Boleslav II dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Boleslav II yang Saleh

Boleslav II yang Saleh (Bahasa Ceska: Boleslav II. Pobožný) (wafat 7 Februari, 999) merupakan seorang Adipati Bohemia dari tahun 972, ia berasal dari anggota keluarga Wangsa Přemyslid.

Putra Boleslav juga disebut Boleslav I dan Biagota, Boleslav II menjadi Adipati (atau Pangeran) setelah kematian ayahnya. Boleslav menjaga hubungan baik dengan Otto raja-raja Jerman, dan pada tahun 975 mendukung Otto II selama perang sipilnya melawan Heinrich II, Adipati Bayern. Pada tahun 977, Boleslav menyerang Bayern kembali, namun pada kesempatan ini ia dilarang menganeksasi setiap wilayah oleh Otto II.

Pemerintahan Boleslav paling terkenal atas pondasi keuskupan Praha pada tahun 973. Bangunan itu ditempatkan di bawah yuridiksi Uskup Agung Mainz. Pada tahun 982, Vojtěch (yang kemudian dikenal sebagai Santo Adalbertus) ditunjuk untuk posisi tersebut sampai ia mengabaikan kedudukannya untuk memimpin sebuah misi ke Prusia Kuno pada tahun 994. Perang antara Polandia dan Bohemia berlanjut di dalam periode ini dan pada tahun 990 Boleslav telah menguasai Silesia.

Pada tanggal 28 September, 995, Boleslav dan sekutunya Vršovci menyerbu Libice di selatan Bohemia dan membantai Wangsa Slavník. Marga tersebut telah menjadi saingan utama kekuasaan Přemyslid di Bohemia. Kemenangan brutal Boleslav memastikan kesatuan Bohemia dibawah satu penguasa tunggal.

Boleslav digantikan oleh, Boleslav, putra tertuanya oleh istri pertamanya, Adiva, mungkin putri Edward yang Lebih Tua, Raja Inggris yang menikahi 'seorang pangeran di dekat Alpen'. Putra keduanya, Wenceslaus, mati muda, namun kedua putra bungsunya, Jaromír dan Oldřich, kemudian menjadi adipati. Istri kedua Boleslaus adalah Emma dari Melnik.

Catatan[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh:
Boleslav I
Adipati Bohemia
972–999
Diteruskan oleh:
Boleslav III