Svatopluk dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Batu nisan Barok Svatopluk dan putranya Wenceslaus di Katedral Santo Wenceslaus, Olomouc (Republik Ceko).

Svatopluk si Singa (wafat 21 September 1109) merupakan seorang adipati Bohemia dari tahun 1107 sampai kematiannya. Ia merupakan putra Otto I dari Olomouc dan Euphemia dari Hongaria dan cucu Bretislaus I dari Bohemia.

Adipati Olomouc sejak tahun 1091, ia berseteru dengan sepupunya Borivoj II, yang ingin diusirnya, sehingga memicu perang saudara yang baru. Kaisar Henry V tidak dapat mengabaikan anarki di Bohemia. Ia memanggil Svatopluk, yang tidak berani menolak, menahannya dan membuatnya memulihkan Borivoj. Tak lama kemudian ia berdamai dengan Svatopluk dan membebaskannya. Svatopluk menjadikannya ayah angkat untuk putranya yang baru lahir, yang dibaptis sebagai Wenceslaus Henry.

Namun, Svatopluk kembali ke Bohemia untuk mengusir Borivoj. Pada tahun 1108, kaisar terpaksa campur tangan di Hongaria atas nama Pangeran Álmos melawan saudaranya Raja Coloman. Svatopluk bergabung di dalam ekspedisi tersebut, namun harus kembali ke Bohemia, dimana Borivoj menyerang dengan bantuan Boleslaus III dari Polandia, sekutu Coloman. Henry gagal merebut Pressburg dan Coloman dengan bebas menghancurkan Moravia (bagian wilayah Mahkota Bohemia). Henry ingin membalas intervensi Polandia yang mengakibatkan kegagalan Hongarianya. Ia menyerang Polandia dengan dukungan Svatopluk. Svatopluk dibunuh pada tanggal 21 September 1109 di dalam tenda kaisar di Pengepungan Głogów oleh seorang anggota keluarga Vršovice, yang pemimpinnya, Mutina, telah dihukum penggal olehnya atas dukungannya kepada Borivoj. Ia digantikan oleh Borivoj.

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Borivoj II
Adipati Bohemia
1107–1109
Diteruskan oleh:
Borivoj II