Mieszko I dari Polandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mieszko I
Adipati Polandia
[[File:MieszkoDagome.jpg|frameless|alt=]]
Potret oleh Jan Matejko.
Masa kekuasaan tahun 962–992
Pemakaman Katedral Basilika St. Peter & St. Paul, Poznań, Polandia
Pendahulu Siemomysł
Pengganti Bolesław I yang Gagah
Istri istri tujuh pagan (?)
Dobrawa dari Bohemia
Oda dari Haldensleben
Anak Dengan Dobrawa:
Bolesław I yang Gagah
Świętosława, Ratu Swedia, Denmark, Norwegia dan Inggris
Putri, Puteri Pomeranian (?)
Vladivoj, Adipati dari Bohemia (?)

Dengan Oda:
Mieszko
Świętopełk
Lambert
Dinasti Dinasti Piast
Ayah Siemomysł
Ibu Gorka[1][2]


Mieszko I (tahun 930 – 25 Mei 992),[3] merupakan seorang adipati Polandia dari sekitar tahun 960 sampai kematiannya. Anggota dari Dinasti Piast, ia merupakan putra dari legendaris Siemomysl, cucu Lestek dan ayah Bolesław I yang Gagah, Raja pertama Polandia yang dimahkotai, dan Świętosława (Sigrid), Ratu Skandinavia.

Pemimpin pertama di dalam sejarah Polandia, Mieszko I dianggap pembuat de facto negara Polandia. Ia melanjutkan kebijakan-kebijakan ayahnya dan kakeknya yang merupakan pemimpin suku pagan yang berlokasi di area yang sekarang adalah Polandia Besar. Baik lewat aliansi atau dengan pasukan militer, Mieszko memperpanjang penahlukan yang sedang berlangsung dan awal pemerintahannya subordinasi Kuyavia dan mungkin Gdańsk Pomerania dan Masovia. Di dalam pemerintahannya, Mieszko I kebanyakan terlibat di dalam perang atas kontrol Pomerania Barat, yang akhirnya menguasai sampai dengan sekitar Sungai Odra rendah. Di dalam tahun terakhir hidupnya ia memerangi negara Bohemia, memenangkan Silesia dan mungkin Polandia Kecil.

Mieszko I menikah pada tahun 965 dengan seorang Puteri Přemyslid, Dobrawa dan pembaptisannya pada tahun 966 menaruhnya dan negaranya di dalam lingkup budaya barat Kristiani. Terpisah dari penahlukan hebat yang dicapainya selama masa pemerintahannya (yang terbukti menjadi dasar bagi masa depan Polandia), Mieszko terkenal dengan reformasi internalnya, yang bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan yang bisa disebut perang sistem monarki.

Menurut sumber yang ada, Mieszko I merupakan seorang politisi yang bijaksana, seorang pemimpin militer yang berbakat dan seorang pemimpin yang karismatik. Ia berhasil menggunakan diplomasi, termasuk aliansi dengan Bohemia pertama-tama, dan kemudian dengan Swedia dan Kaisar Romawi Suci. Di dalam kebijakan asing, ia menempatkan kepentingan negaranya terlebih dahulu, bahkan membuat persetujuan dengan bekas musuh. Atas kematiannya, ia mewariskan putra-putranya sebuah negara yang wilayahnya sangat berkembang dengan posisi mapan di Eropa.

Mieszko I juga muncul sebagai "Dagome" di dalam dokumen kepausan dari sekitar tahun 1085, yang disebut Dagome iudex, yang menyinggung sebuah hadiah atau penyerahan wilayah Mieszko kepada Paus (peristiwa yang terjadi 100 tahun sebelumnya).

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Jasiński K., Rodowód pierwszych Piastów, Warszawa-Wrocław (1992), p. 54-70.
  • Labuda G., Mieszko I, (in) Polski Słownik Biograficzny, vol. 21, 1976.
  • Labuda G., Mieszko I, Wyd. Ossolineum, Wrocław 2002, ISBN 83-04-04619-9
  • Labuda G., Pierwsze państwo polskie, Krajowa Agencja Wydawnicza, Kraków 1989, ISBN 83-03-02969-X
  • Szczur S., Historia Polski średniowiecze, chap. 2.2.1 Państwo gnieźnieńskie Mieszka I (p. 47-57) i 2.4.1 Drużyna książęca (p. 83-84), Wydawnictwo Literackie 2002, ISBN 83-08-03272-9

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Mieszko I dari Polandia
Dinasti Piast
Lahir: 920/945 Wafat: 25 Mei 992
Didahului oleh:
Siemomysł
Adipati Polandia
960 – 25 Mei 992
Diteruskan oleh:
Bolesław I sang Pemberani