Cosmas dari Praha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cosmas

Cosmas dari Praha (tahun 1045 – 21 Oktober, 1125) merupakan seorang pendeta, penulis, dan sejarawan bohemia yang lahir di dalam keluarga bangsawan di Bohemia. Antara tahun 1075 dan 1081, ia belajar di Liège. Setelah ia kembali ke Bohemia, ia menjadi seorang pendeta dan menikahi Božetěcha, dengan siapa ia memiliki seorang putra. Pada tahun 1086 Cosmas ditunjuk sebagai prebendary (canonicus) di Praha, sebuah posisi yang bergengsi. Sebagai prebendary ia juga melakukan perjalanan melalui Eropa di dalam urusan-urusan resmi.

Chronica Boemorum, abad ke-12. Dibawah halaman ini terdapat nama dari 7 adipati legendaris, yang datang mencari Přemysl, Pembajak Tanah.

magnum opusnya, ditulis dengan Bahasa Latin, disebut Chronica Boëmorum ("Riwayat Bohemia"). Chronica itu dibagi kedalam 3 buku :

  • Buku pertama, diselesaikan pada tahun 1119, dimulai dengan kreasi dunia dan akhirnya pada tahun 1038. Buku itu menjelaskan pondasi negara Bohemia oleh orang Bohemia tertua di sekitar tahun 600 (Adipati Bohemus, Adipati Krok dan ketiga putrinya), istri Adipati Libuše dan pondasi Wangsa Přemyslid oleh pernikahannya dengan Přemysl, perang-perang berdarah kuno, Adipati Bořivoj dan memperkenalkan Kristiani di Bohemia, Santo Wenceslaus dan neneknya Santa Ludmila, memerintah ketiga Boleslav, hidup Santa Adalbert dan perang berdarah setelah tahun 1000.
  • Buku kedua menjelaskan sejarah Bohemia selama tahun 1038–1092. Buku itu dimulai dengan perbuatan heroik Adipati Břetislav, dikenal sebagai "Achilles Bohemia", sebagai contoh kemenangannya atas Polandia. Chronica juga menjelaskan pemerintahan Raja Vratislav yang lama dan hebat, yang merupakan seorang pemimpin yang kuat namun pria baik dan gagah. Terdapat juga sebuah refleksi tentang perang-perangnya di Italia; buku ini berakhir dengan kematian Vratislav.
  • Buku ketiga (1092–1125) dimulai dengan sebuah penjelasan masa ketidakstabilan dan perang saudara berdarah setelah kematian Vratislav antara tahun 1092 dan 1109. Chronica berakhir dengan pemerintahan Vladislav antara tahun 1109 dan 1125. Pada tahun yang sama, 1125, Cosmas meninggal.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]