Oldrich dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Oldrzych.jpg

Oldrich (juga Ulrich atau Oldřich) (tahun 975 – 11 November 1034) merupakan seorang adipati Bohemia dari tahun 1012 - 1033 dan secara singkat pada tahun 1034. Ia merupakan putra Boleslaus II dan saudara Boleslaus III dan Jaromir.

Oldrich menggulingkan Jaromir pada tanggal 12 April 1012 dan mengakui kekuasaan Kaisar Romawi Suci. Mengabaikan istrinya dengan dalih tidak dapat memiliki keturunan, Oldrich menikahi seorang wanita dari golongan rakyat jelatan yang bernama Bozena. Oldrich dan putranya Bretislaus mencari upaya untuk memenangkan kembali Moravia dari Polandia dan pada tahun 1029 Bretislaus mengusir Polandia keluar dari wilayah timur. Upaya Bretislaus di Slovakia melawan Hongaria gagal pada tahun 1030 karena kecemburuan Konrad II. Pada tahun berikutnya, pasukan Ceko menolak untuk mengambil wilayah tersebut untuk kaisar.

Pada tahun 1032, Oldrich diundang ke dalam sebuah pertemuan di Merseburg dan ia tidak muncul. Keabsenannya menimbulkan amarah kaisar dan Conrad, yang sibuk dengan kejadian-kejadian di Burgundia, yang menuntut putranya Henry III, dengan menghukum bangsa Bohemia yang membandel. Oldrich digulingkan dan dikirim ke Bayern. Ia digantikan oleh Jaromir, namun sebaliknya ia ditangkap, dibutakan dan digulingkan oleh Oldrich, yang merebut kekuasaan kembali dan mengusir putra Jaromir keluar dari Moravia. Oldrich mati mendadak pada tanggal 9 November 1034 dan kemudian penelitian terhadap kerangkanya mengungkapkan bahwa tengkoraknya menderita dari sebuah pukulan fatal. Jaromir kemudian meninggalkan tahta demi Bretislaus.

Didahului oleh:
Jaromir
Adipati Bohemia
1012–1033
Diteruskan oleh:
Jaromir
Didahului oleh:
Jaromir
Adipati Bohemia
1034
Diteruskan oleh:
Bretislaus I