Albrecht II dari Jerman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Albrecht II
Raja Hungaria dan Kroasia
Berkuasa18 Desember 1437 – 27 Oktober 1439
Penobatan1 Januari 1438, Székesfehérvár
PendahuluSigismund dari Luksemburg
PenerusLadislaus V, Raja Bohemia
Raja Bohemia
Berkuasa6 Mei 1438 – 27 Oktober 1439
Penobatan29 Juni 1438, Praha
PendahuluSigismund dari Luksemburg
PenerusLadislaus V, Raja Bohemia
Raja Romawi (Raja Jerman)
Berkuasa18 Maret 1438 – 27 Oktober 1439
Penobatan31 Mei 1438, Aachen
PendahuluSigismund dari Luksemburg
PenerusFriedrich III
Adipati Austria
Berkuasa14 September 1404 – 27 Oktober 1439
PendahuluAlbrecht IV
PenerusLadislaus V, Raja Bohemia
Informasi pribadi
Pemakaman
WangsaHabsburg
AyahAlbrecht IV
IbuJohanna Sophie
PasanganElisabeth dari Bohemia
AnakLadislaus V, Raja Bohemia
Anna dari Austria
Elisabeth dari Austria

Albrecht II dari Habsburg (10 Agustus 1397 – 27 Oktober 1439) merupakan seorang Raja Jerman dari tahun 1438 sampai kematiannya (terpilih namun tidak pernah dimahkotai). Ia juga merupakan Raja Hungaria, Raja Bohemia, adipati Luksemburg dan, sebagai Albrecht V, adipati agung Austria dari tahun 1404.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Albrecht dilahirkan di Wina sebagai putra Albrecht IV dari Austria, dan Johanna Sophie.

Ia menjadi ahli waris kadipaten Austria pada usia tujuh tahun setelah kematian ayahandanya pada tahun 1404. Pamandanya Wilhelm dari Austria, yang kemudian memimpin Wangsa Leopold bertindak sebagai pemangku takhta untuk keponakannya, diikuti dengan saudara-saudaranya Leopold IV dari Austria dan Ernst dari Austria pada tahun 1406. Pertikaian di antara bersaudara dan mereka terus berupaya untuk mendapatkan kendali atas wilayah-wilayah Wangsa Albrecht mengarah ke kondisi perang saudara. Meskipun demikian Albrecht menerima pendidikan yang baik, mengambil alih pemerintahan Austria setelah kematian Leopold pada tahun 1411 dan berhasil dengan bantuan para penasihatnya, memerintah wilayah adipati tersebut.

Pada tahun 1422 Albrecht menikahi Elisabeth dari Bohemia, putri dan ahli waris Kaisar Sigismund dari Luksemburg, Raja Hungaria dan Bohemia, dan istri keduanya, seorang wanita bangsawan Slovenia Barbara dari Cilli. Meskipun Elisabeth bukan putri istri pertama Sigismund Maria, Ratu Hungaria dan bukan berasal dari Angevin, ia keturunan dari raja-raja Arpád Kuno Hungaria. Eyang paternalnya adalah Karl IV, Kaisar Romawi Suci dan Alžběta dari Pommern. Eyang maternalnya adalah Ban dari Slavonia Pangeran Herman II dari Celje, yang orangtuanya adalah Pangeran Herman I dari Celje dan Katarina dari Bosnia, yang tampaknya juga adalah keturunan dari Nemanjic raja-raja Serbia dan dari Katalin dari Hungaria, putri István V dari Hungaria. Di dalam hak eyang paternalnya, melalui Alžběta dari Pommern, juga seorang ahli waris Polandia, cabang Kuyavia Piast. Sehingga pernikahan Albrecht memberinya hak beberapa kerajaan Slavonik.

Albrecht sendiri adalah keturunan Béla IV dari Hungaria melalui putrinya Ilona yang keturunan seorang putri Brieg yang menjadi leluhur Albrecht wanita bangsawan Hainaut dan Belanda, dan dari adik perempuan Ratu Elisabeth dari Bohemia, kemudian keturunan dari keduanya Konstancia dari Hungaria, dan juga dari Raja Géza II dari Hungaria melalui putrinya Erzsébet yang menikah dengan Bedřich dari Bohemia, putrinya adalah leluhur garis maternal Bayern Albrecht.

Albrecht membantu ayah mertuanya Sigismund di dalam kampanyenya melawan Husite, melibatkan wilayah adipati Austria di dalam Peperangan Husite. Sebagai gantinya Sigismund menunjuknya sebagai ahli warisnya dan memberikannya gelar Markgraf Moravia pada tahun 1423. Wilayah-wilayah Austria dirusak beberapa kali dan Albrecht juga berpartisipasi pada tahun 1431 di dalam Pertempuran Domažlice di mana pasukan kerajaan menderita kekalahan yang memalukan.

Ketika Sigismund meninggal pada tahun 1437, Albrecht dimahkotai sebagai raja Hungaria pada tanggal 1 Januari 1438, dan seperti yang dilakukan pendahulunya, ia memindahkan istananya ke Kerajaan Hungaria dari mana ia kemudian melihat wilayahnya yang lain. Meskipun dimahkotai sebagai raja Bohemia enam bulan setelah naik takhta Hungaria, ia tidak berhasil mendapatkan hak negara. Ia sibuk berperang dengan bangsa Bohemia dan sekutu Polandia mereka, ketika pada tanggal 18 Maret 1438, ia terpilih sebagai "Raja Romawi" di Frankfurt, suatu kehormatan yang kelihatannya tidak dicarinya. Ia kemudian tidak dimahkotai sebagai Kaisar Romawi Suci.

Setelah kesibukannya di dalam membela Hungaria melawan serangan-serangan Turk, ia meninggal pada tanggal 27 Oktober 1439 di Neszmély dan dimakamkan di Székesfehérvár. Albrecht adalah seorang pangeran yang giat dan senang berperang, yang pemerintahan singkatnya sebagai raja rangkat tiga memberikan janji yang sangat besar dan sangat berguna untuk Kekaisaran Romawi Suci. Sampai pembubaran finalnya pada tahun 1806 Wangsa Habsburg tetap sebagai Wangsa yang memerintah.

Pengusiran orang Yahudi[sunting | sunting sumber]

Meskipun bangsa Yahudi di dalam kadipaten Austria telah menjadi subjek untuk penganiayaan lokal selama abad ke-13 dan 14, posisi mereka tetap selamat. Komunitas Yahudi berkembang di beberapa kota seperti Krems atau area di sekitar Judenplatz di Wina. Setelah kematian Adipati Albrecht IV pada tahun 1404 situasi mereka menjadi lebih buruk, dan memuncak di dalam sebuah episode dari jemaah Wina pada tanggal 5 November 1406, diikuti oleh kerusuhan dan penjarahan.

Ketika Albrecht V mencapai usia dewasa pada tahun 1411 dan ikut campur di dalam perang-perang Husite, ia berulang-ulang mendirikan pajak-pajak baru yang dibebankan pad komunitas Yahudi untuk membiayai kampanye-kampanyenya. Di sisi lain, setelah Husite merusak wilayah adipati itu, bangsa Yahudi Austria dituduh berkolaborasi dan perdagangan senjata untuk kepentingan musuh-musuhnya. Tuduhan-tuduhan penodaan di Krems pada tahun 1420 memberikan alasan Albrecht untuk menghancurkan komunitas Yahudi.

Menurut Chronica Austriae tahun 1463 oleh penulis riwayat Thomas Ebendorfer adipati pada tanggal 23 Mei 1420, atas perintah Gereja, memerintahkan konversi penjara dan memerintahkan para Yahudi. Mereka yang tidak bertobat atau lolos dikirim dari dalam perahu menuruni Sungai Donau, dan orang-orang Yahudi yang kaya tetap ditahan, beberapa dari mereka disiksa dan dirampas propertinya. Pemaksaan baptis anak-anak Yahudi dihentikan atas campur tangan Paus Martinus V. Pada tanggal 12 Maret 1421 Albrecht menghukum mati sisa-sisa orang Yahudi. 92 laki-laki dan 120 wanita dibakar di atas tiang selatan kota dinding Wina pada tanggal 12 Maret 1421. Orang-orang Yahudi ditempatkan di bawah "larangan selamanya" dan sinagoge mereka dihancurkan. Penganiayaan di beberapa kota Austria secara eksplicit dijelaskan di dalam naskah abad ke-16 yang disebut Vienna Geserah.

Gelar lengkap[sunting | sunting sumber]

Gelar lengkap yang dimiliki Albrecht adalah sebagai berikut: Albrecht, dengan kemurahan hati Tuhan memilih Raja Romawi, selalu Agustus, Raja Hungaria, Dalmatia, Kroasia, Rama, Serbia, Galisia, Lodomeria, Cumania dan Bulgaria, Raja Bohemia yang terpilih, adipati Austria, Stiria, Kärnten dan Carniola, Markgraf Moravia, Maharaja Wendish dan Pelabuhan Naon, Pangeran Habsburg, Tirol, Ferrete dan Kyburg, dll. Markgraf Burgau dan landgraf Alsace.

Di dalam partiknya ia kerap menggunakan versi yang lebih singkat: Albrecht, dengan kemurahan hati Tuhan terpilih Raja Romawi, selalu Agustus, Raja Hungaria, Dalmasia dan Kroasia, dll. Raja Bohemia yang terpilih, adipati Austria, Stiria, Kärnten dan Carniola, Markgraf Moravia dan Pangeran Tirol, dll.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Keturunannya dengan Elisabeth dari Bohemia adalah:

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Albert II (Holy Roman emperor) - Britannica Online Encyclopedia". Britannica.com. Diakses tanggal 2011-01-31. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Albert II. (German king)". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Albrecht II dari Jerman
Lahir: 10 Agustus 1397 Meninggal: 27 Oktober 1439
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Sigismund
Raja Hungaria dan Kroasia
1437–39
Diteruskan oleh:
Ladislaus V
Diteruskan oleh:
Ulászló I
Raja Jerman
(resminya Raja Romawi)
1438–39
Diteruskan oleh:
Friedrich III
Raja Bohemia
1438–39
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Ladislaus V
Didahului oleh:
Albrecht IV
Adipati Utama Austria
1404–39