Obotrite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Obotrite (bahasa Jerman: Abodriten, bahasa Polandia: Obodryci), juga biasanya dikenal sebagai Obodrite, Abotrite, atau Abodrite, merupakan sebuah konfederasi pada abad pertengahan suku Slavik Barat di antara wilayah modern Mecklenburg dan Holstein di Jerman utara (lihat Polabia Slav).[1] Selama beberapa abad mereka adalah sekutu Charlemagne di dalam perang-perangnya melawan Jermanik Sachsen dan Slavik Veleti. Pada tahun 798 Obodrite, diperintah oleh pangeran Drożko, atau Draško (Thrasco, orig.), mengalahkan Sachsen di dalam perang sungai Swentana. Orang Sachsen yang masih kafir dibubarkan oleh Kaisar, dan bagian dari bekas wilayah mereka di Holstein utara Elbe diberikan kepada Obotrite pada tahun 804, sebagai sebuah penghargaan atas kemenangan mereka. Namun wilayah ini segera dikembalikan melalui sebuah invasi Dane.

Seorang ahli ilmu bumi dari Bayern, sebuah dokumen pada abad pertengahan anonim yang disusun di Regensburg pada tahun 830, berisi daftar suku-suku di Eropa Timur Tengah ke timur Elbe. Daftar itu termasuk Nortabtrezi (Obotrites) - dengan 53 civitates. Adam dari Bremen mengacu mereka sebagai Reregi karena perdagangan emporium yang menguntungkan mereka Reric. Biasanya dengan kelompok Slavik lainnya, mereka kerap dideskripsikan dengan sumber-sumber Jermanik sebagai Wend.

Map Billunger Mark (sekitar 1000 SM) menunjukkan suku-suku yang berbeda di konfederasi Obotritik

Suku-suku utama[2] dari konfederasi Obotritik adalah:

Suku-suku lainnya berkaitan dengan konfederasi itu termasuk:

Limes Saxoniae membentuk perbatasan di antara orang Sachsen ke arah barat dan Obotrite ke timur

Sebagai sekutu raja-raja Kekaisaran Carolingia dan para pewaris kekaisaran Ottonian, Obotrite berperang dari tahun 808 sampai 1200 melawan raja-raja Denmark, yang berharap untuk memerintah negara-negara Baltik secara independen dari kekaisaran. Ketika kesempatan meningkat, misalnya setelah kematian kaisar, mereka akan berusaha merebut kekuasaan; dan pada tahun 983 Hamburg dihancurkan oleh Obotrite dibawah raja mereka, Mstivoj. Beberapa kali mereka dikenakan upeti dari Dane dan Sachsen. Dibawah kepemimpinan Niklot, mereka menolak serangan Kristen selama Perang Salib Wend.

Misionaris Jerman seperti Santo Vicelinus mengkonversikan Obotrite ke Kristiani. Pada tahun 1170 mereka mengakui kekuasaan Kekaisaran Romawi Suci, memimpin Jermanisasi dan asimilasi atas beberapa abad kemudian. Namun sampai akhir abad ke-15 kebanyakan penduduk desa di dalam wilayah Obotriti masih berbicara dengan dialek Slavik (bahasa Polabia), meskipun akhirnya bahasa mereka diganti ke Jerman. Bahasa Polabia selamat sampai awal abad ke-19 di yang sekarang negara Jerman Sachsen Bawah.[4]

Beberapa Obotrite juga pindah ke selatan dan tinggal di Dataran Pannonia, dimana kadipaten Bodrogiensis abad pertengahan Kerajaan Hongaria dinamakan sepertinya.


Daftar para pemimpin Obotrite[sunting | sunting sumber]

Niklot (1090 – 1160) ketua konfederasi Obotrite

Daftar tersebut berdasarkan Sejarah Vandalia oleh Thomas Nugant

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jensen, Carsten Selch (2006). "Abodrites". In Alan V. Murray. The Crusades: An Encyclopedia 1. Santa Barbara: ABC-CLIO. hlm. 3. OCLC 70122512. 
  2. ^ Herrmann, 7
  3. ^ Herrmann, 8
  4. ^ Polabian language
  5. ^ http://fabpedigree.com/s044/f242605.htm

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Herrmann, Joachim (1970). Die Slawen in Deutschland. Berlin: Akademie-Verlag GmbH.  (Jerman)
  • Turasiewicz A., Dzieje polityczne Obodrzyców od IX wieku do utraty niepodległości w latach 1160 - 1164, Warszawa 2004, ISBN 83-88508-65-2 (Polandia)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]