Svatopluk, yang mendapat dukungan tidak hanya dari janda Vladislaus Richeza dari Berg namun juga dari Raja Lothair III dari Jerman. Soběslav oleh karena itu adalah musuh monarki Jerman di sepanjang pemerintahannya dan mulai dengan menggunakan perpecahan pada tahun 1025 pemilihan Raja Lothair melawan saingannya Adipati Frederick II dari Swabia ke independen Bohemia selanjutnya.

Ketika Soběslav memutuskan untuk menyingkirkan Otto II dari Olomouc, Lothair III mengumukan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat mendapatkan tahta Bohemia tanpa penobatan Imperial dan kemudian memproses serangan atas nama Otto II. Hal tersebut, bagaimanapun juga, berbahaya bagi kepentingan kaum bangsawan lokal dan mereka berkumpul di sekitar Soběslav. Pada tanggal 18 Pebruari 1126, pasukan Jerman dan Moravia dibawah pimpinan Lothair bertemu dengan pasukan Bohemia di medan Pertempuran Chlumec, sebuah benteng perbatasan yang berbatasan dengan Batasan Meissen. Soběslav diarahkan dan menangkap Raja Lothair dan Otto II terbunuh di medan perang. Akan tetapi hubungan di antara kedua negara kembali ke bekas hubungan pengikut-raja, ketika Raja Lothair dibebaskan dengan syarat Soběslav dinobatkan dengan Bohemia.

Konrad III dari Hohenstaufen, memilih Raja Roman pada tahun 1138, mencoba untuk memperbaiki hubungan antara kedua tahta Bohemia dan Jerman. Pada Reichstag dari Bamberg pada tahun yang sama, ia memberi Soběslav martabat turun temurun dari Pembawa-cangkir Kekaisaran Romawi Suci dan berjanji untuk menganugerahi putra sulungnya Vladislaus dengan Bohemia setelah kematiannya. Pemerintahan adipati menyaksikan pondasi dari banyak koloni Jerman di wilayah-wilayah Ceko di jalan Ostsiedlung.

Soběslav wafat pada tanggal 14 Pebruari 1140 di Kastil Hostinné. Suksesi putranya gagal, karena rakyat Bohemia memanggil keponakannya Vladislaus II, putra abangnya dan pewaris Adipati Vladislaus I, yang menjadi adipati dengan persetujuan oleh Raja Konrad.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Di sekitar tahun 1123 Soběslav menikahi Adelaide, putri Pangeran Álmos Hongaria. Pernikahan tersebut menghasilkan sedikitnya 5 orang anak :

  1. Vladislaus (wafat 1165), Adipati Olomouc
  2. Maria (1124/25-1172), menikah pertama-tama dengan Margrave Leopold IV dari Austria, kedua dengan Margrave Herman III dari Baden
  3. Sobeslaus II (~1128-1180), Adipati Bohemia 1173-1178
  4. Oldrich II (1134-1170), Adipati Olomouc
  5. Wenceslaus II (1137–1192), Adipati Bohemia 1191-1192


Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Vladislaus I
Adipati Bohemia
1125–1140
Diteruskan oleh:
Vladislaus II